Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Bagi Tubuh Saat Bulan Puasa

Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Bagi Tubuh Saat Bulan Puasa

Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Bagi Tubuh Saat Bulan Puasa-disway jogja-pinterest

DISWAY JOGJA- Buah kurma dari dulu sangat identik dengan bulan puasa Ramadhan, terutama dikonsumsi saat buka puasa dan juga saat sahur. Mengonsumsi buah sat berbuka dan saur menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah gangguan pencernaan. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah kurma. Karena kurma buah super sehat dan serbaguna. Buah kurma memiliki citarasa manis alami dengan segudang manfaat. 

Dari kandungan yang dimiliki kurma bisa membantu mengembalika energi setelah satu hari berpuasa. Kurma tumbuh di berbagai negara seperti Arab Saudi, Iran, dan Mesir. Buah yang satu ini bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau kering. Kurma bisa menjadi makanan saat buka puasa atau dessert saat saur. 

Bagi kamu yang mengkhawatirkan kandungan gula pada kurma, jangan khawatir karena buah kurma memiliki indeks glikemik rendah, salah satunya kaya akan serat. Jika kamu mendambakan makanan manis saat puasa kurma bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Ternyata kurma memiliki segudang manfaat yang bisa kamu rasakan. Simak berikut ini :

1. Menambah Energi saat Berpuasa

Kandungan yang dimiliki kurma berupa kalori dan fruktosa yang mudah dicerna serta dibah menjadi energi saat menjalankan ibdah puasa. Kurma kaya akan karbohidrat sederhana, dari karbohidrat yang dimiliki kurma akan dipecah menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi untuk tubuh. Glukosa akan membantu tetap fokus dan aktif selama puasa. Bukan hanya itu, kandungan serat pada kurma bisa membantu merasakan kenyang, sehingga baik untuk dikonsumsi saat buka paupun saur.

BACA JUGA : Mengapa Kurma Diarjukan Menjadi Hidangan Berbuka Puasa? Berikut Penjelasannya!

2. Menjaga Kadar Gula Darah saat Puasa

Pada saat puasa, tubuh kita akan menggunakan gula yang disimpan dalam otot dan juga hati untuk menghasilkan energi. Hal ini bisa menyebabkan rentan penurunan kadar gula darah ketika berpuasa. Maka untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal, dengan cara mengonsumsi kurma yang mepunyai kandungan manis alami. Karena kurma mempunyai kandungan fruktosa di dalamnya sehingga tubuh berenergi selama berpuasa. 

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Kurma memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting, seperti vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, dan pottassium. Nutrisi di dalam kurma sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Kandungan nutrisi di dalam kurma sangat luar biasa. Vitamin B kompleks pada kurma membantu metaboliesme energi. Magnesium bisa menjaga kesehatan saraf dan otot, Potassium membantu menjaga tekanan darah, dan kandungan zat besi bisa membantu mencegah anemia.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Rutin mengonsumsi buah kurma bisa meningkatkan fungsi otak kamu. Kandungan kolin di dalam kurma penting untuk meningkatkan kinerja memori dan otak. Hal ini membantu kamu agar tetap fokus saat beraktivitas ketika menjalani ibadah puasa.

BACA JUGA : 10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kulit, Nomor 2 sih Cocok Buat Orang Yang Berjerawat

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kurma mempunyai kandungan serat yang tinggi dan prebiotik sehingga baik untuk pencernaan serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaan. Tidak ada salahnya mengonsumsi kurma saat buka puasa. Selain itu kamu bisa mengonsumsi kurma saat sahur agar kondisi kesehatan pencernaan bisa tetep terjaga dengan baik.

6. Mencegah Sembelit saat Berpuasa

Berpuasa kamu harus menahan makan atau minum selama satu hari. Hal ini bisa memicu dehidrasi yang bisa menyebabkan sembelit. Sebaiknya hindari sembelit dengan memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka dan saur. Kamu bisa mecegah sembelit dengan mengonsumsi kurma. Manfaat kurma saat saur bisa membantu mencegah penumpukan feses yang dapat menyebabkan sembelit dan melancarkan percernaan pada usus.

BACA JUGA : Wow! Ternyata ini 8 Manfaat Tersembunyi dari Kurma untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Mengonsumsi kurma saat berpuasa memberikan banyak manfaat untuk menjalankan puasa lebih optimal lagi dan kesehatan pada tubuh. Jangan sampai kelewatan untuk mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa dan saur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: