Jelajahi Keindahan Seni Jogja? Wisata Terbaru 2024: Cocok Untuk Liburan Sambil Belajar Seni Budaya Estetik!

Jelajahi Keindahan Seni Jogja? Wisata Terbaru 2024: Cocok Untuk Liburan Sambil Belajar Seni Budaya Estetik!

Wisata seni dan budaya 2024 Yogyakarta paling populer-Royale Travel-google

DISWAY JOGJA - Berbicara tentang destinasi wisata terbaru 2024, Jogja selalu menawarkan sesuatu yang baru dan menarik disetiap tahunnya.

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang paling diminati oleh banyak orang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Siapa sih yang nggak jatuh cinta sama Kota Yogyakarta? Kota yang jadi gudangnya para seniman ini memang punya daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Jogja tidak hanya memiliki Malioboro dan Parangtitis saja, ada banyak tempat wisata terbaru 2024 yang bisa kamu jelajahi, khususnya bagi kamu yang pecinta seni di Jogja ini ada beberapa rekomendasi wisata seni dan budaya. Lalu apa saja?

BACA JUGA : Pengalaman Baru Trip ke Wisata Terbaru 2024 Bromo! Ada Kawah Hingga Pasir Berbisik, Pernah Kesana Belum?

Buat kamu yang tertarik mengunjungi wisata seni dan budaya Jogja, yuk simak rekomendasinya dibawah ini.

1. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta dikelola oleh keluarga Hadi Nugroho. Letaknya di Jalan Dr. Sutomo ini menyimpan berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Batik Yogyakarta, Indramayu, sampai daerah-daerah pengrajin batik Indonesia lainnya.

Berbagai koleksi batik di museum ini sangat beragam, yaitu seperti kain panjang, sarung dan sebagainya yang sampai sekarang telah mencapai jumlah 400 lembar kain batik yang dilengkapi dengan beberapa peralatan membatik.

Asal kamu tahu, bahkan ada koleksi batik tertua di Museum Batik Yogyakarta ini yaitu batik karya tahun1700-an.

Tidak usah khawatir kamu hanya perlu membayar Rp. 30.000 untuk tiket masuk. Museum ini buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB.

2. Jogja National Museum

Rekomendasi wisata terbaru 2024 bagi kamu pecinta seni yaitu Jogja National Museum. Tempat ini merupakan tempat bagi puluhan pajangan lukisan, patung, dan seni kriya.

Didirikan diatas lahan seluas 1,4 hektar, Jogja National Museum menjadi tempat para seniman muda dan peserta residensi seni memamerkan berbagai karya.

Museum ini juga memiliki galeri khusus yang diberi nama Gallery For Citizens, yang ditujukan untuk para seniman pemula menggelar pameran gratis.

Jogja National Museum berada di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No. 1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Ypgyakarta. Bisa dikunjungi pada pukul 09.00-16.30 WIB setiap hari Senin-Sabtu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Temanggung Terhits? Menjajal Jembatan Bambu Tereksotis Yang Pernah Ada, Wajib Kamu Coba!

3. Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Budaya Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang sebaiknya wajib dimasukkan ke daftar list wisata terbaru 2024 ketika liburan di Kota Jogja.

Disini kamu bisa menikmati beragam koleksi barang seni dua dimensi dan tiga dimensi yang tersimpan disini. Seperti, lukisan tradisi, lukisan kontemporer, poster, hingga koleksi patung batu andesit serta benda kayu dan furnitur.

Bangunan yang diresmikan pada tahun 1982 ini seringkali dipakai untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan yang berbeda-beda tiap bulannya.

Bentara Budaya Yogyakarta buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat pukul 10.000-16.00 WIB. Jangan khawatir, lokasinya berada di tengah kota sehingga akan mempermudah akses jalan ke sana.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Dago Bakery Punclut: Jelajahi Kuliner Istimewa Dengan Suasana Unik Ala Eropa!

4. Keraton Yogyakarta

Berkunjung ke Keraton Yogyakarta bisa menjadi pilihan utama ketika kamu ingin melihat seni dan kebudayaan budaya Jawa. Dari sini kamu dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana Jawa terus hidup serta dilestarikan.

Mengingat, Keraton Yogyakarta sendiri merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya, Keraton Yogyakarta juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut.

Tempat wisata kesenian dan budaya 2024 ini buka setiap hari Selasa sampai hari Minggu (Senin tutup) mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Selain empat wisata seni budaya 2024 paling populer diatas, Yogyakarta juga masih punya banyak tempat wisata seni budaya lainnya. Sebagai generasi muda, mari ikut lestarikan budaya dan kesenian lokal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: