Ini Dia Tips Memilih AC Portable yang Berkualitas dan Awet

Ini Dia Tips Memilih AC Portable yang Berkualitas dan Awet

Tips Memilih AC Portable Berkualitas dan Awet--

DISWAY JOGJA- Sebelum membeli AC Portable, pastikan Anda memilih merek yang terbukti kualitasnya dan awet pada saat digunakan. Karena itu tentunya Anda harus mengetahui tips memilih AC jenis portable yang baik.

Semua produk AC portable memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendinginkan ruangan. Namun masing-masing produk tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sehingga jangan sampai asal beli produk AC.

AC portable sudah menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang relatif lebih murah serta dapat dipindahkan. Karenanya sebagai pembeli yang bijak harus dapat mengetahui produk yang ingin dibeli.

Artikel ini akan membahas terkait tips dalam memilih AC portable yang berkualitas dan awet saat dipakai. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Rekomendasi AC Portable yang Cocok Untuk Ruangan Sempit

Sebelum membeli, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budged yang dimiliki. Agar tidak salah beli, berikut tips memilih AC portable yang berkualitas dan awet untuk Anda.

1. Perhatikan Kapasitas PK

Tips yang pertama yaitu Anda harus memperhatikan kapasitas dari PK atau Paard Kraach. yaitu istilah untuk menilai kapasitas AC atau tenanga dari AC (horse power), dan perhatikan kekuatan embusannya yang dihitung berdasarkan satuan PK. 

Semakin besar PK, maka akan semakin dingin dan kuat embusannya. Biasanya, ukuran PK mulai dari 1/2 hingga 2 PK. Karena itu, pilihlah AC portable dengan PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Apabila untuk ruangan yang kecil, maka ukuran 1/2 PK saja sudah cukup. Sementara jika ruangan yang dimiliki cukup besar, bisa dengan memilih PK yang berukuran 1/2 keatas.

Namun perlu diingat pula bahwa semakin besar ukuran PK, maka akan semakin besar pula konsumsi daya listriknya. Sehingga Anda harus memilihnya dengan bijak.

BACA JUGA:Cari Kipas Angin yang Bagus? Inilah Rekomendasi Terbaik yang Dinginnya Setara AC

2. Lihat Fitur Tambahan dan Aksesorisnya

Tips yang kedua yaitu dengan melihat fitur tambahan pada AC jenis portable tersebut. Seperti contohnya fitur penghilang bau tak sedap, timer, fitur pembersih udara, mode turbo, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fitur yang melengkapi, maka akan semakin memberikan kenyamanan bagi Anda.

Selain itu, pertimbangkan pula adanya fitur tambahan yang penting seperti remote control, filter penyaring debu, dan sebaginya. Sehingga pada saat digunakan akan lebih memudahkan dan awet.

3. Pilih Ukuran AC Portable yang Sesuai

Produk Ac Portable tentu memiliki desain dan ukuran yang berbeda-beda mengikuti kebutuhan dan keinginan pasar. Ada AC yang memiliki ukuran besar yang cocok untuk ruangan yang besar dan luas. Lalu terdapat pula AC yang berukuran mini hingga bisa diletakkan di atas meja. 

Karenanya, sangat penting untuk menyesuaikan ukuran AC dengan luas ruangan. Pastikan juga Pendingin ruangan ini tidak membuat ruangan Anda menjadi sempit.

BACA JUGA:Inilah Cara Merawat AC 1/2 PK Agar Awet dan Performa Tetap Optimal

4. Pertimbangkan Mereknya

Saat ini sudah banyak merek pendingin ruangan jenis portable dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Namun dapat diingat kembali, bahwa AC ini merupakan barang elektronik, dimana tingkat kerusakannya cukup besar, maka sebaiknya memilih merek yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat saja.

AC yang terbaik dari merek terkenal memang umumnya memiliki kualitas yang bagus. Karenanya, jangan sampai Anda mudah tergoda dengan harga yang murah dari merek yang tidak jelas.

5. Sesuaikan dengan Budjed 

Tips yang terakhir dan yang paling penting, yaitu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai karena ingin memiliki pendingin ruangan jenis portable dengan merek terkenal dan bagus, sampai menghalalkan banyak cara untuk mendapatkannya.

Karena itu, penting untuk menyesuaikan pilihan merek AC yang akan dibeli dengan budget yang dimiliki. 

BACA JUGA:AC di Rumahmu Mengalami Kebocoran? Jangan Panik, Terapkan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Itulah beberapa tips untuk Anda dalam memilih AC Portable yang berkualitas dan awet. Semoga bermanfaat. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: