Keutamaan Puasa Hari Ke 9 di Bulan Ramadhan: Menjemput Pahala Berlimpah

Keutamaan Puasa Hari Ke 9 di Bulan Ramadhan: Menjemput Pahala Berlimpah

Keutamaan Puasa-Pinterest-

DISWAY JOGJABulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, di mana setiap amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Di antara amalan utama di bulan ini adalah puasa Ramadhan, yang memiliki banyak keutamaan di setiap harinya.

Pada hari ke-9 Ramadhan, terdapat beberapa keutamaan istimewa yang menanti umat Muslim yang berpuasa dengan penuh keikhlasan.

1.   Mendapatkan Pahala Seribu Ulama

Keutamaan utama puasa di hari ke-9 Ramadhan adalah dilimpahkannya pahala setara dengan seribu ulama. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi:

"Barang siapa yang berpuasa pada hari kesembilan, Allah memberikan pahala seperti pahala seribu ulama." (HR. At-Tirmidzi)

Pahala yang berlimpah ini menjadi bukti kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya yang berpuasa dengan penuh ketekunan dan keikhlasan. Pahala ini tidak hanya terbatas pada ilmu pengetahuan, tetapi juga meliputi berbagai amal kebajikan dan keutamaan lainnya.

BACA JUGA : Jangan Tidur, Ada 4 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Siang Hari, di Bulan Ramadhan! Dijamin Puasa Gak Berasa

2.   Diampuni Dosa-Dosa yang Lalu

Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, orang yang berpuasa di hari ke-9 Ramadhan juga dijanjikan ampunan dosa-dosa yang telah lalu. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah:

"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keihsanan, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Ibnu Majah)

Ampunan dosa ini menjadi kesempatan emas bagi umat Muslim untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan memulai lembaran baru yang lebih bersih.

Dengan memohon ampunan dengan sungguh-sungguh, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya dan memberikan kesempatan untuk kembali ke jalan yang benar.

3.   Didekatkan dengan Allah SWT

Puasa Ramadhan merupakan salah satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan berpuasa, seorang Muslim telah menahan hawa nafsu dan mendedikasikan dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Pada hari ke-9 Ramadhan, kedekatan dengan Allah SWT ini semakin terasa. Dengan penuh keikhlasan dan ketaatan, seorang Muslim dapat merasakan ketenangan jiwa dan kedekatan dengan Sang Pencipta.

BACA JUGA : Hukum Menelan Sisa Makanan Saat Puasa, Berikut Penjelasannya!

4.   Meningkatkan Ketakwaan

Puasa Ramadhan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan berpuasa, seorang Muslim belajar untuk mengendalikan hawa nafsu, meningkatkan disiplin diri, dan memperbanyak ibadah.

Pada hari ke-9 Ramadhan, fokus pada peningkatan ketakwaan ini semakin diperkuat. Dengan berbagai amalan ibadah yang dilakukan, seperti salat tarawih, tadarus Al-Quran, dan zakat, seorang Muslim dapat meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT.

5.   Membuka Pintu Surga

Salah satu keutamaan puasa Ramadhan yang paling dinanti adalah dibukanya pintu surga bagi orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

"Ketika datang bulan Ramadhan, dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka." (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada hari ke-9 Ramadhan, kesempatan untuk memasuki surga ini semakin terbuka lebar. Dengan penuh ketekunan dan keikhlasan dalam berpuasa, seorang Muslim dapat meraih kesempatan untuk memasuki surga Allah SWT.

BACA JUGA : Benarkah Merokok Dapat Membatalkan Puasa, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

6.   Amalan Pendukung di Hari ke-9 Ramadhan

Selain berpuasa dengan penuh keikhlasan, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan keutamaan di hari ke-9 Ramadhan, antara lain:

·         Memperbanyak salat sunah, seperti salat tarawih, salat tahajud, dan salat Dhuha.

·         Memperbanyak membaca Al-Quran dan tadarus.

·         Bersedekah dan menunaikan zakat.

·         Melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya, seperti membantu orang lain dan menyebarkan kebaikan.

Dengan melakukan berbagai amalan tersebut, seorang Muslim dapat meraih pahala yang berlimpah, diampuni dosa-dosanya, dan didekatkan dengan Allah SWT di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Puasa di hari ke-9 Ramadhan memiliki banyak keutamaan istimewa yang menanti umat Muslim yang berpuasa dengan penuh keikhlasan. Di antara keutamaannya adalah mendapatkan pahala setara dengan seribu ulama, diampuni dosa-dosa yang lalu, didekatkan dengan Allah SWT, meningkatkan ketakwaan, dan membuka pintu surga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: