7 Kuliner Khas Tegal yang Terkenal Enak Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa

7 Kuliner Khas Tegal yang Terkenal Enak Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa

7 Kuliner Khas Tegal yang Terkenal Enak Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa-OSC Medcom - Medcom.id-google

DISWAY JOGJA - Tegal kerap disebut-sebut sebagai kota kuliner atau surganya pecinta kuliner karena banyaknya kuliner yang ada di kota ini. Tegal juga mempunyai makanan yang terkenal enak dan cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Beberapa kuliner khas Tegal ini mulai dari camilan hingga makanan berat mempunyai cita rasa yang khas yang berbeda-beda baik asin, manis, gurih atau pedas sehingga cocok untuk menu buka puasa.

Jadi, kamu bisa memilih kuliner khas Tegal ini sesuai selera untuk dinikmati menu berbuka puasa nanti. Penasaran ada kuliner apa saja?

Berikut kuliner khas Tegal yang cocok dijadikan menu buka puasa, mulai dari camilan dan makanan berat. Simak yuk.

BACA JUGA : Buka-bukaan! Catat Rahasia Resep Garang Asem untuk Menu Buka Sederhana, Mewah Rasanya

1. Tahu Aci

Tahu aci merupakan makanan yang berbahan dasar tahu kuning yang berbentuk segitiga dimana didalamnya diisi dengan adonan aci yang diberi potongan kocai. Biasanya tahu aci ini disantap dengan cabe rawit agar lebih nikmat.

Tahu aci menjadi salah satu makanan atau camilan khas dari Tegal, gorengan satu ini paling laris dan paling favorit bagi warga Tegal untuk menu buka puasa.

2. Nasi Ponggol

Makanan khas Tegal ini biasanya disajikan dengan aneka macam lauk, mulai dari tempe hingga tempe bacem. Nasi ponggol bisa kamu jadikan pilihan untuk menu buka puasa.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan menambahkan lauk sesuai selera sesuka kamu seperti serundeng, abon, atau lainnya.

3. Kupat Glabed

Tidak hanya saat waktu lebaran saja kamu bisa menikmati kupat glabed ini, tetapi di Tegal kamu juga bisa menyantap kupat glabed ini saat berbuka puasa.

Dengan ketupat yang disiram dengan kuah kental menambah cita rasa gurih pada setiap suapnya. Makanan khas Tegal ini bisa menjadi rekomendasi untuk santapan buka puasa.

BACA JUGA : Ramadhan Punya! Yuk Nikmati Kreasi Pisang, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

4. Gemblong Ocar Acir

Kuliner khas Tegal selanjutnya adalah gemblong ocar acir. Kuliner khas tegal satu ini biasanya disajikan dengan irisan gemblong yang kecil-kecil dan dibungkus dengan daun pisang agar rasanya semakin nikmat.

Gemblong ocar acir terbuat dari bahan ubi yang direbus sampai lunak kemudian diberi larutan gula jawa dan parutan kelapa di atasnya.

5. Rujak Teplak

Bagi warga Tegal sepertinya sudah tidak asing dengan makanan khas satu ini. Rujak teplak diolah dari beragam sayuran yang direbus seperti daun singkong, kangkung, kol, tauge, lembayung, dan daun pepaya.

Rujak teplak ini termasuk makanan khas Tegal yang sehat karena terbuat dari sayur-sayuran. Dan yang menjadi ciri khas dari rujak teplak ini adalah bumbumnya. Bumbu rujak teplak ini menggunakan bahan dasar singkong yang telah direbus dan dihaluskan.

6. Glotak

Mungkin bagi banyak orang ada yang belum mengetahui makanan khas Tegal satu ini. Glotak merupakan makanan yang berbahan dasar gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu lainnya untuk menciptakan cita rasa yang lezat dan khas.

Biasanya glotak ini ditambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih nikmat. Kamu juga bisa menikmati glotak ini dengan kerupuk antor atau kerupuk mie.

7. Nasi Lengko

Selain nasi ponggol, Tegal juga memiliki makanan khas seputar nasi lainnya yaitu nasi lengko. Makanan satu ini disajikan dengan sederhana, namun sangat menggugah selera.

Nasi lengko ini berisi nasi putih panas yang diberi tambahan topping, seperti potongan tahu, tempe, tauge, dan mentimun. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan diberi kerupuk kuning dan taburan bawang goreng sebagai pelengkap.

BACA JUGA : Tak Hanya Kolak, Takjil Ini juga Sangat Legendaris dari Dulu Hingga Sekarang, Kuy Cobain Kenikmatannya!

Diatas adalah beberapa kuliner khas Tegal yang bisa jadi rekomendasi untuk menu buka puasa kamu. Untuk rasa jangan khawatir, semua yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dan legendaris.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: