10 Seserahan Pernikahan Adat Sunda, Simpel Namun Berkesan! Cek Selengkapnya Ulasan Berikut

10 Seserahan Pernikahan Adat Sunda, Simpel Namun Berkesan! Cek Selengkapnya Ulasan Berikut

Seserahan Pernikahan-instagram @hantarannikah.sda-

DISWAY JOGJA - Seserahan pernikahana adat sunda merupakan hadiah yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan sebagai simbol bahwa mempelai laki-laki siap dan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan istrinya. Penyerahan seserahan ini biasanya dilakukan dalam upacara ngeuyeuk seureuh, di mana terjadi proses meminta restu kedua orangtua.

Dalam adat Sunda, prosesi seserahan dilakukan 3 hari atau seminggu sebelum pernikahan. Calon pengantin laki-laki akan didampingi oleh keluarganya beserta sanak saudara untuk menyampaikan keinginannya meminang calon pengantin perempuan. Dalam adat Sunda, acara penyerahan seserahan ini disebut dengan neundeun omong.

Barang seserahan yang diberikan oleh calon pengantin lali-laki kepada calon pengantin perempuan merupakan barang yang sudah didiskusikan terlebih dahulu sesuai selera calon pengantin perempuan, agar barang tersebut bermanfaat di kehidupan setelah menikah. Penyerahan seserahan pernikahan adat Sunda biasanya dilakukan sebelum hari pernikahan dilangsungkan.

BACA JUGA : 9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Betawi, Simpel Penuh Makna!

Berikut 10 seserahan pernikahan adat sunda yang simpel namun berkesan :

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkaapan ibadah merupakan seserahan pernikahan adat sunda yang paling wajib, biasanya terdiri dari Al-Quran, Mukenah, Sajadah, Tasbih. Seserahan ini memiliki makna diharapkan calon pengantin laki-laki dapat menjadi imam yang baik di rumah tangganya.

2. Perhiasan

Seserahan pernikahan adat sunda berupa perhiasan biasanya terdiri dari, kalung, cincin, anting-anting dan gelang sesuai kemampuan dari calon pengantin laki-laki. Seserahan ini memiliki makna harapannya pernikahan ini akan bersinar dan berkilau layaknya emas.

3. Perlengkapan Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Perawatan Tubuh yang dimaksud adalah Perlengkapan mandi, biasanya terdiri dari handuk, sabun mandi, sampo, lulur, pembersih wajah, sikat gigi, dan pasta gigi. Seserahan perlengkapan mandi memiiki makna agar mempelai perempuan dapat menjaga kebersihan diri dan keluarganya setelah menikah.

Sedangkan, perlengkapan kecantikan yang dimaksud adalah skincare yang terdiri dari krim pagi, krim malam, toner, serum, pelembab, pembersih muka, masker wajah, handbody, dan lain-lain sesuai kebutuhan mempelai perempuan.

4. Perlengkapan Makeup

Perlengkapan makeup biasanya terdiri dari bedak, lipstik, pensil alis, maskara, eyeliner, foundation, dan lain-lain sesuai kebutuhan pengantin perempuan. Seserahan ini memiliki makna agar pengantin perempuan dapat menjaga kecantikannya untuk suaminya dan teguh pendirian dalam situasi apapun.

BACA JUGA : 10+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Kuningan? Terlezat dan Legendaris, Dijamin Bikin Ketagihan!

5. Setelan Pakaian

Setelan pakaian untuk seserahan pernikahan adat sunda biasanya terdiri dari baju formal, baju kerja, baju muslimah, baju pesta, baju atasan, bawahan, jilbab dan lain-lain.

6. Jajanan Khas Sunda

Jajanan untuk seserahan berupa kue basah ataupun kering  seperti surabi, kue bugis, ali agrem, burayot, dan camilan khas sunda lainnya.

7. Buah-buahan Segar

Buah-buahan yang digunakan biasanya buah anggur, pisang, jeruk, apel, salak, buah pir dan buah-buahan lainnya yang segar tidak boleh busuk. Seserahan ini memiliki makna harapannya agar pernikahan tersebut dapat membawa keberkahan bagi orang-orang di sekitarnya.

8. Pakaian Dalam dan Baju Tidur

Seserahan pakaian dalam biasanya berupa 2 atau 3 set bra dan celana dalam, lingerie serta baju tidur yang dikemas dalam bentuk menarik.

9. Alas Kaki dan Tas

Alas kaki yang dimaksud yaitu berupa sepasang sandal atau sepatu formal seperti high heels, sepatu model oxford, atau sepatu kantoran. Serta tambahan tas seperti jenis tas untuk bekerja atau berpergian, sling bag, hand bag, shoulder bag, clutch, ataupun mini bag. Keduanya dikemas dengan rapih dan menarik.

10. Kain Batik dan Kebaya

BACA JUGA : Tradisi Seserahan Pernikahan Dalam Adat Jawa? Cek Ulasan Lengkapnya Disini Yuk!

Sama seperti pada Adat Jawa, dalam seserahan pernikahan adat sunda juga terdapat kain batik dan kebaya, biasanya berupa bahan kebaya seperti brukat atau kebaya yang sudah jadi. Sedangkan untuk kain batiknya bisa berupa rok atau kain lilit. Seserahan ini memiliki makna keanggunan dan kecantikan untuk calon pengantin perempuan.

Itulah beberapa Seserahan Pernikahan Adat Sunda yang bisa kamu siapkan sebelum menikahi perempuan sunda. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: