Keutamaan Puasa Hari ke-13: Menggapai Rahmat dan Syafaat di Bulan Ramadhan

Keutamaan Puasa Hari ke-13: Menggapai Rahmat dan Syafaat di Bulan Ramadhan

Keutamaan puasa ramadhan-Pinterest-

DISWAY JOGJA - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan, di mana setiap amalan dilipatgandakan pahalanya. Di antara amalan yang dianjurkan di bulan ini adalah puasa sunnah, salah satunya adalah puasa hari ke-13.

Puasa hari ke-13 Ramadhan memiliki keutamaan yang istimewa, sebagaimana dijelaskan dalam beberapa hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut beberapa keutamaan puasa hari ke-13 Ramadhan:

1.   Diampuni Dosa-Dosa

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dan kemudian mengikutinya dengan enam hari dari bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa selama setahun." (HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah menunaikan puasa Ramadhan, pahalanya sama dengan berpuasa selama setahun penuh.

Puasa hari ke-13 Ramadhan termasuk dalam enam hari di bulan Syawal yang dimaksud. Pada hari ke 13 puasa lebih baik jika banyak melakukan kegiatan yang positif lainya seperti tadarus dan bersedekah.

BACA JUGA : Jangan Tidur, Ada 4 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Siang Hari, di Bulan Ramadhan! Dijamin Puasa Gak Berasa

2.   Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Dari Abu Qatadah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka dia diampuni dosanya selama dua tahun, dosa yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Muslim)

Puasa hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang bertepatan dengan hari ke-13 Ramadhan pada tahun ini. Dengan berpuasa pada hari ini, seorang muslim berkesempatan mendapatkan ampunan dosa selama dua tahun.

3.   Ditinggikan Derajatnya di Surga

Dari Abdullah bin Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka dia akan diampuni dosanya, dibebaskan dari neraka, dan dimasukkan ke dalam surga." (HR. Tirmidzi)

Puasa hari Senin dan Kamis merupakan puasa sunnah yang dianjurkan setiap minggunya. Puasa hari ke-13 Ramadhan jatuh pada hari Senin pada tahun ini, sehingga seorang muslim yang berpuasa pada hari ini berkesempatan mendapatkan keutamaan tersebut.

BACA JUGA : 13 Perilaku Makruh Dalam Puasa yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Apa Saja? Ini Dia Ulasan Lengkapnya!

4.   Mendapatkan Pahala seperti Orang yang Berpuasa Setahun Penuh

Dari Abu Dzar RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun." (HR. An-Nasa'i)

Puasa hari ke-13 Ramadhan termasuk dalam kategori puasa tiga hari setiap bulan. Dengan berpuasa pada hari ini, seorang muslim berkesempatan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa selama setahun penuh.

5.   Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling utama. Dengan berpuasa, seorang muslim melatih dirinya untuk menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Hal ini dapat meningkatkan ketaqwaan dan kedekatan seorang muslim kepada Allah SWT.

6.   Amalan Pendukung di Hari ke-13 Ramadhan

Selain berpuasa, berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan keutamaan hari ke-13 Ramadhan:

·         Memperbanyak doa dan istighfar

·         Membaca Al-Qur'an

·         Melakukan salat sunnah

·         Bersedekah

·         Menjalin silaturahmi

·         Melakukan amalan kebaikan lainnya

Dengan mengamalkan berbagai amalan tersebut, seorang muslim dapat meraih pahala yang berlimpah dan memaksimalkan momen Ramadhan yang penuh berkah.

BACA JUGA : 6 Resep Olahan Dari Nasi Untuk Menu Berbuka Puasa, Lezat dan Sehat!

Puasa hari ke-13 Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang istimewa, di antaranya diampuni dosa-dosa, mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW, ditinggikan derajatnya di surga, mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa setahun penuh, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan momen Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan berpuasa pada hari ke-13 Ramadhan. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan pahala yang berlimpah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: