Jadi Tulang Punggung UMKM, Simak Fakta Menarik Wisata Terbaru 2024 Kuliner Gudeg Khas Yogyakarta

Jadi Tulang Punggung UMKM, Simak Fakta Menarik Wisata Terbaru 2024 Kuliner Gudeg Khas Yogyakarta

Fakta menarik wisata terbaru 2024 kuliner khas Jogja--

DISWAY JOGJA – Yogyakarta selalu menjadi destinasi wisata terbaru 2024 bagi banyak orang, khususnya saat musim liburan. Mulai dari pantai, pegunungan, budaya, sejarah, kuliner hingga edukasi tersedia semuanya.

Wisata terbaru 2024 kuliner di Yogyakarta juga mendapat perhatian lebih bgai para wisatawan yang berkunjung kesini. Salah satu wisata kuliner yang telah melegenda di Kota Pelajar ini adalah Gudeg.

Gudeg sebagai wisata terbaru 2024 kuliner khas kota ini memiliki rasa manis dan gurih serta kaya akan rempah tidak boleh kamu lewatkan. Tapi, kamu tahu nggak kenapa Gudeg menjadi ikon kuliner Yogyakarta?

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Sindu Kusuma Edupark, Petualangan Seru Liburan dan Hiburan di Jogja

Ada beberapa fakta unik di balik wisata terbaru 2024 makanan khas daerah ini yang mungkin belum diketahui banyak orang. Kesempatan kali ini, artikel ini akan mengupas beberapa faktanya. Let’s check this out!

Sejarah Singkat Gudeg

Asal mula Gudeg dulunya bermula pada masa pembangunan Kerajaan Mataram Islam di Alas Mentaok, tepatnya berada di daerah Kotagede, Yogyakarta pada abad ke-15.

Murdijati Gardjito, Profesor di Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, menjelaskan bahwa Gudeg pertama kali dicipatakan oleh prajurit kerajaan. Mereka melihat ada buah nangka muda, melinjo dan kelapa yang sangat melimpah.

Melihat hal tersebut, akhirnya para pasukan membuat sebagai masakan, yang akhirnya terciptakan gudeg yang dimaksud. Tulisan dari Profesor tersebut memberikan dasar yang kuat mengenai asal usul sejarah gudeg.

BACA JUGA : Menjelajahi Lorong Waktu di Jogja, Wisata Terbaru 2024 Studio Alam Gamplong

Keunikan Gudeg Makanan Khas Yogyakarta

Wisata terbaru 2024 kuliner yang satu ini mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat istimewa hingga sekarang. Keberadaan gudeg yang sudah berabad-abad mampu beradaptasi dengan perubahan dan memenuhi ekspetasi selera masa kini.

Gudeg Yogyakarta telah menjadi sebuah tradisi kuliner yang kuat yang dapat menjadi warisan budaya. Kuliner khas ini terus mengalami perkembangan dan memikat selera di setiap generasi berikutnya.

Lokasi Yogyakarta yang berada di Pulau Jawa dan didukung dengan iklimnya cocok untuk pertanian. Bahan utama gudeg seperti nangka muda, daun jati dan gula kepada dapat ditemukan dengan mudah dan masih segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: