8 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

8 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Menu Buka Puasa--

DISWAY JOGJA - Penderita asam lambung yang ingin tetap berpuasa sangat perlu memperhatikan asupan makanan agar penyakitnya tidak kambuh dan membuat puasa berhenti di tengah jalan.

Ada beberapa jenis makanan untuk menu buka puasa yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung agar penyakitnya tidak kambuh.

Saat menjalani puasa, terutama bagi penderita asam lambung, perlu memilih makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Berikut beberapa rekomendasi pilihan menu buka puasa atau sahur yang aman untuk asam lambung, simak :

1. Nasi Tim

Nasi tim adalah pilihan terbaik untuk berbuka puasa bagi penderita asam lambung. Dianjurkan bagi penderita gangguan asam lambung untuk mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut seperti Nasi tim, untuk membantu melancarkan pencernaan lambung.

Nasi tim dibuat dengan mengolah nasi dan bahan lainnya, dikukus dalam waktu yang lama, sehingga teksturnya menjadi sangat lembut.

Selain enak, Nasi tim juga bermanfaat untuk kesehatan lambung. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda bisa menambahkan tempe, tahu, ikan, atau dada ayam ke dalam sajian nasi tim.

2. Kentang

Kentang merupakan alternatif makanan pokok untuk berbuka puasa. Selain rendah gula, kentang juga mengandung senyawa alkali yang bermanfaat bagi penderita asam lambung menetralisir dan mengurangi gangguan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa kentang hanya boleh dikonsumsi setelah direbus atau dikukus. Salah satu sajian kentang yang direkomendasikan adalah mashed potato, karena teksturnya yang mudah dicerna tidak akan menyebabkan iritasi lambung setelah berpuasa.

Pastikan kentang lunak untuk memperlancar pencernaan, dan hindari menambahkan bahan berlemak tinggi seperti mentega, keju, atau krim.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi penting seperti natrium, serat, protein, zat besi, magnesium, seng, selenium, kalium, dan vitamin B6. Oatmeal dikenal dapat mengurangi masalah pencernaan, termasuk maag, karena kandungan seratnya yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: