Libur Lebaran Tidak Perlu Jauh-Jauh ke Timur Tengah, Ternyata Indonesia Punya Wisata Terbaru 2024 Gurun Pasir

Libur Lebaran Tidak Perlu Jauh-Jauh ke Timur Tengah, Ternyata Indonesia Punya Wisata Terbaru 2024 Gurun Pasir

Gurun Pasir di Indonesia--

DISWAY JOGJA -Berada di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki ragam destinasi wisata terbaru 2024 yang kaya dan unik. Tak hanya pantai dan gunung yang memesona, tetapi padang pasirnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hamparan pasir luas nan indah yang tersebar di beberapa daerah, menjadi opsi masyarakat untuk berwisata. Tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, berikut lima destinasi wisata terbaru 2024 gurun pasir di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

BACA JUGA : Liburan Selama Ramadan Siapa Takut! Ini 6 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Ramah Muslim di Indonesia

Gurun Pasir Telaga Biru di Kepulauan Riau

Gurun Pasir Telaga Biru terletak di Jalan Raya Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Wisata terbaru 2024 gundukan pasir ini berasal dari tambang bauksit dan pasir yang dulunya beroperasi di wilayah ini.

Dinamakan wisata terbaru 2024 Telaga Biru, karena di sekitarnya terdapat danau kecil berwarna biru yang indah. Pemandangan hamparan pasir putih bak oase di padang pasir ini, membuat banyak wisatawan menjadikan tempat ini sebagaiobjek foto yang instagenik.

 

Selama perjalanan menuju lokasi wisata terpopuler ini, kamu akan disuguhkan panorama hutan, kebun karet, hingga rawa-rawa. Tiket masuk ke destinasi wisata ini dikenakan Rp10 ribu per orang saja.

Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo atau yang sering disebut Gurun Pasir van Jogja ini merupakan salah satu kawasan wisata favorit di sekitar Parangtritis yang terkenal dengan keindahan hamparan pasirnya yang mirip miniatur sahara.

Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini memiliki ciri khas yang kering dan tandus dengan hempasan angin yang cukup besar. Menariknya lagi, padang pasir ini bisa digunakan untuk bermain sandboarding, lho. Bikin liburanmu lebih seru dan menyenangkan.

Makin sore, suasana wisata terbaru 2024 menjadi semakin indah dengan munculnya sunset di barat. Tak sedikit pengunjung yang rela menunggu momen indah ini untuk koleksi fotonya.

BACA JUGA : Inilah Wisata Terbaru 2024 Kuliner Legendaris di Klaten, Salah Satunya Punya Cabang di Berbagai Kota Indonesia

Gurun Pasir Berbisik di Jawa Timur

Terletak di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, wisata Gurun Pasir Berbisik ini menawarkan hamparan pasir luas yang kerap diincar wisatawan saat berlibur ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Nama Pasir Berbisik menjadi populer setelah menjadi lokasi syuting dari film berjudul serupa yang dibintangi Christine Hakim dan Dian Satrowardoyo. Saking populernya, banyak yang melakukan hunting foto di sana, baik untuk prewedding atau berburu sunrise.

Untuk berkunjung ke Pasir Berbisik, kamu perlu menyewa mobil jeep dengan pengemudi yang berpengalaman. Kamu juga bisa mengelilingi lautan pasir ini dengan berkeliling naik kuda. Wisata kekinian favorit Pasir Berbisik sudah bisa dikunjungi mulai pukul 03.00 WIB dini hari.

Gumuk Pasir Sumalu di Sulawesi Selatan

Pulau Sulawesi juga punya wisata padang pasir, lho, namanya Gumuk Pasir Sumalu. Gumuk Pasir Sumalu berada di Rantebua Sanggalangi, Rantebua. Gurun pasir di Indonesia ini terbilang cukup baru sehingga fasilitas di Gumuk Pasir Sumalu memang belum terlalu memadai, namun gurun pasir ini bisa jadi alternatif wisata saat kamu ke Tanah Toraja.

Berbeda dengan kebanyakan gurun pasir, tekstur tanahnya cenderung padat dengan bukit-bukit hijau yang mengelilingi.Biar seru, kamu bisa berseluncur dari atas gumuk, tapi harus tetap berhati-hati.

Kalau hanya ingin menikmati suasananya, singgahlah sampai sore hari, karena kamu bisa menyaksikan keindahan langit senja di sini. Lokasi wisata ini berada di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari selama 24 jam penuh. Untuk menikmati liburan di Gumuk Pasir Sumalu tidak dikenai biaya alias gratis.

BACA JUGA : 4 Ide Perjalanan Destinasi Wisata Terbaru 2024 Indonesia untuk Kaum Backpacker yang Harus Dicoba Selain Bali

Gurun Pasir Oetune di Nusa Tenggara Timur

Wisata gurun pasir di Indonesia selanjutnya berada di Pantai Oetune, Desa Tuafanu dan Oebelo, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Meski sebenarnya objek wisata ini adalah pantai, tapi hamparan pasirnya yang lembut kuning kecokelatan akan mengingatkanmu pada suasana di Gurun Sahara yang eksotis.

Hal lain yang membuat pantai ini murip gurun pasir adalah adanya gundukan pasir akibat tiupan angin serta jajaran pohon lontar yang menghiasi lanskap Pantai Oetune. Hamparan lautan padang pasir seluas 100 meter persegi di sepanjang pantai dengan balutan birunya laut dan langit semakin menambah keelokan pantai ini.

Gurun pasir Indonesia gak kalah keren seperti di Timur Tengah bukan? Objek wisata terbaru 2024 ini cocok untuk dikunjungi kapan pun, karena tiap waktu mempunyai ciri khas panorama tersendiri. Apakah kamu sudah merencanakan liburan ke salah satu destinasi di atas? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: