Olahraga Saat Puasa Ramadan? Coba Tips dan Trik Berikut Agar Ibadah Puasa Tetap Aman

Olahraga Saat Puasa Ramadan? Coba Tips dan Trik Berikut Agar Ibadah Puasa Tetap Aman

Olahraga saat puasa Ramadan tidak menjadi halangan.--healthxchange.com

DISWAY JOGJA - Olahraga saat puasa Ramadan bukanlah sesuatu yang mustahil. Kalian masih tetap beraktivitas seperti biasanya meskipun tentu membutuhkan tips dan triknya sendiri agar ibadah puasa tetap aman dan tidak batal di tengah jalan. 

Salah satu Senior Staf Dokter dari Departemen Kedokteran Olahraga dan Latihan di Rumah Sakit Umum Changi (CGH), Dr. Fadzil Hamzah, menyebutkan bahwa olahraga saat puasa Ramadan justru dianjurkan. 

"Olahraga saat puasa Ramadan aman untuk semua orang. Aktivitas fisik dan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, aman dan dianjurkan untuk semua orang. Tetap aktif meski sedang berpuasa. Jangan berhenti berolahraga, tetapi buatlah rencana aktivitas fisik yang realitis," ujar Dr. Fadzil Hamzah dikutip DISWAY JOGJA dari healthxchange. 

BACA JUGA : Hukum Menelan Air Ludah, Dahak dan Ingus Saat Puasa, Simak Penjelasan Berikut!

Anjuran untuk tetap olahraga saat puasa Ramadan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sederet manfaat akan didapat. 

Beberapa manfaat yang didapat di antaranya adalah menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga dan meningkatkan kekuatan daya tahan otot, mengurangi kelelahan dan kelesuan, dan sebagainya. 

Setelah mengetahui manfaat, selanjutnya adalah mengulik tentang tips dan trik agar tetap aman berolahraga saat puasa Ramadan. 

BACA JUGA : Wajib Dicoba! 7 Masakan Khas Ramadhan Dari Berbagai Daerah di Indonesia, Simak Ulasannya Disini

Tips dan trik untuk berolahraga saat puasa Ramadan dibagi menjadi dua, yakni bagi orang yang memiliki gaya hidup kurang aktif dan orang yang memiliki gaya hidup aktif. Berikut adalah ulasan lengkapnya.  

Orang yang Memiliki Gaya Hidup Kurang Aktif 

Tips dan trik ini cocok untuk kalian yang misalnya menjadi ibu rumah tangga dan jarang melakukan olahraga selain pekerjaan rumah. 

Ada beberapa aktivitas yang bisa kalian coba untuk tetap berolahraga saat puasa Ramadan. Apa sajakah itu? 

BACA JUGA : Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 Area Kabupaten Tegal 1445H, Semangat Puasanya Ya

1. Melakukan pekerjaan rumah tangga dengan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, menyedot debu atau mengepel lantai, menbersihkan kamar mandi, dan sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthxchange.com