Parlemen Thailand Kunjungi Jogja, Kerja Sama dengan DIY Diharapkan Berlanjut

Parlemen Thailand Kunjungi Jogja, Kerja Sama dengan DIY Diharapkan Berlanjut

Sekda DIY Beny Suharsono menyambut kehadiran delegasi Thailand di Ndalem Ageng Kompleks Kepatihan, Yogyakarta-DOK.-

DISWAYJOGJA – Delegasi anggota parlemen Thailand mengunjungi Yogyakarta, Jumat, 14 Juni 2024. Bertempat di Ndalem Ageng Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, kunjungan tersebut disambut Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono.

Dalam pertemuan itu, Beny mengemukakan harapan kepada Pemda DIY untuk mengembangkan kerja sama dengan Thailand.

”Saya mengucapkan selamat datang di Yogyakarta, kota budaya, pendidikan dan kota wisata. Saya mewakili Pemda DIY merasa terhormat dapat menyambut delegasi dari Thailand. Saya menilai kunjungan ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan Thailand dengan indonesia, khususnya Jogja,” ungkapnya.

BACA JUGA:Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Resmi Dibuka Kembali, Siap Beroperasi Hingga Malam Hari

Beny menjelaskan, kedekatan DIY dengan Thailand telah terjalin lebih dari 100 tahun. Hal ini bisa dibuktikan dari sejarah kunjungan Raja Rama 5, Rama 7 dan terakhir Rama 9 ke DIY. Kedekatan semakin erat dengan terbentuknya kerja sama sister province antara Chiang Mai dengan DIY sejak 2007 lalu. Kerja sama tersebut mencakup bidang pendidikan, pemgembangan SDM, pariwisata, industri, pertanian, sosial, dan pengembangan ekspor.

”Namun kerja sama dengan Chiang Mai ini sudah lama tidak aktif, jadi saya rasa perlu dibangkitkan kembali tentunya dengan menyesuaikan kondisi terkini di kedua daerah. Dari diskusi tersebut, saya berharap bisa membuka peluang kerja sama antara Jogja dan Thailand, sehingga semakin berkontribusi mendorong kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Beny menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas nama Pemda DIY kepada negara Thailand. Dimana Thailand sebagai anggota UNESCO World Heritage Community telah mendukung dikabulkannya pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai warisan budaya dunia pada 2023 lalu.

”Saya berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan Thailand dan Jogja dan membuka peluang kerja sama di berbagai bidang," imbuhnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Thailand, Rangsiman Rome yang menjadi pimpinan rombongan anggota parlemen Thailand kali ini mengatakan, Jogja terkenal sebagai pusat pendidikan dan budaya di kalangan pemerintahan dan masyarakat Thailand. Karena itu, mereka ingin mengetahui bagaimana kedua bidang itu diramu oleh Pemda DIY.

BACA JUGA:Perpaduan Orkestra dengan Gamelan, Konser Kolaborasi Musik Inggris dan Yogyakarta Tampil Memukau

”Kalau dari sisi pendidikan, cukup banyak murid asal Thailand yang melanjutkan pendidikan mereka di Yogyakarta. Mereka yang belajar di Yogyakarta selalu bercerita betapa enaknya tinggal dan belajar di sini. Bagi kami, para murid inilah yang bisa menjadi jembatan hubungan Thailand dan Yogyakarta,” ungkapnya.

Rangsiman Rome mengakui, ketenaran Candi Borobudur di Thailand. Dari sisi seni dan tradisi, menurut dia, DIY juga sangat menarik untuk diajak bekerja sama. ”Kami ingin meningkatkan hubungan Thailand dan Jogja agar sama-sama semakin makmur,” imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: