Anak Kost Wajib Simak! Ini Dia Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Untuk Anak Kost,Harga Ramah di Kantong!

Anak Kost Wajib Simak! Ini Dia Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Untuk Anak Kost,Harga Ramah di Kantong!

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Untuk Anak Kost,Harga Ramah di Kantong!--Google.com

JOGJA DISWAY - Anak kos sering mencari makanan yang terjangkau secara finansial. Hal ini juga berlaku untuk menu buka puasa. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu berbuka puasa yang ramah di kantong.

Meskipun mereka jauh dari rumah, anak kos tidak menjadi malas dalam menjalankan ibadah puasa. Mereka tetap semangat menjalani ibadah puasa hingga tiba waktunya azan Magrib berkumandang.

Namun, tantangan bagi anak kos adalah bagaimana memilih makanan buka puasa yang enak namun tetap terjangkau harganya. Tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan makanan yang memiliki harga terjangkau namun tetap lezat.

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

Yuk, langsung saja simak beberapa rekomendasi menu berbuka puasa yang ramah di kantong:

1.       Nasi Goreng

Jika Anda bosan dengan nasi putih, nasi goreng bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menu buka puasa. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan bahan-bahan sederhana seperti nasi putih, bumbu nasi goreng instan, dan topping tambahan seperti sosis, bakso, atau ayam.

Jika Anda malas untuk memasak sendiri, Anda juga dapat membelinya secara langsung karena harganya terjangkau.

2.       Omelet Mie

Menu berbuka puasa ini memang sudah umum di kalangan anak kos, yaitu omelet mi. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat sederhana dan mudah didapat, seperti telur, mi instan, sosis, dan cabai.

Jika Anda memilih untuk membelinya, omelet mi juga biasanya dijual dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA : Otentik Dan Enak, Wisata Terbaru 2024 Kuliner Malam di Bandung Yang Menggugah Selera

3.       Sop Ayam

Saran menu berbuka puasa untuk anak kos ini tidak hanya ekonomis, tetapi juga dapat meningkatkan asupan nutrisi. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasar, termasuk wortel, kentang, kol, buncis, bawang merah, dan bawang putih.

Jika Anda ingin lebih praktis, saat ini tersedia paket sop instan yang sudah siap pakai di pasaran.

4.       Tempe Orek

Menu berbuka puasa ini sangat mudah disiapkan. Bahan utamanya hanya tempe, cabai, kecap, bawang merah, dan gula merah.

Proses memasaknya dilakukan dalam dua tahap: pertama, menggoreng tempe terlebih dahulu, lalu menggongsengnya bersama dengan bumbu kecap dan bahan lainnya.

Selain mudah disiapkan, menu buka puasa ini juga merupakan sumber protein nabati yang kaya.

5.       Sate Ayam

Sate ayam juga dapat menjadi alternatif menu berbuka puasa ketika Anda bosan dengan makanan yang monoton.

Makanan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, dan dinikmati bersama dengan lontong atau nasi.

BACA JUGA : Selain Dodol, Berikut 11 Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Garut? Paling Populer dan Enak, Cobain kuy!

Selain itu, variasi sate juga cukup beragam, tidak hanya terbatas pada sate ayam, tetapi juga ada sate dari daging sapi atau kambing.

6.       Bakso

Dihidangkan dalam kuah hangat dengan rasa gurihnya, bakso adalah salah satu comfort food yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan cocok untuk menu berbuka puasa.

Makanan ini mudah ditemukan dijual di pinggir jalan atau dapat juga disiapkan sendiri dengan menggunakan bakso beku dan mi instan.

Tidak hanya berkuah, bakso juga bisa disajikan dalam bentuk digoreng atau dibakar. Terdapat beragam pilihan daging untuk bakso, mulai dari daging ayam, daging sapi, hingga bakso dengan daging ikan.

Meskipun bahan dasarnya berbeda, proses pengolahan bakso umumnya serupa.

7.       Es Kelapa

Tidak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa adanya minuman yang menyegarkan. Salah satu favorit di bulan Ramadan adalah es kelapa, yang mampu menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa.

Selain menyegarkan, kelapa juga memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh, seperti membersihkan racun dalam tubuh, mencegah diare, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi kolesterol jahat. Harga es kelapa juga terjangkau bagi anak kos, berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000.

BACA JUGA : Bikin Nagih! Kuliner Wisata Terbaru 2024 Bogor, Dari Roti Strudel Austria Hingga Asinan, Yakin Nggak Ngiler?

Nah, itulah beberapa rekomendasi menu berbuka puasa untuk anak kost dengan harga yang ramah di kantong. Kira-kira menu mana yang menjadi favoritmu? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: