Benteng Vredeburg Wisata Terbaru 2024? Telusuri Jejak Sejarah Pusat Kota Yogyakarta, Liburan Sambil Belajar!

Benteng Vredeburg Wisata Terbaru 2024? Telusuri Jejak Sejarah Pusat Kota Yogyakarta, Liburan Sambil Belajar!

Wisata Terbaru 2024 Benteng Vredeburg Yogyakarta--

DISWAY JOGJA - Yogyakarta terkenal sebagai tujuan destinasi wisata yang sangat terkenal. Terlebih banyak wisata terbaru 2024 yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Yogyakarta.

Wisata di Yogyakarta berbagai macamnya mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah. Bukan hanya itu, Yogyakarta tergolong kota yang kaya akan kebudayaannya yang mengagumkan.

Terlebih daerah ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Terkhusus saat musim liburan telah tiba, daerah ini akan terlihat sangat ramai.

Berbagai macam wisata terbaru 2024 ditawarkan pada wisatawan untuk berkunjung. salah satunya wisata sejarahnya yaitu Benteng Vredeburg yang berada di pusat kota.

BACA JUGA : 3 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Cikarang? Paling Hits Punya Nuansa Alam Asri, Nomor 2 Paling Ramai Dikunjungi!

1. Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta

Wisata terbaru 2024 Benteng Vredeburg merupakan wisata yang menawarkan akan sejarahnya. Benteng Vredeburg didirikan pada tahun 1760 yang didirikan oleh Belanda.

Pemerintah Belanda dalam mendirikan bangunan ini memiliki alasan. Terkhusus alasannya adalah kekhawatiran Belanda terhadap kemajuan keraton Yogyakarta pada saat kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono I.

Alasan itu menjadikan Belanda membangun benteng ini berdekatan dan mengahadap keraton Yogyakarta. Terlebih dalam pembangunannya Belanda berkonsep setidaknya dengan satu tembakan Meriam sudah bisa menjangkau keraton Yogyakarta.

Benteng Vredeburg dulunya digunakan Belanda sebagai benteng strategi, intimidasi, dan penyerangan. Terlebih benteng ini berfungsi mengantisipasi apabila suatu saat ada musuh yang melakukan penyerangan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Paling Hits di Kendal? Pantai Cahaya Punya 8 Wahana Seru dan Tiket Cuma Rp 20 Ribu!

Pada saat gempa bumi Yogyakarta pada tahun 1867 Benteng Vredeburg runtuh. Oleh karenanya benteng itu dibangun lagi dengan dinamakan Benteng Vredeburg yang berarti benteng perdamaian.

Penamaan Vredeburg sendiri merupakan simbol perdamaian antara Belanda dan Keraton. Namun pada saat penjajahan Inggris benteng ini diambil alih oleh Inggris, tetapi kekuatan keraton berhasil mengalahkan penjajah dan mengambil benteng ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: