Bosan dengan Tempe Goreng? Berikut 7 Kreasi Olahan Tempe yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Bikin Nagih!

Bosan dengan Tempe Goreng? Berikut 7 Kreasi Olahan Tempe yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Bikin Nagih!

Berikut 7 Kreasi Olahan Tempe yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa-dropStock-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Selain mudah dicari, tempe juga kaya akan protein yang cocok jika di hidangkan sebagai menu berbuka puasa ataupun sahur.

Tapi supaya tidak bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja, kamu harus bisa memutar otak untuk memasak menu berbuka puasa. Salah satunya dengan membuat masakan dari kreasi olahan tempe.

Bukan hanya soal rasanya saja yang enak, tapi juga karena tempe bisa diolah menjadi beragam masakan. Ada banyak sekali hidangan untuk menu berbuka puasa yang bisa kamu buat dengan bahan dasar tempe.

Berikut beberapa kreasi olahan tempe yang bisa kamu jadikan inspirasi memasak untuk menu berbuka puasa dan sahur dan dijamin bakal disukai oleh anggota keluarga. Simak yuk!

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

1. Tempe Balado

Sambal balado memang bahan masakan serbaguna yang bisa di padupadankan dengan berbagai aneka masakan, termasuk tempe.

Tempe balado ini menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian orang, karena makanan satu ini sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu mencampur tempe dengan sambal balado yang sudah di tumis, lalu siap disajikan.

2. Oseng Tempe

Oseng tempe bisa kamu jadikan lauk saat berbuka puasa maupun saat sahur. Menu olahan makanan ini cukup mudah karena menggunakan bahan yang sangat sederhana.

Kalau kamu ingin rasanya lebih lezat dan lebih terasa, kamu bisa menambahkan dengan daun kemangi. Ketika menyantap lauk satu ini jangan lupa dengan nasi hangat dan kerupuk biar lebih nikmat.

3. Tempe Pedas Manis

Kreasi menu berbuka puasa dengan berbahan tempe selanjutnya yaitu tempe pedas manis. Menu ini sangat cocok untuk kamu yang pecinta pedas dan manis.

Cara membuatnya pun sangat gampang karena hanya menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya. Tempe pedas manis ini juga bisa dikonsumsi untuk anak-anak karena tidak terlalu pedas.

4. Tempe Penyet Sambal Kemangi

Kamu bisa mencoba membuat menu untuk masakan sahur dan buka puasa yang simpel dengan berbahan dasar tempe, yaitu tempe penyet sambel kemangi.

Dengan kombinasi antara daun kemangi yang aromatik dan sambal yang sedikit pedas manis, olahan tempe penyet ini bakal memberikan kamu sensasi makan yang berbeda dan dijamin menambah nafsu makan.

BACA JUGA : Dijamin Enak dan Otentik: 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Medan Terbaik, Cek Selengkapnya Disini!

5. Tempe Bacem

Olahan tempe yang satu ini merupakan makanan khas Jogja. Terbuat dari potongan tempe yang direndam dalam campuran bumbu rempah-rempah, gula merah, dan kecap manis yang digoreng.

Tempe bacem memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan aroma rempah yang khas. Sehingga cocok dijadikan untuk menu buka puasa.

6. Sayur Tempe Lombok Ijo

Kalau kamu ingin makan makanan yang berkuah, kamu bisa coba buat sayur dengan berbahan dasar tempe yaitu sayur tempe lombok ijo.

Menu makanan ini cukup sederhana dan pastinya sehat. Bahan dasar makanan satu ini adalah tempe, santan, dan kemangi. Cocok di santap saat masih hangat dengan nasi putih.

7. Oseng Tempe Kacang Panjang

Oseng tempe kacang panjang juga wajib masuk dalam menu wishlist kamu saat berbuka dan saur. Olahan menu satu ini seringkali menjadi favorit banyak orang.

Cara memasaknya juga cukup mudah dan rasanya pedas, manis, gurih dengan perpaduan kacang panjang ini menambah rasa yang berbeda dalam setiap suapan.

Demikian beberapa kreasi olahan tempe yang bisa dijadikan untuk menu berbuka puasa dan sahur baik yang pedas maupun gak pedas. Jadi, kamu bisa sesuaikan untuk anak-anak dan orang dewasa. Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: