Rekomendasi 8 Wisata Terbaru 2024 Taman Budaya di Solo Spot Bersantai Untuk Rileks dan Healing

Rekomendasi 8 Wisata Terbaru 2024 Taman Budaya di Solo Spot Bersantai Untuk Rileks dan Healing

taman solo safari--

DISWAY JOGJA - Lebaran dan ritual mudik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apabila tujuan lebaran Anda di Solo, maka sempatkan jalan-jalan ke wisata terbaru 2024 Kota Solo ketika selesai mengunjungi saudara.

Meskipun Solo tidak memiliki wisata terbaru 2024 bernuansa alam seperti pantai tetapi kota ini memiliki daya tarik tersendiri karena budaya Jawa yang kental.

BACA JUGA : Jadikan Liburan Lebaran Anda Makin Seru Dengan 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Semarang Cek Lengkapnya Disini

Selain Keraton Surakarta, Solo memiliki beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, berikut 8 rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 di Kota Solo.

1. Ndalem Djojokoesoeman

Ndalem Djojokoesoeman merupakan salah satu wisata terbaru 2024 berupa bangunan peninggalan Keraton Surakarta dengan arsitektur jawa.

Berkunjung di tempat ini akan membawa pada perjalanan budaya Jawa melalui desain interior yang memukau dan penuh makna.

Bagi yang suka dengan tempat-tempat estetik dengan interior full jawa, maka tempat ini cocok untuk dikunjungi.

Di tempat ini bisa membuat momen seru dengan keluarga sambil foto-foto karena terdapat banyak spot keren untuk berfoto.

Ndalem Djojokoesoeman berlokasi di Jl. Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta. Dilansir dari instagram @ndalem.djojokokoesoeman mulai tanggal 1 Januari 2024 untuk berkunjung/ memanfaatkan tempat di Ndalem Djojokoesoeman mulai berbayar.

2. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi ketika singgah di Kota Solo. Selain terkenal dengan pusat kerajinan batik tertuanya, tempat ini juga menyuguhkan beberapa spot foto estetik dan instagramable di setiap sudutnya.

Dilansir dari instagram @explorekampungbatikkauman, lokasi kampung ini strategis karena dekat dengan Keraton Kasunanan dan Pasar Klewer.

Wisatawan dapat berkeliling menjelajahi Kampung Batik Kauman, mengikuti workshop membatik, berbelanja dan mengunjungi cafe dengan desain estetik. Wisata Kampung Batik Kauman terletak di Jl Wijaya Kusuma, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

3. Galeri Lokananta

Lokananta merupakan tempat bersejarah yang telah direvitalisasi, dahulu tempat ini merupakan studio rekaman milik negara dan perusahaan musik pertama yang saat itu masih menggunakan piringan hitam.

Lokananta kini merupakan sebuah galeri yang mengenalkan sejarah musik dan industri rekaman di Indonesia.

Dilansir dari instagram @lokanantabloc, untuk mengunjungi Galeri Lokananta harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi dilakukan pada hari yang sama ketika akan berkunjung, wisatawan hanya dapat memilih waktu kunjungan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Kebumen, Pantai Indah Tak Tertandingi, Pas Buat Liburan

Dengan membayar Rp30 ribu wisatawan akan dipandu oleh tour guide untuk menjelajahi galeri dan menjelaskan sejarah musik di Indonesia.

Selain Galeri Lokananta, terdapat kawasan Lokananta yang bisa dinikmati secara gratis, terdapat gerai-gerai yang wajib dikunjungi, gerai makanan dan taman lingkar.

Galeri Lokananta terletak di Jl. A.Yani No 379 A, Kerten, Laweyan, Surakarta 57143, jam buka galeri pukul 10:00- 20:00 WIB sedangkan kawasan Lokananta buka pukul 10:00-24:00 WIB.

4. Rasamadu Heritage

Rasamadu Heritage sebelumnya dikenal dengan The Heritage Palace, kini dibuka kembali setelah tutup Februari 2024.
Tempat ini dibuka kembali dengan manajemen baru, beberapa perubahan dilakukan salah satunya harga tiket masuk menjadi lebih murah dan pengunjung diperbolehkan membawa kamera.

Dilansir dari instagram @rasamaduheritage, wisata ini menawarkan berbagai fasilitas dengan suasana zaman kolonial, berfoto bersama burung hantu, spot foto dengan beragam transportasi di museum indoor.

Rasamadu Heritage juga menyuguhkan wahana 3D, seperti kapal layar, dinosaurus, tembok besar China hingga gambar ilusi lainnya, selain itu terdapat wahana omah kuwalik.

Rasamandu Heritage terletak di Jl. Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, RT02/RW08, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura. Jam operasional pukul 09:00-16:00 WIB dengan harga tiket masuk Rp20 ribu (hari biasa) dan Rp25 ribu (hari libur).

5. Tumurun Museum

Salah satu rekomendasi wisata museum di Kota Solo, museum tumurun berasal dari kata ‘turun temurun’ yang berarti mewariskan sesuatu dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dilansir dari laman tumurunmuseum, museum Tumurun menyelenggarakan pameran khusus dua kali dalam setahun, menampilkan karya seniman dari seluruh dunia. Pameran ini bertujuan menjaga agar museum tetap menarik dan progresif.

Saat ini di Museum Tumurun sedang berlangsung pameran seni modern bertajuk KARTSBA yang dikuratori Hendra Himawan, pameran akan berlangsung sampai tanggal 25 Mei 2024.

Museum Tumurun berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional No 2-4, Surakarta 57141. Jam operasional museum: Selasa-Kamis pukul 13:00-15:00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 10:00-15:00 WIB dengan harga tiket masuk Rp25 ribu dapat dibeli lewat website www.tumurunmuseum.org atau datang langsung di tempat.

BACA JUGA : Selain Bromo, Inilah Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Malang yang Tak Kalah Menarik, Cek Lengkapnya Disini

6. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan taman peninggalan Pura Mangkunegaran, setelah direvitalisasi banyak fasilitas baru dan tampilan taman ini lebih modern tetapi tetap bernuansa Jawa.

Dilansir dari instagram maramhrsm, terdapat enam bangunan dan wahana di Taman Balekambang Solo, yakni kolam partini, gedung pertunjukan, amphitheater/panggung pertunjukan terbuka, pendopo kedatangan, gedung JIC dan gastronomi, serta skywalk, sayangnya tidak ada lagi satwa yang dipelihara di Taman Balekambang Solo pasca revitalisasi.

Masuk ke Taman Balekambang Solo tak lagi gratis, pengunjung akan dikenai tarif masuk. Tetapi masyarakat harus menunggu informasi terlebih dahulu kapan Taman Balekambang resmi dibuka, info bisa dilihat melalui instagram @pariwisatasolo.

Lokasi taman ini terletak di Jl. Balekambang No 1 Kelurahan Manahan, Kec. Banjarsari, Surakarta 57139 posisi tepat di belakang Stadion Manahan dan juga dekat dengan Terminal Tirtonadi.

7. Solo Safari

Dilansir dari laman solosafari, Solo safari adalah kawasan wisata edukasi satwa seluas 13,9 hektar di Surakarta. Disini tidak hanya akan mengenal lebih dekat satwa endemik Indonesia tetapi juga bisa berbagi keceriaan di berbagai area hiburan yang tersedia.

Solo safari menawarkan area petting zoo (bermain dengan satwa jinak), mengabadikan momen dengan satwa, memberi makan satwa, melihat pertunjukan satwa yang edukatif dan satwa tunggang.

Jam operasional Solo Safari saat weekday pukul 08:30-16:30 WIB dan weekend (termasuk hari besar) pukul 08:00-16:30 WIB. Harga tiket dibagi menjadi reguler dan premium.

Saat weekday, tiket anak-anak mulai dari Rp45 ribu dan dewasa mulai Rp55 ribu. Sedangkan weekend untuk anak-anak mulai dari Rp60 ribu dan dewasa mulai dari Rp75 ribu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Banten dengan Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Dijamin Nyaman Bikin Betah

8. Masjid Raya Sheikh Zayed

Dilansir dari laman masjidzayedsolo, masjid megah yang berdiri di pusat kota Surakarta, merupakan hibah dari Sheikh Mohammed bin Zayed untuk Presiden Jokowi. Masjid ini didirikan sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan UEA.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Banten dengan Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Dijamin Nyaman Bikin Betah

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Solo dan merupakan replika yang dibuat mirip dengan Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, sehingga mampu menarik wisatawan dari luar Solo untuk mengunjungi dan beribadah di masjid ini. Masjid ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani No 128, Gilingan, Kec. Banjarsari, Surakarta 57134.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: