Dukung Kemerdekaan, MAN Kota Tegal Gelar Aksi Solidaritas Peduli Palestina

Dukung Kemerdekaan, MAN Kota Tegal Gelar Aksi Solidaritas Peduli Palestina

SALAT GAIB – Keluarga Besar Kantor Kemenag Kota Tegal melaksanakan Salat Gaib di MAN Kota Tegal, Rabu (15/11/2023).-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Agresi Israel ke Palestina memunculkan protes dari warga di berbagai belahan dunia. Dari Kota Tegal, seruan mendukung kemerdekaan Palestina digemakan oleh 2.500 warga madrasah yang berkumpul di MAN Kota Tegal.

BACA JUGA:OSIS MAN Kota Tegal Galang Donasi Bantu Palestina

Awan mendung masih menyelimuti langit-langit Kota Tegal setelah gerimis mengguyur. Di MAN Kota Tegal yang terletak di Jalan Pendidikan, Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, berkumpul ribuan orang dengan berpakaian putih dan beratribut Palestina, baik dalam bentuk sorban, stiker, kerudung, maupun bendera.

BACA JUGA:Makna Semangka sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial

Mereka adalah siswa, guru, dan karyawan madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal. Pagi itu, Rabu (15/11/2023), Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tegal menyelenggarakan Aksi Solidaritas Peduli Palestina yang dipusatkan di MAN Kota Tegal. Aksi ini juga dihadiri tokoh-tokoh dari lintas agama.

BACA JUGA:Tim Riksus Inspektorat Brebes Temukan Penggunaan Uang PBB oleh Oknum Perangkat Desa

Sebelum aksi dimulai, diisi dengan hiburan seperti menyanyikan lagu We Will Not Go Down yang dipopulerkan Michael Heart. Lagu yang menyayat hati itu mengisahkan penderitaan warga Palestina terhadap serangan yang dilakukan Israel selama beberapa dekade terakhir. Meski begitu pelik, lagu tersebut memberikan pesan kepada warga Palestina agar selalu bertahan dan terus berjuang.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Memilih AC Portable yang Berkualitas dan Awet

Aksi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Salat Gaib yang dipimpin KH Suwondo dan istighotsah yang dipimpin Khalimudin SPdI serta dilanjutkan orasi. Di barisan terdepan tampak di antaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal H Achmad Mundzir SAg MM dan Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg. 

BACA JUGA:DPRD Kota Tegal Jadwalkan Pemberitahuan Pemberhentian Walkot dan Wawalkot

Berulangkali seruan untuk mengecam Zionis Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina digemakan serempak oleh ribuan peserta aksi. “Zionis hancurkan, hancurkan. Palestina, merdeka, merdeka,” seru peserta aksi dengan penuh semangat disambut kibaran bendera Palestina berukuran kecil maupun besar yang dikibarkan siswa. 

Dalam orasinya di atas panggung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal H Achmad Mundzir SAg MM menyampaikan, Aksi Solidaritas Peduli Palestina ini sebagai kepedulian atas tragedi kemanusiaan di Palestina. “Aksi ini jangan dianggap remeh, ada saudara kita yang kemanusiaannya diinjak-injak di Palestina,” kata Mundzir. 

BACA JUGA:Ujian CAT PPPK, Peserta Wajib Bawa KTP-el, Kartu Tes dan Pensil

Pada kesempatan ini, Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tegal mengumumkan donasi yang terkumpul senilai Rp120.000.000 untuk disalurkan ke Palestina. Mundzir berharap donasi ini selanjutnya bisa membantu untuk meringankan beban rakyat Palestina. Sehingga, mereka bisa terus berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan bangsanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: