Ini dia 6 Keutamaan Puasa Hari Ke 11, Mendapat Pahala Berlimpah dan Syafaat Rasulullah

Ini dia 6 Keutamaan Puasa Hari Ke 11, Mendapat Pahala Berlimpah dan Syafaat Rasulullah

Keutamaan puasa ramadhan-Pinterest-

DISWAY JOGJABulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Selain itu, terdapat berbagai amalan lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah, salah satunya adalah puasa sunnah. Salah satu hari yang istimewa dalam bulan Ramadhan adalah hari ke-11.

Pada hari ini, terdapat beberapa keutamaan puasa yang dapat diperoleh bagi umat Islam yang melaksanakannya. Berikut adalah beberapa keutamaan puasa hari ke-11 di bulan Ramadhan:

1.   1. Pahala Berlipat Ganda

Salah satu keutamaan utama puasa hari ke-11 Ramadhan adalah pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka dosanya selama dua tahun yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni." (HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa pahala puasa di bulan Ramadhan, termasuk di hari ke-11, sangatlah besar. Selain dosa-dosa yang diampuni, orang yang berpuasa juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

BACA JUGA : Jangan Tidur, Ada 4 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Siang Hari, di Bulan Ramadhan! Dijamin Puasa Gak Berasa

2.   2. Mendapatkan Syafaat Rasulullah SAW

Keutamaan selanjutnya dari puasa hari ke-11 Ramadhan adalah mendapatkan syafaat Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, maka dia seperti berpuasa setahun penuh." (HR. Ahmad)

Hadits ini menunjukkan bahwa pahala puasa di sepuluh hari terakhir Ramadhan, termasuk hari ke-11, sama dengan pahala puasa setahun penuh. Ini merupakan keutamaan yang sangat luar biasa dan patut disyukuri.

3.   3. Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan lain dari puasa hari ke-11 Ramadhan adalah dijauhkan dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari kesebelas Ramadhan, maka Allah SWT akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga." (HR. At-Tirmidzi)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang berpuasa di hari ke-11 Ramadhan akan mendapatkan pahala berupa rumah di surga. Ini merupakan balasan yang sangat istimewa dari Allah SWT bagi orang-orang yang berpuasa dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

BACA JUGA : 6 Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa, Penting Untuk Diperhatikan!

4.   4. Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT

Puasa Ramadhan, termasuk puasa di hari ke-11, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan berpuasa, kita belajar untuk menahan hawa nafsu dan mengendalikan diri. Hal ini tentu saja akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

5.   5. Memperkuat Solidaritas dan Kepedulian Sosial

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan solidaritas dan kepedulian sosial. Umat Islam di seluruh dunia saling berbagi dan membantu satu sama lain. Hal ini tentu saja akan memperkuat rasa persaudaraan dan ukhuwah Islamiah.

BACA JUGA : Yuk Cicipi Makanan Khas Purwokerto cocok Untuk Menu Utama Berbuka Puasa, Buruan Cobain

6.   6. Amalan yang Dianjurkan pada Hari ke-11 Ramadhan

Selain berpuasa, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari ke-11 Ramadhan, antara lain:

·         Memperbanyak membaca Al-Qur'an

·         Melakukan salat malam

·         Bersedekah

·         Memperbanyak doa

·         Melakukan zikir dan dzikir

·         Mengikuti kajian agama

Puasa hari ke-11 Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang istimewa. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Semoga dengan berpuasa di hari ke-11 Ramadhan, kita mendapatkan pahala yang berlimpah dan syafaat Rasulullah SAW. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: