Suka Tantangan? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Goa Jomblang: Daya Tarik yang Unik, Cocok Untuk Jiwa Petualang!

Suka Tantangan? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Goa Jomblang: Daya Tarik yang Unik, Cocok Untuk Jiwa Petualang!

Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Goa Jomblang-Pesona Indonesia-google

DISWAY JOGJA - Yogyakarta bukan hanya kota yang memiliki keindahan seni dan budaya, namun juga memiliki banyak tempat wisata terbaru 2024 yang menakjubkan.

Selain keindahan pantai yang mempesona, Yogyakarta juga memiliki tempat wisata terbaru 2024 susur goa yang tak kalah menarik dan eksotis.

Salah satu dari tempat tempat wisata terbaru 2024 alam yang paling populer di Yogyakarta adalah Goa Jomblang.

Wisata terbaru 2024 Goa Jomblang ini memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan yang menyukai petualangan. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

BACA JUGA : Bosan Liburan itu-itu Aja? 8 Tempat Wisata Terbaru 2024 Gresik Mengagumkan, Wajib Anda Kunjungi di Akhir Pekan

Lokasi Menuju Goa Jomblang

Goa Jomblang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke wisata ini kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena akses untuk kendaraan umum menuju lokasi wisata masih terbilang cukup sulit.

Jam Buka Goa Jomblang

Untuk jam buka wisata Goa Jomblang ini yaitu buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Namun, jika kamu ingin menikmati pemandangan yang luar biasa, sebaiknya kamu datang sekitar pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Karena waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk menikmati cahaya surga yang masuk dengan sempurna ke dalam goa.

Daya Tarik Goa Jomblang

Goa Jomblang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Pasalnya, tidak hanya menawarkan keindahan alam goa, tetapi tempat ini juga menjadi salah satu tempat untuk menguji adrenalin, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang.

Daya tarik pertama dari Goa Jomblang yaitu kegiatan susur goa, ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mencari pengalaman yang seru dan menantang.

BACA JUGA : Tidak Kalah dari Bali, Inilah Wisata Terbaru 2024 Pantai Ngobaran Gunungkidul: Sajikan Daya Tarik Unik!

Sebelum masuk ke mulut goa, kamu harus terlebih dahulu turun ke dasar permukaan tanah dengan ketinggian 60 meter. Aktivitas ini menggunakan seutas tali yang dimana diderek oleh tenaga manusi. Aktivitas inilah yang sangat memacu adrenalin.

Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang belum berpengalaman pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa jalur dengan tinggi yang berbeda.

Goa Jomblang ini berbentuk goa vertikal yang menyimpan keindahan alam di dalamnya. Yang membuat unik yaitu goa ini terbentuk akibat longsor tanah dan tumbuhnya vegetasi akibat proses geologi.

Di dalam goa, kamu akan menemui lorong-lorong yang dipenuhi oleh stalaktit dan stalagmit yang begitu memukau. Terdapat juga aliran sungai yang cukup keras di dalam goa.

Bukan hanya itu saja, berbagai spot menarik juga terdapat di Goa Jomblang ini salah satunya yaitu adanya cahaya ilahi yang memancar dari atas goa, cahaya ini disebut “cahaya surga”. Banyak dari wisatawan yang memanfaatkan momen ini untuk berfoto lalu membagikanya ke media sosial.

Dengan pemandangan matahari yang kontras masuk dan menyinari mulut goa, pemandangan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung kesini. Dan dari sinilah istilah “cahaya surga” tersebut muncul.

Daya tarik lainnya dari Goa Jomblang ini yaitu vetegasi yang ada di dalamnya, dimana wisatawan disini akan menemukan hutan purba yang tidak ditemukan di luar goa. Hutan ini memiliki berbagai macam tumbuhan purba yang rimbun dan cantik.

BACA JUGA : Destinasi Alam Paling Mempesona, Ini Dia Wisata Terbaru 2024 Giri Wanara Glamping Resort di Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Untuk harga tiket masuk wisata Goa Jomblang ini sebenarnya gratis, alias tidak ada biaya retribusi. Hanya saja untuk tarif kendaraan roda dua yakni Rp 3.000, dan kendaraan roda empat Rp 5.000.

Akan tetapi untuk memasuki Goa Jomblang membutuhkan peralatan dan harus meminta izin terlebih dahulu ke kepala Dukuh daerah Goa Jomblang.

Terdapat juga jasa operator dengan biaya sewa sekitar Rp 450.000 – Rp 1.000.000 per orang. Terbilang cukup mahal karena untuk naik turun ke dalam goa masih menggunakan tenaga manusia.

Itulah informasi mengenai tempat wisata terbaru 2024 Goa Jomblang. Jika kamu memiliki jiwa petualangan, jangan lupa uji adrenalinmu dengan mengunjungi wisata ini, ya! Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: