Mengapa Kurma Diarjukan Menjadi Hidangan Berbuka Puasa? Berikut Penjelasannya!

Mengapa Kurma Diarjukan Menjadi Hidangan Berbuka Puasa? Berikut Penjelasannya!

Kurma dianjurkan untuk berbuka puasa--pexels.com

DISWAY JOGJA-Saat menjelang waktu berbuka, suara azan magrib menggema di seluruh penjuru. Dengan hati lapang, kita bersiap mengakhiri puasa dengan menyantap hidangan manis dan lezat, kurma.

Kurma menjadi menu utama berbuka di banyak negara Muslim, bukan tanpa alasan. Di balik tradisi ini, tersimpan banyak keberkahan dan manfaat bagi kesehatan yang patut kita syukuri.

Sunnah Berbuka dengan Kurma

Dalam berbagai hadis shahih, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan untuk membatalkan puasa terlebih dahulu dengan kurma sebelum melakukan keperluan lain. Salah satu hadisnya diriwayatkan oleh Abu Daud:

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِّيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: "إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى رُطَبٍ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ رُطَبٌ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّ التَّمْرَ بَرَكَةٌ".

"Dari Salman bin Amir Adh-Dhabbi radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, hendaklah ia berbuka dengan kurma basah (rutab). Jika tidak mendapatkan kurma basah, maka berbukalah dengan kurma matang (tamr), karena sesungguhnya pada kurma itu terdapat keberkahan.'" (HR. Abu Daud)

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah saw bersabda: 

"Orang yang berpuasa apabila berbuka, hendaklah ia berbuka dengan kurma. Karena kurma itu merupakan keberkahan. Jika tidak mendapatkan kurma, hendaklah ia minum air. Karena air itu merupakan kesucian."

Mengapa kurma begitu dianjurkan? Pertama, kurma memiliki rasa manis yang dapat mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Kedua, kurma mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan.

Maka, sunnah ini sejalan dengan prinsip Islam yang selalu mengutamakan kesehatan dan keberkahan.

BACA JUGA : 13 Hal Makruh yang Dapat Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Kekayaan Nutrisi Kurma

Kurma memang layak disebut sebagai salah satu buah dengan kandungan gizi tertinggi di dunia. Dalam setiap 100 gram kurma kering, terkandung:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: