7 Menu Berbuka Puasa Anti Ribet! Dijamin Keluarga Langsung Suka!

7 Menu Berbuka Puasa Anti Ribet! Dijamin Keluarga Langsung Suka!

Menu berbuka puasa dijamin pasti suka--pexels.com

DISWAY JOGJA-Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu saja saat berbuka menjadi momen yang paling dinantikan.

Namun, tak jarang kita kehabisan ide dan bingung harus memasak apa untuk menu berbuka. Jangan khawatir, berikut adalah tujuh menu berbuka puasa anti ribet yang bisa Anda coba di rumah. Dijamin keluarga akan langsung suka!

1. Nasi Kebuli Ayam

Nasi kebuli ayam adalah pilihan tepat untuk menu berbuka yang sedap dan mengenyangkan. Bumbunya yang khas dari campuran rempah-rempah seperti jinten, kapulaga, dan kayu manis memberikan aroma harum yang menggugah selera.

Ayam yang dimasak dengan bumbu kebuli sampai empuk dan berkaldu gurih menjadi pelengkap sempurna untuk nasi kebuli. 

Untuk membuatnya, cuci beras lalu masak dengan campuran air, santan, bumbu kebuli, dan kaldu ayam. Setelah separuh matang, masukkan ayam yang sudah diungkep bumbu kebuli.

Masak hingga nasi matang dan ayam empuk. Sajikan nasi kebuli dengan acar timun, sambal goreng kentang, dan kerupuk sebagai pelengkap. Resep ini cukup untuk empat porsi.

2. Soto Ayam Lamongan

Kuah soto ayam yang segar dan gurih sangat cocok untuk melepas dahaga setelah sehari berpuasa. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu varian soto Nusantara yang kaya rempah dengan sentuhan jeruk nipis. Rasa asam dari jeruk nipis ini memberikan kesegaran tersendiri.

Untuk membuatnya, rebus ayam dengan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan bawang putih sampai tercipta kaldu yang harum.

Angkat ayam, suwir-suwir dagingnya. Untuk kuah soto, masukkan bihun, tauge, daun bawang, dan jeruk nipis ke dalam kaldu. Tambahkan garam, merica, dan penyedap jika perlu. Sajikan soto ayam dengan suwiran ayam, telur rebus, dan pelengkap lain seperti kerupuk udang dan sambal rawit.

3. Lontong Sayur Labu Siam

Lontong sayur adalah hidangan sejati yang bisa mengenyangkan perut setelah sehari berpuasa. Salah satu variannya yang lezat adalah lontong sayur labu siam. Kuahnya yang gurih dan tekstur labu siam yang lembut menjadi perpaduan sempurna.

Pertama, buat lontong terlebih dahulu dengan mencampurkan beras dan air panas dalam besek atau cetakan tahan panas, lalu kukus hingga matang. Untuk sayur labunya, tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit) dengan lengkuas dan daun salam sampai harum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: