Bingung Mau Masak Apa? Simak 6 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Anak Kos: Lebih Hemat, Enak dan Sehat!

Bingung Mau Masak Apa? Simak 6 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Anak Kos: Lebih Hemat, Enak dan Sehat!

Simak 6 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Anak Kos-Edwin Tan-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Menu berbuka puasa anak kos kerap ditanyakan oleh mereka yang sedang ada di perantauan dan jauh dari rumah saat Ramadhan. Banyak dari mereka yang harus buka puasa sendiri dengan menu seadanya.

Apalagi jika sudah memasuki tanggal tua sehingga harus bisa lebih menghemat. Banyak anak kos biasanya memilih menu andalan mereka yaitu ayam goreng maupun ayam geprek untuk menu berbuka puasa.

Padahal jika membuat masakan sendiri untuk menu berbuka puasa jauh lebih irit dan juga bisa mendapatkan porsi yang lebih banyak.

Namun, yang menjadi kesulitan bagi anak kos adalah bagaimana memilih makanan untuk menu berbuka puasa yang ramah dikantong tetapi tetap enak dan simple.

BACA JUGA : Es Pisang Hijau Segar Dan Cocok Untuk Menu Buka Puasa. Lebih Higeinis, Yuk Cek Resep Simple Menu Khas Makasar

Tidak perlu khawatir karena ada beberapa pilihan makanan yang harganya terjangkau tetapi rasanya tetap enak, sehingga anak kos bisa lebih menghemat untuk kebutuhan lain.

Lalu, makanan apa saja? Berikut 6 rekomendasi menu berbuka puasa untuk anak kos yang harganya terjangkau tetapi rasanya tetap enak dan bisa dibuat sendiri. Simak, yuk!

1. Tempe Orek

Menu buka puasa satu ini sangat mudah dibuat, sehingga cocok untuk menu berbuka puasa anak kos. Tidak hanya mudah dibuat, tetapi menu ini juga kaya protein nabati.

Bahan utama yang dibutuhkan juga praktis, yaitu hanya tempe, kecap, cabai, bawang merah, dan gula merah. Proses memasaknya pun simple, yaitu pertama goreng tempe terlebih dahulu. Kemudian gongseng bersamaan dengan bumbu kecap dan bahan lainnya.

2. Sayur Sop

Sebagai anak kost, mengonsumsi sayuran juga penting karena untuk menutrisi tubuh dari dalam. Menu makanan berkuah seperti ini dapat memberikan sensasi segar setelah seharian berpuasa.

Bukan hanya sayur sop biasa, kamu bisa juga menambahkan daging ayam, telur puyuh, ceker, atau bakso. Tidak lupa juga berikan taburan bawang goreng di atas sayur sop untuk menambah kenikmatan.

3. Omelet Mie

Rekomendasi menu berbuka puasa untuk anak kos selanjutnya yaitu omelet mie. Bagi anak kos pasti sudah tidak asing lagi dengan menu satu ini. Omelet mie salah satu menu favorit hampir semua anak kos.

Untuk membuatnya diperlukan bahan yang sangat sederhana dan mudah didapat, seperti mie instan, telur, sosis, cabai (sesuai selera).

BACA JUGA : 10 Ide Menu untuk Berbuka Puasa Rendah Kolesterol! Nikmati Sahur dengan Makanan Sehat

4. Capcay

Dengan rasa yang nikmat dan cara membuatnya yang praktis, maka capcay merupakan salah satu rekomendasi menu berbuka puasa yang cocok untuk anak kos.

Meskipun masuk dalam kategori makanan praktis, tetapi komposisi yang terkandung didalamnya banyak menyajikan beragam sayuran yang bisa membuat siap saja yang mengonsumsinya akan sehat,

5. Telur Ceplok Kecap

Siapa yang tidak suka telur? Walaupun hanya dengan bahan sederhana seperti telur, ternyata menu masakan buka puasa ini cukup mudah dibuat untuk anak kos, lho.

Menu ini cocok bagi kamu yang sedang budget minim, tapi jangan khawatir menu dari olahan telur ini juga mengandung protein hewani yang bisa memenui kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa.

6. Aneka Tumis

Ide menu berbuka puasa untuk anak kos yang terakhir yaitu aneka tumisan. Ada berbagai macam jenis tumis yang bisa kamu buat. Mulai dari kangkung, kol, buncis, hingga kacang panjang.

Untuk membuatnya cukup dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, saus tiram, serta tidak lupa penyedap rasa untuk menambah cita rasa.

BACA JUGA : Bosan dengan Menu Sahur? Ini dia Rekomendasi Menu Sahur untuk Menjaga Semangat Berpuasa

Itulah ulasan mengenai ide menu berbuka puasa untuk anak kos selama bulan Ramadhan yang harganya terjangkau, enak, dan mudah dibuat. Praktis sekali bukan? Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: