7 Tips and Trik Merawat TV LED Anda Agar Tetap Awet dan Juga Tidak Cepat Rusak! Anda Wajib Tau!

7 Tips and Trik Merawat TV LED Anda Agar Tetap Awet dan Juga Tidak Cepat Rusak! Anda Wajib Tau!

Tips and Trik Merawat TV LED Anda Agar Tetap Awet dan Juga Tidak Cepat Rusak! - FREEPIK--

DISWAY JOGJA - TV merupakan salah satu perangkat elektronik  yang paling umum digunakan sebagai sumber hiburan di rumah. Maka tidak heran jika setiap rumah memiliki Televisi.

Kehadirannya kini  menjadi kebutuhan tambahan di dalam rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun bertransformasi dari bentuk aslinya yang cenderung berukuran besar dengan  tabung dan layar cembung, menjadi panel datar  tipis yang disebut TV LED.

TV LED memiliki desain yang modern dan bentuk yang lebih tipis sehingga mudah disusun, dapat dipasang di dinding maupun diletakkan di atas meja. Selain itu, teknologi TV jenis ini juga akan lebih menghemat listrik. Sebelum membeli Televisi LED, sebaiknya pertimbangkan juga  garansi yang ditawarkan.

Dan Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, semakin tinggi teknologi yang digunakan  televisi LED maka semakin mahal pula harganya.Oleh karena itu, pemilik Telivisi sering kali mencari cara agar Televisi miliknya cukup tahan lama hingga melampaui masa garansi. Tetapi perlu Anda ingat kamu harus merawat TV LED anda sendiri agar tidak cepat rusak.

BACA JUGA:5 Rekomendasi TV LED Android 50 Inch Terbaik dan Juga berkualitas Untuk Anda! Simak Artikel di bawah ini

Berikut Ini Beberapa Cara Untuk Merawat TV LED Anda.

1. Hindari magnet di sekitar TV.

Salah satu hal terpenting untuk diingat adalah TV LED sensitif terhadap magnet. Magnet yang kuat dapat menyebabkan kerusakan pada komponen TV itu sendiri. Selain komponen, keberadaan magnet yang terlalu dekat dengan TV LED juga dapat mempengaruhi kualitas speaker TV sehingga tidak bisa dikesampingkan kemungkinan kerusakan permanen.

2. Jangan menyalakan TV terus-menerus.

Ada kalanya kita menyalakan TV LED tanpa henti sehingga mengakibatkannya terus menyala. Kebiasaan ini sangat tidak baik dan sebaiknya segera ditinggalkan. Jika Anda membiarkan TV menyala sepanjang hari, komponen di dalamnya akan cepat panas. Komponen akan cepat rusak jika dibiarkan terus menerus. Sebaiknya matikan Televisi saat Anda tidak sedang menonton.

BACA JUGA:7 Daftar TV LED Termurah 2023, Harganya Terjangkau Ada yang Dibawah 1 Jutaan

3. Gunakan Perangkat Yang Menstabilkan Tegangan.

Jika arus listrik di  rumah Anda cenderung tidak stabil, Anda dapat memasang pengatur arus untuk menjaga kestabilan arus. Fluktuasi kondisi tegangan pada TV  membuatnya rentan terhadap kerusakan. Regulator tegangan digunakan untuk melindungi komponen internal TelevisLED dari energi berlebih dan lonjakan listrik mendadak yang dapat membahayakannya.

 4. Penempatan TV Yang Disarankan .

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjamin keawetan TV LED, oleh karena itu sebaiknya letakkan di tempat yang tidak basah, berdebu dan jauh dari  sinar matahari langsung.

 Jika Anda berencana memasang TV di dinding dengan menggunakan braket, sebaiknya perhatikan juga penempatannya yang benar, karena selain akan membuat TV bertahan lebih lama, kenyamanan visual juga akan meningkat.

BACA JUGA:5 Rekomendasi TV LED Harga Terjangkau dan Sudah Digital! Mulai dari 1,5jutaan saja
 

5. Sesuaikan Kecerahannya.

Jika kontras dan kecerahan layar disesuaikan dengan cara yang wajar, hal ini akan mengurangi upaya bagian tampilan LED dan komponen lain di dalam layar yang sama untuk menampilkan gambar secara akurat.

6. Bersihkan TV LED Anda Secara Hati-hati dan Teratur

Jangan menekan terlalu keras pada permukaan Televisi LED  karena bagian ini terbuat dari lapisan kaca  yang tipis. Saat membersihkan TV, sebaiknya gunakan kain bersih dan lembut. Gunakan gerakan menyeka satu arah dan hindari gerakan maju mundur atau memutar.

Sebelum membersihkan dengan alkohol, Anda dapat mematikan TV dan mencabut kabel dari listrik sebelum membersihkan noda membandel di dalamnya. Biarkan permukaan Televisi Anda mengering sebentar sebelum Anda menyalakannya kembali.

BACA JUGA:7 Rekomendasi TV LED Terbaik dan Cara Memilihnya

7. Letakkan TV LED Di Tempat Dengan Suhu Normal

Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar tidak mempengaruhi pengoperasian komponen TV.
Suhu yang terlalu tinggi dapat memperpendek umur TV Anda, sedangkan suhu yang terlalu dingin dapat mempengaruhi kualitas dan kecerahan gambar.

Nah itu saja yang  nisa saya sampaikan mengenai tips and trik merawat TV LED anda dirumah agar awet dan tidak cepat rusak, semoga apa yang bisa saya sampaikan diatas bermanfaat untuk Anda terimakasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: