11 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Harus Kamu Bawa Pulang, Lezat dan Terjangkau!

11 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Harus Kamu Bawa Pulang, Lezat dan Terjangkau!

11 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Harus Kamu Bawa Pulang, Lezat dan Terjangkau!--Freepik+Picsart

Berikutnya, ada "yangko," makanan khas Jogja yang terbuat dari adonan tepung ketan dan dibungkus dengan tepung gula. "Yangko" memiliki tekstur kenyal dan hampir mirip dengan mochi. Kue ini biasanya diisi dengan campuran kacang dan gula yang telah dihaluskan.

6. Keripik Belut

Pernah mencoba camilan keripik belut? Camilan ini sangat populer di kalangan banyak orang dan tentu saja cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Jogja yang unik dan gurih. Kamu bisa menemukan camilan khas Jogja ini di wilayah Godean, Kabupaten Sleman.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kalian Coba saat Berkunjung Ke Jogja!

7. Tiwul

"Tiwul" adalah makanan tradisional khas Jawa dan Jogja yang terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dijemur sampai kering, lalu ditumbuk dan dikukus hingga matang. "Tiwul" umumnya disantap dengan baceman tahu dan tempe atau urap sayur. Dulunya, "tiwul" dikonsumsi sebagai pengganti nasi pada masa penjajahan. "Tiwul" adalah oleh-oleh khas Jogja yang mudah dibawa dan bisa ditemukan di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

8. Geplak

Selain "yangko," Jogja juga memiliki "geplak" yang terbuat dari campuran tepung ketan dan gula kelapa yang dikukus hingga padat. Makanan khas Kota Bantul ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Kamu bisa membelinya di tempat-tempat penjual kue khas Jogja.

BACA JUGA:4 Resep Sambel Goreng Krecek Khas Jogja yang Nampol Pedesnya!

9. Peyek Tumpuk

"Peyek tumpuk" merupakan oleh-oleh khas Jogja, khususnya dari Bantul. Camilan gorengan ini sangat lezat dan mudah dibawa pulang. Bentuk "peyek tumpuk" tidak beraturan dan terlihat menumpuk satu sama lain. Salah satu produsen terkenal di Bantul adalah Peyek Mbok Tumpuk.

10. Tahu Susu Bakso

Ketika kamu mengunjungi Sleman, jangan lupa untuk mencoba "tahu susu bakso" yang sering disebut sebagai "tasuba." Tahu yang lembut ini sangat nikmat ketika dimakan dengan tambahan bakso yang ada di dalamnya.

11. Geblek

"Geblek" memiliki bentuk seperti angka delapan dan merupakan jajanan tradisional yang dapat kamu temui di daerah Kabupaten Kulon Progo, Purworejo, dan Wonosobo. Rasa asin dan gurih "geblek" berasal dari bumbu garam dan bawang putih yang dicampur dengan singkong parut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: