Wisata Terbaru 2024 di Toraja, Dua Diantaranya Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia Simak Ulasannya

Wisata Terbaru 2024 di Toraja, Dua Diantaranya Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia Simak Ulasannya

Wisata terbaru 2024 sejaah dan budaya di Toraja--

DISWAY JOGJA - Tempat wisata terbaru 2024 di Toraja Utara sudah sangat terkenal hingga ke seluruh pelosok Nusantara bahkan wisatawan mancanegara. Keunikan budaya dan dan cerita sejarahnya membuat Toraja Utara harus masuk bucket list kamu untuk liburan nih!

Toraja Utara merupakan daerah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja. Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan tersebut sangat layak masuk bucket list tempat wisata terbaru 2024 di Indonesia untuk musim liburan.

Dibawah ini ada 5 rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 yang ada di Kabupaten Toraja Utara. Penasaran dimana saja, bukan? Yuk simak informasinya disini.

BACA JUGA : Eksplore di Sulawesi Selatan: Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Untuk Libur Lebaran

1. Wisata Kete Kesu

Salah satu tempat wisata terbaru 2024 di Toraja Utara yang cukup populer adalah Desa Wisata Kete Kesu. Kekentalan adat istiadat masih terjaga dengan baik dan beberapa peninggalan sejarahnya juga dapat dijadikan wisata edukasi.

Di desa ini pengunjung akan disuguhi pemandangan deretan rumah adat Tongkonan yang berjejer rapi. Deretan rumah adat Khas Toraja yang apik ini sehingga sering dijadikan spot foto para wisatawan yang berkunjung.

Desa wisata Kete Kesu didalamnya juga terdapat beberapa peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang sudah berumur ratusan tahun. Bahkan situs prubakala tersebut sudah diakui Oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Adat istiadat masih terjaga dan masih dipegang teguh oleh masayarakat, pengunjung yang datang diwajibkan untuk menjaga sikap mentaati segala aturan yang ada di desa wisata terpopuler favorit ini.

Akses ke Desa Wisata Kete Kesu tidak sulit dan tidak jauh dari pusat kota Rantepao. Pengunjung yang ingin datang bisa menggungunakan kendaraan pribadi/umum. Tiket masuk ke desa wisata hanya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 wisatawan mancanegara.

Sebelum meninggalkan desa ini, jangan lupa untuk membeli aneka souvenir khas Toraja. Di tempat wisata terbaru Desa Wisata Kete Kesu terdapat beragam jenis karya seni ukir dan pahat bahkan sudah terkenal hingga ke berbagai negara.

BACA JUGA : Surga Tersembunyi Sulawesi Utara? 9 Wisata Terbaru 2024, Destinasi Dengan Pesona Menakjubkan nan Eksotis!

2. Wisata Museum Ne' Gandeng

Tempat wisata edukasi bernuansa museum lainnya yang menarik dikunjungi di Toraja Utara adalah Museum Ne' Gandeng. Lokasi museum ini tepatnya berada di Lembang Palangi, Kecamatan Balusu.

Museum ini memiliki berbagai koleksi berupa benda bersejarah dari suku Toraja, diantaranya terdiri dari batu menhir, patung Ne’Gandeng, patung kerbau dan gong belang.

Di Museum Na’Gandeng juga terdapat beberapa pondok yang bentuknya seperti rumah adat Tongkonan bisa masuk ke dalam rumah adat Toraja yaitu Tongkonan. Pengunjung yang datang bisa masuk ke rumah tersebut sekaligus melihat isi bangunannya.

Lokasi Museum Ne' Gandeng hanya berjarak 10 km dari pusat kota Rantepo atau menempuh 15 menit perjalanan. Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 10.000 dan wisatawan mancanegar Rp 20.000, sangat terjangkau bukan?

3. Wisata Kuburan Londa

Berlibur ke Toraja rasanya kurang afdol kalau belum mengunjungi objek wisata unik berupa pemakaman Londa. Lokasi tempat wisata Kuburan Londa terletak di Toraja Utara, wisata ini termasuk unik dan menarik untuk dikunjungi.

Londa merupakan goa tempat pemakaman masyarakat Toraja, yang didalamnya terdapat berbagai peti mati, tulang belulang serta tengkorak jenazah yang sudah ratusan tahun.

Di dinding bukit goa Londa peti jenazah disusun sedemikian rupa, semakin tinggi letak petinya maka semakin tinggi juga derajat kebangsawaran si jezah tersebut.

Objek wisata ini terletak di pusat kota Rantepao, tepatnya di Kecamatan Sanggalangi. Untuk menuju kesana hanya 10 menit dengan menggunakan alat transportasi.

Tiket masuk ke tempat wisata paling populer ini hanya Rp 10.000 yang berlaku untuk wisatawan lokal maupun mancangeara. Kalau pengunjung ingin masuk ke dalam goa dan melihat langsung isi didalamnya, harus menyewa pemandu dengan tarif berkisar Rp 25.000-50.000 lengkap dengan alat penerangan.

BACA JUGA : Banyak Surga Tersembunyi, Inilah 5 Wisata Baru Terhits 2024 yang ada di Gowa Sulawesi Selatan

4. Wisata Kompleks Megalitikum Kalimbuang Bori

Di sebelah utara Rantepao terdapat sebuah situs yang mirip dengan stonehenge di Inggris, yang berisi hamparan batuan besar. Bebatuan tersebut merupakan peninggalan zaman purba dan situs ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu tempat wisata trending bersejarah warisan dunia.

Tempat ini biasanya dijadikan tempat upacara pemakaman bagi para pemuka adat atau keluarga bangsawan yang meninggal. Kalau beruntung, pengunjung juga bisa melihat proses pemotongan hewan kerbau untuk upacara adat di tempat ini.

Di sekitar bebatuan juga ada beberapa rumah adat Tongkonan dan bangunan yang dinamakan Balakkayang, biasanya tempat tersebut digunakan untuk menyantap daging hewan kurbam.

Lokasi wisata paling trending Kalimbuang Bori ini berada di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara. Tiket masuk kawasan wisata ini hanya Rp 15.000 per orang.

Demikian sedikit ulasan mengenai tempat wisata terbaru 2024 sejarah dan busaya yang ada di Toraja Utara. Tertarik berkunjung? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: