Dipicu Suhu yang Sangat Panas, Empat Jamaah Haji Brebes Wafat di Tanah Suci Makkah

Dipicu Suhu yang Sangat Panas, Empat Jamaah Haji Brebes Wafat di Tanah Suci Makkah

SAMBUT - Ratusan jamaah haji asal Brebes mendapat sambutan penuh haru saat bertemu kembali dengan keluarga di Islamic Centre, Senin, 1 Juli dini hari.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Sebanyak 4 jamaah haji asal Kabupaten Brebes wafat selama rangkaian proses ibadah haji 2024. Jumlah tersebut, mengurangi daftar total 1.052 jamaah yang berangkat ke tanah suci. Penyebabnya, kesemuanya sudah berusia lanjut dan suhu yang sangat panas selama di Arab Saudi.

Ketua Panitia Fasiltas Penyelenggara Ibadah Haji (PFPIH) Kabupaten Brebes Akrom Jangka Daosat mengungkapkan, alhamdulilah dari total 1.052 jamaah haji Kabupaten Brebes yang menjalankan ibadah haji sudah tiba semuanya. Namun, jumlahnya berkurang 4 orang karena meninggal dunia di tanah suci.

BACA JUGA:Jamaah Haji Diminta Waspada Dehidrasi, Imbas Perubahan Suhu

Seluruh jamaah haji asal Kabupaten Brebes, yang terbagi dalam 4 kloter semuanya sudah sampai dan dijemput keluarga masing-masing. Namun, 4 jamaah meninggal sudah dimakamkan di tanah suci,terangnya saat ditemui di kompleks Islamic Centre, Senin , 1 Juli 2024.

Perbedaan suhu panas signifikan, lanjut Akrom, menjadi salah satu pemicu menurunnya daya tahan tubuh jamaah haji lansia asal Brebes. Sebab, tahun ini suhu di Arab Saudi sekarang mencapai 51 derajat Celcius. Kondisi itu, lebih panas dibandingkan tahun kemarin yang hanya berkisar 43-44 derajat Celcius. Dengan daya dan kekuatan terbatas, berdampak pada kondisi kesehatan jamaah haji lansia selama beraktifitas.

Kepada keluarga 4 jamaah haji yang meninggal, kami mewakili Pemkab Brebes beserta rombongan turut berduka cita. Semoga keluarga diberikan keikhlasan dan kekuatan, karena semua sudah menjadi takdir Allah SWT,ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Brebes Komisi IV Nizwar Alfisyahrin menyampaikan selamat datang kembali ke Kabupaten Brebes kepada semua jamaah haji. Bahkan, pihaknya juga menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya 4 jamaah haji lansia. Setelah menjalani ibadah haji, harapannya semakin menguatkan keimanan dan ketakwaan semua jamaah dalam beribadah.

BACA JUGA:Satu Jamaah Haji Asal Brebes Meninggal, Sempat Pingsan dan Sesak Nafas

"Semoga menjadi haji yang mabrur, selamat berkumpul kembali bersama keluarga tercinta. Kami juga mengapresiasi, kinerja semua tim pendamping dan petugas haji daerah karena seluruh prosesi berjalan lancar," pungkasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: