Makna Semangka sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial

Makna Semangka sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial

Makna Semangka sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina di Media Sosial--Istimewa+Picsart

DISWAYJOGJA - Begitu ramainya buah semangka digunakan sebagai simbol dukungan untuk Palestina dalam tengah perang melawan Israel. Namun, di balik simbol 'the fruit of Palestine' ini, terdapat sejarah dan makna yang mendalam.

Dalam beberapa bentuknya, seperti ilustrasi dan emoji, semangka telah menjadi ekspresi yang kuat untuk menunjukkan solidaritas dengan Palestina. Untuk lebih memahami makna dan sejarah di balik semangka Palestina, mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Arti Gambar Semangka Palestina?

Menurut Aljazeera, pada tahun 1967, setelah Perang Arab-Israel, Israel melarang pengibaran bendera Palestina beserta warna-warnanya di wilayah Gaza dan Tepi Barat. Tentara Israel bahkan dikabarkan menangkap atau melecehkan siapa pun yang mencoba mengibarkan bendera Palestina.

BACA JUGA:7 Manfaat Semangka untuk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui: Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya

Namun, warga Palestina yang gigih dan kreatif tidak menyerah begitu saja. Mereka menemukan cara inovatif dengan memasang bendera Palestina dalam bentuk semangka.

Amal Saad, seorang warga Palestina dari Haifa yang mengorganisir kampanye semangka Zazim, menyatakan, "Jika Anda ingin menghentikan kami, kami akan menemukan cara lain untuk mengekspresikan diri kami."

Penggunaan gambar semangka ini tidak sembarangan. Ada setidaknya dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, potongan buah semangka memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hitam, putih, dan hijau. Oleh karena itu, sebagai bentuk protes terhadap penindasan Israel terhadap bendera Palestina dan identitas Palestina, warga Palestina menggantinya dengan gambar semangka.

Kedua, semangka adalah salah satu buah yang tumbuh subur di Palestina. Popularitas semangka merentang dari Jenin hingga Gaza, dan buah ini telah menjadi simbol tanah Palestina. Dengan demikian, semangka secara umum merepresentasikan perjuangan dan identitas Palestina.

BACA JUGA:Makan Semangka tapi Tidak Tahu Manfaat nya? Ini Dia Manfaat Buah Semangka Dalam Kesehatan

Sejarah Semangka sebagai Simbol Dukungan untuk Palestina

Menurut The National, gambar semangka pertama kali dikenalkan sebagai simbol dukungan untuk Palestina oleh Khaled Hourani pada tahun 2007. Khaled Hourani melukis sepotong semangka untuk proyeknya yang berjudul "Subjective Atlas of Palestine."

Karyanya ini kemudian tersebar ke seluruh dunia, termasuk ke Skotlandia, Prancis, Yordania, Lebanon, dan Mesir. Hourani juga mengadakan lokakarya seni yang berpusat pada karyanya di sekolah-sekolah di Ramallah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: