Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Adakan Seminar Literasi

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Adakan Seminar Literasi

Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Dua (Muda) mengadakan seminar literasi untuk meningkatkan minat baca.-DOK.-

TEGAL, DISWAYJOGJA - Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Dua (Muda) mengadakan seminar literasi untuk meningkatkan minat baca. Hal itu untuk mengawali program pertama masuk sekolah. Kegiatan itu mengundang narasumber dari Saung Baca Al Hidayah yakni Moh. Naenul Rizqoni untuk mengisi acara seminar literasi di Perpustakaan Muda.  

 BACA JUGA:Membanggakan, SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Raih Akreditasi Unggul

Narasumber, Moh Naenul Rizqoni, menjelaskan menurut Director-General UNESCO literasi bukan hanya sekadar membaca dan menulis.

"Tetapi mencakup bagaimana berkomunikasi dalam masyarakat, terkait pengetahuan, bahasa dan budaya," terangnya.

BACA JUGA:Implementasi P5, SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Pamerkan Karya Siswa 

Menurut Kepala Perpustakaan Muda, Komsyah Nurhayati menuturkan, jumlah kunjungan siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal sudah bagus. Namun minat untuk membaca buku baik pengayaan maupun buku koleksi bacaan masih kurang. Karena itu tim pengelola perpustakaan memiliki program selain membentuk duta Literasi Perpustakaan Muda, juga memiliki program Free Drink secara berkala.

 Jadi pengunjung itu bisa menikmati minuman Teh/Energen secara Cuma-Cuma di pojok baca atau teras baca Perpustakaan Muda, harapannya dengan program tersebut mereka memiliki ghiroh untuk meminjam dan membaca buku. Selain dengan program-program yang dimiliki oleh Perpustakaan Muda, juga siswa-siwi dibekali ilmu mengenai tentang literasi.

 "Literasi yang dapat berkreasi dalam bidangnya, entah itu melalui tulisan maupun dengan seni dalam berpuisi atau yang lainnya," terangnya.

 BACA JUGA:Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Praktik Membuat Yoghurt

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa-siswi saat ini pada umumnya adalah mereka lebih tertarik pada mobile game  atau berhobi pada media sosial. Padahal literasi membaca di era digital ini sangat dibutuhkan agar dapat mengolah dan menerima informasi secara menyeluruh dan sempurna.

 "Kami berharap setelah diadakan seminar literasi ini siswa-siswi SMP Muhammadiyah lebih rajin mengunjungi ke perpustakaan MUDA, minat baca bukunya meningkat, mampu memberikan karya melalui tulisan-tulisan yang mereka buat. Kegiatan seminar itu, semoga dapat memberikan semangat literasi pada generasi Z," pungkasnya.

 BACA JUGA:Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Bagikan Bingkisan ke Jamaah Masjid

Sementara itu, Kepala SMP MUDA Imam Mudin menyampaikan bahwa program yang baru dari perpustakaan. Pihaknya beharap nanti bisa menjadi suplemen baru untuk sekolah.

 

"Sehingga anak-anak bukan hanya berkunjung saja, tetapi meminjam buku lalu membacanya dan mampu menuangkan tulisannya melalui jurnal literasi," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: