7 Menu Berbuka Puasa Anti Ribet! Dijamin Keluarga Langsung Suka!

7 Menu Berbuka Puasa Anti Ribet! Dijamin Keluarga Langsung Suka!

Menu berbuka puasa dijamin pasti suka--pexels.com

BACA JUGA : 8 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Masukkan labu siam yang sudah dipotong-potong bersama air kaldu ayam atau air biasa. Beri garam, gula, dan penyedap jika perlu. Masak hingga labu siam empuk.

Sajikan lontong dengan siraman kuah sayur labu siam beserta pelengkap seperti telur rebus, tahu goreng, tempe goreng, kerupuk, dan sambal. Menu ini bisa menjadi pilihan bergizi untuk berbuka puasa.

4. Kebab Sayuran Oven

Bagi yang sedang menghindari daging saat berbuka, kebab sayuran oven bisa menjadi pilihan sehat dan mengenyangkan. Resep ini juga sangat simpel untuk dibuat di rumah. 

Yang dibutuhkan hanyalah sayuran seperti bawang bombay, paprika merah dan hijau, jamur kancing, zucchini atau labu kuning, terong ungu, serta bumbu seperti minyak zaitun, bawang putih, merica, garam, dan kaldu bubuk sayuran. 

Potong-potong seluruh sayuran, kemudian susun berselang-seling di atas tusukan sate. Campur bumbu menjadi satu, lalu oleskan pada kebab sayuran.

Panggang dalam oven pada suhu 200 derajat celcius selama 20-25 menit hingga matang. Sajikan kebab sayuran hangat dengan saus tarator (saus kacang atau yogurt) sebagai cocolan.

5. Semur Telur Tahu

Menu berbuka berbahan telur dan tahu ini praktis, lezat, serta bergizi tinggi. Semur telur tahu adalah pilihan tepat yang bisa diolah dengan cepat di dapur.

Rebus telur ayam sampai matang, lalu kupas dan goreng sebentar agar berkulit. Sementara itu, goreng tahu terlebih dahulu hingga setengah matang.

Untuk bumbu semur, haluskan bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, jahe, dan cabai. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, lalu masukkan kecap manis, garam, gula, pala bubuk, dan air. 

Setelah kuah mendidih, masukkan telur dan tahu yang sudah digoreng. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap. Sajikan semur telur tahu dengan taburan bawang goreng dan irisan cabai hijau sebagai pelengkap.

6. Nasi Goreng Sayuran Rumahan

Nasi goreng adalah menu praktis yang bisa memuaskan keinginan makan setelah sehari berpuasa. Agar lebih bergizi, tambahkan aneka sayuran segar ke dalam olahan nasi goreng Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: