Petani Kentang di Kecamatan Sirampog Brebes Antisipasi Panen Raya

Petani Kentang di Kecamatan Sirampog Brebes Antisipasi Panen Raya

MEMANEN- Petani Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog mulai memanen hasil tanaman mereka menjelang berlangsungnya panen raya.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

SIRAMPOG, DISWAYJOGJA - Petani kentang di daerah penghasil sayur Kecamatan Sirampog, saat ini tengah bersiap menghadapi musim panen yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada beberapa minggu mendatang.

Menurut Pramono, petani Desa Kaligiri, sebagian petani di wilayah desanya saat ini sudah mulai memanen tanaman kentang maupun bawang daun dan langsung melempar ke pasaran.

BACA JUGA:Warga Wanasari Brebes Temukan Petani Meninggal di Area Persawahan

”Berbeda dengan sebelumnya, para petani biasanya mengumpulkan lebih dahulu hasil panen dan baru di jual setelah memanen semua tanamannya," kata Pramono, Jumat, 21 Juni 2024.

Dia mengatakan, langkah yang dilakukan petani tersebut sebagai antisipasi datangnya musim panen raya yang berbarengan dengan wilayah lain.

”Perkiraan itu mengacu pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Biasanya harga cenderung terus menurun begitu mendekati jadwal panen besar atau panen raya,” jelasnya.

Menurut dia, tanaman kentang akan mengalami peningkatan produksi seiring dengan berkurangnya intensitas hujan. Bahkan, peningkatan produksi untuk tanaman kentang selama musim kemarau hampir dua kali lipat dari biasanya.

BACA JUGA:Petani Keluhkan Jalan Antar Desa Rusak, Baront Grup Inisiatif Swadaya Tambal Jalan Berlubang Songgom

”Berbeda jika musim hujan. Dimana tanaman kentang termasuk dalam jenis yang rawan terhadap serangan penyakit terutama akibat tingginya intensitas hujan,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Pramono, harga komoditas kentang cenderung stabil, namun kondisi harga fluktuatif akan terjadi seiring dengan semakin dekatnya musim panen raya. "Kondisinya jika sudah panen cenderung harga anjlok, hal ini tentu akibat banyaknya produksi," terangnya.

Di Kecamatan Paguyangan, Hasan, selaku anggota kelompok tani Desa Pandansari mengakui, tanaman kentang maupun bawang daun menjadi andalan bagi sebagian besar masyarakat Desa setempat. Dia berharap, datangnya musim panen raya mendatang, tidak terlalu berdampak pada harga jual hasil panen.

BACA JUGA:Masih Sering Turun Hujan, Panen Dini Jadi Solusi Petani Hadapi Kondisi Cuaca

”Kami hanya berharap produksi yang tinggi nanti, mampu diimbangi dengan tingginya kebutuhan masyarakat. Sehingga tidak berdampak pada anjloknya harga di pasaran,” ungkap dia. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: