Solo Raya Kini Punya Beberapa Destinasi Wisata Terbaru 2024 Ikonik, Nomor 7 Paling Favorit

Solo Raya Kini Punya Beberapa Destinasi Wisata Terbaru 2024 Ikonik, Nomor 7 Paling Favorit

Wisata baru di Solo--

DISWAY JOGJA- Solo kini di sulap menjadi salah satu Kota yang banyak melakukan pembangunan. Salah satunya Pembangunan beberapa wisata terbaru 2024 yang menjadi ikonik kota Solo.

Ada banyak wisata terbaru 2024 di Solo baik berbasis alam maupun rekreasi yang menarik untuk dikunjungi. Beragam fasilitas yang memadai menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jika kamu berencana berkunjung ke Solo, maka jangan sampai melewatkan destinasi wisata terbaru 2024 yang ikonik di sana. Jangan lupa untuk mengajak sanak saudara dan keluarga atau sahabat.

Artikel ini akan membahas terkait destinasi wisata terbaru 2024 yang ikonik di Solo. Simak hingga akhir sebelum kamu mengunjunginya ya.

BACA JUGA : Sajikan Spot Pegunungan Terbaik, Simak Segudang Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Puncak Widosari Cek Infonya

Berikut 7 Destinasi wisata yang menjadi daya tarik terbaru di Solo yang Ikonik :

Sudah menjadi rahasia umum jika Solo dikenal dengan tujuan wisata budaya Jawa. Apalagi banyak pagelaran dan festival budaya yang rutin diadakan oleh pemerintah Kota Solo setiap tahunnya.

Selain festival budaya, kota yang mendapat julukan Kota Budaya ini juga menyimpan potensi wisata lain yang melimpah. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Solo yang wajib Anda kunjungi saat liburan:

1. The Heritage Palace

Destinasi wisata terbaru 2024 Solo yang pertama yaitu ada The Heritage Palace. Wisata ini merupakan salah satu yang banyak diminati oleh pengunjung dari berbagai kota di Indonesia. The Heritage Palace merupakan bekas pabrik gula dengan arsitektur bangunan khas kolonial Belanda.

Berwisata ke sini, pengunjung akan bisa melihat arsitektur bangunan yang khas kolonial Belanda yang masih terlihat megah. Merupakan bangunan yang ikonik, The Heritage Palace Kartasura ini menjadi slaah satu wisata baru di Solo yang paling hits dan unik.

Selain bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan yang memukau, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di sana. Seperti mengunjungi Museum 3D, Outdoor Garden, Museum Transport dan beberapa atraksi lainnya. Untuk dapat menikmati wisata ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 55.000 di hari biasa dan Rp 65.000 di akhir pekan.

The Heritage Palace ini, dibuka mulai pukul 09.00-16.00 WIB dengan membayar sekitar Rp 30.000 untuk tiket outdoor pada hari kerja atau akhir pekan. Terdapat pula tiket terusan untuk menikmati area indoor dan area outdoor yang bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 55.000 pada hari kerja.

2. Kemuning Sky Hills

Kemuning Sky Hills juga menjadi destinasi wisata update terkini di Solo. Apalagi untuk kamu yang yang suka hunting foto, tempat wisata ini menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi. Pasalnya, ada berbagai spot foto yang unik dan menarik.

Wisata alam bernuansa ruang terbuka ini terletak di area kebun teh Kemuning dengan kontur bukit yang indah, ditambah lagi dengan adanya jembatan kaca ikonik sepanjang 120 meter. Bahkan dikabarkan merupakan jembatan kaca ini yang terpanjang di Jawa Tengah loh.

Selain itu, fasilitas Kemuning Hills ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Terdapat fasilitas jeep yang bisa kamu sewa untuk berkeliling area kebun teh dan sekitarnya. Tentunya ini akan membuat pengalaman liburan yang baru.

Untuk harga tiket masuk nya yaitu sekitar Rp 10.000. Sementara untuk harga sewa jeep mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 900.000 tergantung dari lama perjalanan. Gimana, tertarik untuk berkunjung?

3. The Lawu Park

Mencari tempat piknik di Solo? Anda bisa mengunjungi The Lawu Park yang terletak di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Destinasi wisata Solo ini dilengkapi taman wisata, resort dengan panorama gunung Lawu, hutan pinus, perbukitan dan wahana kekinian lainnya.

Anda juga bisa menikmati nuansa salju di tengah hutan, glamping, rumah pohon, jembatan Jalatunda, dan masih banyak lagi. Untuk dapat berkunjung ke The Lawu Park, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 20.000 - Rp 25.000 yang bisa berubah sewaktu-waktu.

BACA JUGA : Hutan Pinus Mangunan: Wisata Terbaru 2024 Dengan Konsep Alam Memukau, Intip Daya Tariknya Disini

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Ikon wisata Solo yang satu ini merupakan Istana resmi Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di Kota Surakarta. Keraton dengan luas 54 are ini memiliki banyak koleksi patung, senjata, dan pusaka kerajaan.

Salah satu bangunan bertingkat yang menarik, yaitu Menara Sanggabuwana yang kabarnya menjadi tempat bertemunya Raja dengan Ratu Laut Selatan. Menara Sanggabuwana ini memiliki tinggi 30 meter dan sempat dijadikan tempat untuk memata-matai Belanda pada masa penjajahan.

Ada aturan yang harus Anda patuhi saat memasuki Sasana Sewaka yang merupakan tempat pertunjukan tari dan gamelan. Anda diwajibkan berjalan tanpa menggunakan alas kaki di atas pasir yang diambil langsung dari Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi.

5. Tumurun Private Museum

Bagi kamu yang sangat menggemari dunia seni, wajib untuk datang ke wisata satu ini, pasalnya di sana tersedia koleksi karya seni yang luas, mulai dari seniman muda hingga maestro berpengalaman.

Tumurun Private Museum ini juga rutin menyelenggarakan pameran khusus, biasanya diadakan dua kali dalam setahun yang menampilkan karya seniman dari seluruh dunia.

Caranya, kamu harus melakukan pendaftaran secara online di situs tumurunmuseum.org. selamjutnya kamu bisa memilih sendiri waktu kunjungan sesuai keinginan. Jangan khawatir soal harga, karena kamu bisa menikmati karya seni di Tumurun Private Museum ini secara gratis.

6. De Tjolomadoe

Selanjutnya ada De Tjolomadoe yang juga menjadi salah satu yang ikonik di Solo. Di tempat ini kamu bisa menjelajah perjalanan historis era keemasan Pabrik Gula.

De Tjolomadoe dulunya merupakan sebuah pabrik gula yang berdiri pada tahun 1981. Lalu pada tahun 2018, lokasi ini disulap menjadi destinasi wisata Solo, sebab produksinya mengalami penurunan.

Sebelum diresmikan, telah telah dilakukan uji kelayakan secara berulang kali hingga akhirnya secara resmi menjadi cagar budaya di Solo. Untuk harga tiket wisata De Tjolomadoe yaitu sekitar Rp 40.000 namun bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Solo Safari

Terakhir ada Solo Safari, yang merupakan wisata terbaru 2024 yang dibuka secara resmi pada 27 Januari 2023. Tempat ini dulunya merupakan Taman Satwa Taru Jurug yang saat ini dikembangkan dengan koleksi satwa yang makin lengkap.

Terdapat berbagai wahana khas Taman Safari Indonesia, seperti atraksi satwa yang sudah terlatih. Tentunya, kamu bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa dengan di damping oleh penjaga. Sehingga pengunjung akan tetap merasa aman.

Harga tiket masuk ke Solo Safari, yaitu sekitar Rp 30.000 - Rp 45.000 untuk tiket reguler di hari kerja dan kisaran Rp 50.000 - Rp 65.000 untuk tiket premium.

Untuk hari libur yaitu berkisar Rp 40.000 - Rp 60.000 dan tiket premium di kisaran Rp 60.000 - Rp 75.000.

Itulah beberapa destinasi wisata terbaru 2024 yang ikonik di Solo, jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati keseruan wisata di dalamnya. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA:Tampilkan Keindahan Alam, Berikut 4 Wisata Terbaru 2024 Bandung Dengan View Estetik Instagramable Cek Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: