Negeri Seribu Air Terjun? Wisata Terbaru 2024 Di Karanganyar, Wajib Kamu Kunjungi Cek Simak Ulasan Lengkapnya!

Negeri Seribu Air Terjun? Wisata Terbaru 2024 Di Karanganyar, Wajib Kamu Kunjungi Cek Simak Ulasan Lengkapnya!

Grojogan Sewu-idntimes.com-

DISWAY JOGJA–Menawarkan pesona alam yang beragam, mulai dari pegunungan yang hijau, air terjun, pegunungan, hingga hamparan sawah yang menghijau. Karanganyar memiliki obyek wisata terbaru 2024 yang cocok untuk melepas penat.

Berada di kaki Gunung Merbabu, menjadikan Karanganyar sebagai salah satu daerah yang memiliki air terjun dan mendapat julukan Karanganyar Negeri Seribu Air Terjun. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 harus kamu kunjungi saat berada di Karanganyar.

BACA JUGA : Menelusuri The Heritage Palace, Wisata Terbaru 2024 Solo! Simak Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitasnya

Grojogan Sewu

Salah satu tempat wisata terbaru 2024 yang terkenal dan populer di Kabupaten Karanganyar adalah Grojogan Sewu. Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 81 meter dan panorama keindahan alam yang memanjakan mata.

Terdapat dua pintu masuk yang menjadi keunikan dari air terjun sebagai wisata terbaru 2024 ini. Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang, sedangkan pintu masuk kedua berada di dekat River Hill.

Pada pintu masuk yang pertama, jalurnya berupa anak tanggayang berjumlah kurang lebih 1000 anak tangga. Kemudian pada pintu masuk yang kedua jalurnya cukup landai, sedikit menanjak, dan disertai bebatuan.

Lokasi wisata ini berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan sewu buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Rentang harga tiket masuknya yaitu Rp20.000 – Rp110.000.

Air Terjun Parang Ijo

Nama air terjun ini berasal dari kata Parang yang berarti tebing dan Ijo berarti hijau jika digabungkan Parang Ijo memiliki arti Tebing Hijau. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, airnya mengalir di antara tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau.

Air Terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Wisata ini buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 09.00-16.00 WIB. Sementara itupada hari minggu Air Terjun Parang Ijo buka pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Untuk harga tiket masuk sendiri hanya Rp 5.000 per orang dengan fasilitas kamar mandi, gazebo, mushola, kantin, wahana permainan, dan parkiran.

BACA JUGA : Warung Langganan Presiden Jokowi? Ini Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Solo, Dijamin Nagih!

Tenggir Park

Alam yang masih hijau asri serta kesejukan udaranya menjadi daya tarik tersendiri dari Tenggir Park. Di wisata ini ada beberapa wahana untuk dijelajahi, seperti taman, hutan pinus, rumah Honai, air terjun bidadari, wahana permainan, kolam renang, rumah pohon, dan banyak lagi.

Spot foto lainnya yang ada di Tenggir Park yang tidak boleh ketinggalan selanjutnya adalah taman bunga. Ada banyak sekali bunga yang berwarna -warni. Bunga-bunga tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis dan juga warnanya.

Wisata Tenggir Park juga difasilitasi tempat parkir, mushola, kamar mandi, warung makan dan camping ground. Wisata alam ini berlokasi di Tambak, Desa Berjo, Ngargoyoso dan buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket untuk masuk Tenggir Park kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 saja.

Air Terjun Pringgodani

Obyek wisata terbaru 2024 di Karanganyar ini menawarkan keindahan berupa 2 tingkat air terjun berketinggian lebih dari 100 m. Air terjun Pringgondani jauh lebih tinggi dan spektakular dari pada Grojogan Sewu.

Tempat ini konon merupakan petilasan tokoh setempat yakni Eyang Cokronegoro. Di sebelahnya terdapat mata air Sendang Pengantin yang disakralkan penduduk yang terdiri atas tujuh kucuran air dari lereng bukit.

Sendang itu sendiri berada di atas air terjun, dan tempat inilah yang biasanya dikunjungi. Sedangkan air terjunnya hanya bisa dilihat dari kejauhan karena lokasinya yang sulit dijangkau. Untuk dapat mencapai lokasi pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan naik turun di pinggir tebing curam sejauh kurang lebih 1 km dari jalan raya.

BACA JUGA : Hidden Gem Solo Jadi Tempat Wisata Terbaru 2024? Gas Kepoin Spot Healing Dan Refreshing Terbaik Bikin Betah!

Air Terjun Kedung Sriti

Air terjun ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, dengan ketinggian kurang lebih 10 meter. Airnya mengalir jernih dan deras yang menambah suasana di sana cocok untuk dijadikan tempat melepas lelah sambil mendengar suara gemericik air terjun.

Pengunjung juga bisa berendam di bawah air terjun. Untuk yang ingin datang ke sini, harus berhati-hati saat menuju air terjun, karena pengunjung berjalan kaku menyusuri jalan setapak berupa tanah dan sedikit curam.

Lokasi air terjun ini berada di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00-17. WIB secara gratis

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 di Karanganyar, air terjun mana yang ingin kamu jelajahi dalam waktu dekat? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: