9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Betawi, Simpel Penuh Makna!

9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Betawi, Simpel Penuh Makna!

Seserahan Pernikahan Adat Betawi-instagram @raymier.kreasi-

DISWAY JOGJA - Betawi merupakan salah satu suku di Indonesia yang  berada di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya. Tidak jauh berbeda dengan suku-suku lainnya, Betawi juga memiliki adat dalam prosesi pernikahannya. Salah satu rangkaian dalam pernikahan adat Betawi adalah Seserahan.

Seserahan pernikahan adat Betawi merupakan segala sesuatu yang diberikan dari pihak laki-laki ke pihak perempuan sebagai bentuk kesiapan dan rasa tanggung jawab pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan. Seserahan dilakukan karena adanya persetujuan antara pihak keluarga laki-laki dengan keluarga perempuan yang dilaksanakan sebelum akad nikah. Seserahan ini diberikan sebagai bentuk simbolik yang memiliki makna.

Seserahan pernikahan adat Betawi yang diberikan oleh pengantin laki-laki sebagai bentuk simbolik pengantin laki-laki sanggup dan bertanggung jawab memenuhi kebutuhan rumah tangga kedepannya. Selain itu, Seserahan menjadi tanda penghormatan kepada pengantin perempuan karena telah pandai menjaga dirinya dengan baik.

Seserahan pernikahan adat betawi berbentuk barang isinya ada mahar/mas kawin. Mahar/mas kawin ini berupauang atau perhiasan, atau kombinasi keduanya tergantung kemampuan dari mempelai laki-laki. serta barang kebutuhan calon pengantin perempuan, seperti alat-alat makeup, pakaian, dan sepatu.

Di dalam seserahan pernikahan adat Betawi ada juga miniatur masjid yang berisi uang belanja, bekal pesta resepsi untuk keluarga calon mempelai perempuan. Simbol masjid memiliki makna orang Betawi sangat dekat agama. Dan miniatur kapal yang berisi buah-buahan, seperti pisang raja, jeruk, dan kecapi. Simbol kapal ini memiliki makna rumah tangga bagaikan kapal yang terkadang diterpa gelombang kehidupan.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi! Wisata Terbaru 2024 Kuliner Terpopuler dan Legendaris, Wajib Dicoba!

Berikut 9 rekomendasi seserahan pernikahan adat betawi yang bisa kamu siapkan sebelum menikah, walaupun simpel tetapi penuh dengan makna :

1. Roti Buaya

Roti Buaya merupaan seserahan pernikahan adat Betawi yang wajib ada, karena masyarakat Betawi percaya bahwa pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan hanya dilakukan satu kali saja. Seperti halnya dengan buaya yang hanya menikah sekali seumur hidupnya. Jadi, roti buaya diartikan sebagai simbol kesetiaan sekaligus kemapanan ekonomi dalam sebuah ikatan pernikahan. Roti tawar ini berbentuk buaya yang memiliki ukuran kurang lebih 50 cm dan dibawa oleh calon mempelai laki-laki untuk diberikan kepada calon mempelai perempuan.

2. Perhiasan

Perhiasan merupakan perlengkapan seserahan yang wajib saat pernikahan. Bisa berisi satu set perhiasan atau terpisah, seperti cincin, kalung atau anting-anting sesuai kemampuan calon pengantin laki-laki. Perhiasan ini memiliki makna bahwa mempelai laki-laki bertanggung jawab menjamin kehidupan mempelai perempuan nantinya agar terus terang dan berkilau.

BACA JUGA : Kamu Ingin Menikah di Tahun 2024? 5 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan, yang Wajib Kamu Siapkan!

Perhiasan seperti cincin emas merupakan simbol kekayaan, kemewahan, dan komitmen dalam pernikahan yang  memiliki makna kemampuan pengantin laki-laki untuk memberikan masa depan yang cerah bagi pengantin perempuan.

3. Kain Batik

Seserahan ini  diberikan oleh calon mempelai laki-laki kepada pihak perempuan. Kain batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki makna berisi pengharapan.

4. Beras

Beras adalah simbol kelimpahan dan kesuburan dalam pernikahan. Dalam tradisi Betawi, beras juga dapat mencerminkan kemampuan pengantin untuk menghidupi keluarga baru mereka.

5. Sirih Embun

Seserahan ini berisi seperangkat sirih lengkap yang dihias dengan cantik, sebagai simbol penghargaan dan penghormatan kepada keluarga mempelai perempuan.

6. Pisang Raja

Seserahan berupa pisang raja akan dihantarkan oleh keluarga laki-laki. Pisang raja memiliki makna kesuburan. Dengan membawa pisang raja, diharapkan kedua calon pengantin bisa segera diberikan keturunan setelah menikah.

BACA JUGA : Ini Daftar Barang yang Harus Ada di Seserahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

7. Buah-buahan

Buah-buahan untuk seserahan ini terdiri dari pisang raja, jeruk, apel, dan anggur. Buah-buahan tersebut merupakan simbol kemakmuran serta memilki makna bahwa kedua pengantin akan memberikan buah atau berkah untuk keluarga dan orang-orang disekitarnya.

8. Perlengkapan Baju

Selain dari adat Betawi, seserahan ini juga dibawa oleh adat-adat pernikahan lainnya diberbagai suku di Indonesia. Perlengkapan baju yang diberikan terdiri dari pakaian, sandal, tas yang akan dipakai oleh pengantin perempuan.

9. Sirup Merah

Selain membawa roti buaya dan daun sirih, pelengkap seserahan pernikahan adat Betawi yaitu sirup merah yang dibawa oleh calon mempelai laki-laki.

Itulah seserahan pernikahan adat Betawi yang dapat kamu siapkan sebelum menikahi perempuan Betawi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: