Simak 4 Resep Makanan Ringan Simple yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Paling Favorit dan Mudah Dibuat!

Simak 4 Resep Makanan Ringan Simple yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Paling Favorit dan Mudah Dibuat!

Simak 4 Resep Makanan Ringan Simple yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa-Tirachard-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Saat Ramadhan, waktu berbuka menjadi waktu yang paling dinantikan. Sehingga banyak orang yang menyiapkan berbagai hal termasuk jenis menu untuk berbuka puasa.

Beberapa orang ada yang memilih untuk menyantap menu berbuka puasa dengan makanan ringan terlebih dahulu agar perut tidak ‘kaget’.

Tapi jangan khawatir kamu tidak perlu membeli alias kamu bisa mencobanya dirumah biar lebih hemat. Penasaran makanan apa saja yang cocok untuk menu berbuka puasa dan bagaimana resepnya?

Berikut adalah beberapa resep makanan ringan untuk menu berbuka puasa yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

1. Kolak Pisang Ubi

Buka puasa rasanya tidak lengkap kalau tidak ada kolak. Wajar saja jika kolak menjadi menu buka puasa favorit banyak orang karena memang rasanya yang enak dan tidak repot untuk di buat.

Cara membuat: siapkan ubi kuning sekitar 300 gram dan 2 buah pisang. Kemudian kupas dan potong ubi, lalu di rebus dengan ditambahkan gula merah dan daun pandan.

Lanjut tambahkan pisang yang sudah di iris, tunggu hingga tekstur ubi dan pisang melunak, kemudian tambahkan santan untuk menambah cita rasa gurih. Lalu kolak pisang ubi siap untuk di sajikan.

2. Martabak Tahu Telur

Buka puasa paling nikmat jika dilengkapi dengan makanan yang gurih renyah, khususnya gorengan. Kamu bisa mencoba membuat sendiri di rumah makanan sederhana satu ini yaitu martabak tahu telur.

Tenang saja untuk resep makanan ini mudah dan rasanya lezat dijamin jadi favorit anggota keluarga.

Cara membuat: pertama siapkan bahan utama tahu putih besar 1 buah dan bahan pelengkap seperti wortel, daun bawang, telur, dan kulit lumpia.

Kemudian haluskan tahu menggunakan garpu, lanjut tumis tahu, wortel dan daun bawang aduk rata dengan ditambahkan penyedap rasa. Jika sudah, sisihkan tahu tumis ke dalam mangkuk dan masukkan 1 butir telur, aduk rata.

Letakkan tahu yang sudah di tumis keatas kulit lumpia, lipat lalu beri olesan putih telur untuk merekatkan. Setelah semuanya selesai, goreng martabak tahu telur dengan minyak yang sudah di panaskan, lalu siap di hidangkan.

BACA JUGA : Otentik dan Bersejarah? Wisata Terbaru 2024 Kuliner Jakarta Yang Wajib Kamu Coba, Simak Ulasan Lengkapnya Ini!

3. Nugget Pisang

Nugget pisang merupakan salah satu menu yang populer saat bulan puasa. Pasalnya makanan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu puasa atau cemilan saat waktu berbuka.

Cara membuat: siapkan buah pisang kepok sekitar 4 buah lalu kupas dan potong menjadi 4 bagian. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, gula pasir, dan garam secukupnya dalam sebuah mangkuk dan aduk rata.

Kemudian kocok telur hingga mengembang, lalu tambahkan ke dalam campuran tepung yang sudah dicampur. Aduk hingga tercampur rata.

Lanjut, celupkan potongan pisang ke dalam adonan tepung panir hingga terbalut rata, lalu goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Sajikan nuget pisang dalam piring dan beri hiasan atau topping sesuai selera.

4. Lumpia Sayur

Lumpia sayur adalah salah satu jajanan kaki lima yang bisa kamu temui di pasar maupun toko kue, namun kamu bisa membuat sendiri dirumah untuk menu buka puasa dengan resep berikut.

Cara membuat: siapkan sayuran untuk isi lumpia seperti wortel, taoge, rebung, daun bawang, dan kulit lumpia. Kemudian tumis sayuran yang sudah di potong-potong hingga harum dan sayuran layu.

Selanjutnya, tambahkan kecap asin dan minyek wijen sesuai selera aduk kembali hingga semua bahan matang. Jika dirasa sudah matang angkat dan diamkan.

Letakkan adonan isian pada kulit lumpia dan lipas sisi kanan dan ke kiri lalu gulung, rekatkan ujungnya denga putih telur, lanjut goreng.

Nah, diatas adalah rekomendasi resep makanan ringan simple yang cocok untuk menu buka puasa. Mana nih yang jadi favoritmu?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: