78 UKM DIY Ikut Pameran SiBakul Jelajah Nusantara di Balikpapan

78 UKM DIY Ikut Pameran SiBakul Jelajah Nusantara di Balikpapan

Sebanyak 78 UKM dari DIY ikut ambil bagian pada event SiBakul Jelajah Nusantara yang digelar dari 6-9 Juni 2024 di Pentacity Mall, Balikpapan-DOK.-

BALIKPAPAN, DISWAYJOGJA - Sebanyak 78 UKM dari DIY ikut ambil bagian pada event SiBakul Jelajah Nusantara. Kegiatan yang digelar dari 06-09 Juni 2024 di Pentacity Mall, Balikpapan tersebut menjadi wadah strategis untuk memperkenalkan kreativitas dan inovasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, di pasar yang lebih luas.

Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY GKBRAA Paku Alam mengatakan, SiBakul Jelajah Nusantara ini penting untuk membangun business matching. Hal ini yang akan membuka peluang terciptanya kerja sama antara UKM Yogyakarta dengan pelaku bisnis di Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Jadi Tulang Punggung UMKM, Simak Fakta Menarik Wisata Terbaru 2024 Kuliner Gudeg Khas Yogyakarta

“78 UKM dari DIY di bidang fashion, kerajinan, dan kuliner telah kami bawa untuk dihadirkan dalam pameran ini. Mereka adalah perwakilan terbaik kami yang telah melalui seleksi ketat dan mendapatkan fasilitas dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY, termasuk dukungan pengiriman gratis oleh PT Pos Indonesia,” kata Gusti Putri pada pembukaan acara SiBakul Jelajah Nusantara pada Jumat, 6 Juni 2024.

Menurut Gusti Putri, DIY memiliki 340.000 pelaku usaha. Dari jumlah ini, semua memiliki kesempatan berproses untuk bisa menjelajah ke pasar nusantara. UKM mutlak memerlukan pasar yang sangat luas untuk bisa menumbuhkan ekonomi, sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Karena itu, pameran merupakan langkah konkret untuk mengatasi keterbatasan jejaring dan kerja sama dalam pemasaran.

“SiBakul Jelajah Nusantara ini penting bagi kita untuk membuka lebih banyak jalan agar produk-produk kami bisa dikenal dan diapresiasi lebih luas lagi. Kami berharap tidak hanya peningkatan omzet yang dicapai, tetapi produk-produk UKM Yogyakarta juga dapat dikenal luas di pasar domestik maupun internasional,” papar Gusti Putri.

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Buat Bisnis Kecil-kecilan dan UMKM, Pastikan 4 Kriteria Ini Terpenuhi

Lebih lanjut, Gusti Putri mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan mempromosikan produk-produk UKM. Dengan begitu, masyarakat sudah serta dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM dan memperkuat struktur ekonomi nasional.

Mewakili Sekda DIY Beny Suharsono, Paniradya Pati DIY Aris Eko Nugroho menyampaikan, UKM memberikan kontribusi besar dalam penciptaan lapangan kerja, pendapatan, dan pengembangan ekonomi di seluruh penjuru negeri. Sebab, UKM memegang peran vital menjaga keberlanjutan ekonomi, sekaligus melestarikan budaya. 

Aris menuturkan, Pameran UKM SiBakul Jelajah Nusantara yang diselenggarakan di Balikpapan merupakan upaya Pemda DIY untuk memberikan wadah bagi para pelaku UMKM. Dimana pelaku UMKM ini bisa memamerkan, memasarkan, dan memperluas jaringan bisnis mereka. 

“UMKM DIY menawarkan keunikan dan diferensiasi produk yang membuatnya lebih berdaya saing. Riset menunjukkan, bahwa inovasi produk dan proses dalam UMKM sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja bisnis, yang pada akhirnya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Aris.

Aris mengajak para pelaku pasar di Kalimantan Timur untuk menjalin kerja sama. Karean itu, perlu dialog yang produktif antara pelaku UMKM DIY dan UMKM Kalimantan Timur. 

Dia berharap, keduanya dapat saling menginspirasi dan menemukan solusi atas berbagai tantangan yang ada. Karena kerja sama antar UMKM, dapat meningkatkan efisiensi dan membuka peluang baru dalam pasar domestik maupun internasional.

BACA JUGA:Pemda DIY Raih Penghargaan Inabuyer Award 2024, Dinilai Beli Produk UMKM dan Koperasi Terbesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: