Surga Para Penyelam? Wisata Terbaru 2024, Destinasi Unik di Wakatobi Pesona Indah Bawah Laut Bikin Terkesima!

Surga Para Penyelam? Wisata Terbaru 2024, Destinasi Unik di Wakatobi Pesona Indah Bawah Laut Bikin Terkesima!

Destinasi Wisata Unik Terbaru 2024 di Wakatobi-RimbaKita.com-google

DISWAY JOGJA - Sudah pernah berkunjung ke Sulawesi Tenggara belum? Kalau, belum kamu wajib mampir ke salah satu destinasi yang menjadi wisata terbaru 2024 dengan kepopulerannya, yaitu Wakatobi.

Wakatobi adalah salah satu wilayah yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya bikin betah.

Wisata Wakatobi selalu menjadi favorit masyarakat indonesia bahkan mancanegara sebagai destinasi wisata terbaru 2024 untuk berlibur.

Wakatobi memiliki pemandangan indah bawah laut dan dataran yang mencengangkan. Hal ini menjadikan Wakatobi menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh para penyelam.

Dikenal, sebagai surga para penyelam, Wakatobi memiliki berbagai tempat wisata terbaru 2024 yang akan membuat kamu terkesima dengan pesona keindahannya. Selain itu, Wakatobi juga dijadikan sebagai salah satu tempat penyelaman kelas dunia, world class diving site.

BACA JUGA : Banda Neira Mendadak Viral? Wisata Terbaru 2024, Jadi FYP TikTok dan Instagram, Yuk Kapan Liburan Kesana?

Ketenaran wisata Wakatobi semakin meningkat sejak wilayah ini disebut sebagai Cagar Bumi ke-8 di Indonesia dan ke-598 di dunia oleh UNESCO pada tahun 2012.

Wakatobi sendiri menyimpan sejuta pesona destinasi wisata, mulai dari wisata pantai, wisata bawah laut, peninggalan bersejarah hingga seni budaya.

Wakatobi selalu identik dengan suku Bajo dimana mereka menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas laut. Keunikan adat budaya mereka ini memiliki daya tarik tersendiri yang luar biasa bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kabupaten Wakatobi ini terbagi menjadi beberapa pulau yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata 2024 yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Lantas, apa saja keunikan yang ada di wisata Wakatobi? Biar kamu nggak penasaran, ini dia destinasi wisata terbaru 2024 yang unik di Wakatobi.

1. Hutan Lindung Tindoi

Hutan Lindung Tindoi merupakan spot wisata unik yang ada di Wakatobi. Hutan ini berada di ketinggian mencapai 800 meter dari permukaan laut dan berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Wanci.

Hal yang unik dan menarik dari Hutan Lindung Tindoi ini yang ternyata objek wisata ini dianggap sebagai tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat dalam 4 Desa.

Walaupun dianggap mistis tetapi hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri. Keanekaragaman lainya yang dimiliki sangat khas, unik dan menarik para wisatawan.

Objek wisata ini cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualangan, pasalnya hutan ini termasuk salah satu hutan hujan tropis yang sangat mengagumkan.

2. Goa Kontamale

Wisata unik selanjutnya yaitu Goa Kontamele yang merupakan salah satu objek wisata 2024 berupa pemandian alam yang lokasinya berada di Kecamatan Wangi-Wangi.

Di dalam Goa ini ada beberapa kolam, dimana setiap kolam mempunyai kedalaman yang berbeda-beda, yaitu sekitar 1 meter hingga 3 meter.

Hal unik di Goa Kontamale ini yaitu menurut masyarakat setempat, konon katanya gua ini dipercaya bisa memudahkan kita untuk bertemu dengan pasangan hidup atau jodoh. Hal ini yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi.

BACA JUGA : Labuan Bajo FYP Tiktok? Wisata Terbaru 2024, Pesona Alam Eksotis dan Banyak Spot Instagramable Cobain Kuy!

3. Benteng Liya Togo

Benteng Liya Togo merupakan Cagar Budaya Dunia yang ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Benteng ini juga merupakan salah satu bukti sejarah masuknya ajaran islam di daerah Sulawesi. Hal ini yang membuat benteng ini dijadikan destinasi wisata terbaru 2024 di Indonesia khususnya Sulawesi.

Benteng ini dibuat dari batu karang yang disusun bertumpuk tanpa pola tetapi disesuaikan dengan kondisi morfologi batu. Hal unik dan menarik dari benteng ini yaitu ketika keluar dari benteng, wisatawan akan diberikan jus yang terbuat dari buah asam yaitu jus sampalu.

Wisatawan laki-laki yang akan masuk ke benteng ini diwajibkan menggunakan sarung seperti tradisi Melayu. Sedangkan bagi wisata perempuan harus memakai sarung dan mengikatnya dipundak.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata terbaru 2024 unik di Wakatobi yang bisa kamu kunjungi. Kira-kira destinasi mana yang paling menarik bagi kamu?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: