Memahami Keunikan Pernikahan dan Sesarahan di Berbagai Daerah di Indonesia

Memahami Keunikan Pernikahan dan Sesarahan di Berbagai Daerah di Indonesia

Memahami Keunikan Pernikahan dan Sesarahan di Berbagai Daerah di Indonesia--

DISWAY JOGJA - Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman budaya, termasuk tradisi pernikahan dan sesara. Setiap daerah mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri dalam pesta pernikahan dan upacara pernikahan.

12 acara pernikahan dan pernikahan unik di Indonesia

1. Pernikahan adat Batak

Pernikahan adat Batak terkenal dengan upacara adatnya yang megah dan penuh makna. Sesara pernikahan adat Batak biasanya terdiri dari berbagai jenis pakaian luar yang memiliki nilai simbolis dan spiritual bagi orang Batak.

BACA JUGA : 10 Seserahan Pernikahan Adat Sunda, Simpel Namun Berkesan! Cek Selengkapnya Ulasan Berikut

2. Pernikahan Adat Jawa

Pernikahan Adat Jawa juga mempunyai keistimewaan tersendiri dimana persembahannya berupa berbagai macam barang seperti nasi kuning, sirih, gambir dan uang. Prosesi pernikahan adat Jawa juga disusul dengan live tari dan musik tradisional Jawa.

3. Perkawinan Adat Minangkabau

Perkawinan Adat Minangkabau dikenal sebagai tradisi adat matriarkal dimana suami mengalihkan harta dan kekayaan kepada istri. Upacara pernikahan adat Minangkabau biasanya terdiri dari kain tenun dan berbagai makanan khas Minang.

BACA JUGA : 9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Betawi, Simpel Penuh Makna!

4. Pernikahan Adat Bali

Pernikahan Adat Bali terkenal dengan tradisi seremonialnya yang kental dengan nilai-nilai agama dan budaya Hindu. Sesara dalam pernikahan adat Bali biasanya terdiri dari aneka buah-buahan, bunga, uang, dan perhiasan emas.

5. Pernikahan Adat Toraja

Pernikahan Adat Toraja terkenal dengan upacara adatnya yang berlangsung beberapa hari dan melibatkan seluruh masyarakat setempat. Lamaran pernikahan adat Toraja biasanya terdiri dari hewan ternak seperti kerbau dan babi serta kain tenun adat Toraja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: