Ini Dia 8 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kalian Coba saat Berkunjung Ke Jogja!

Ini Dia 8 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kalian Coba saat Berkunjung Ke Jogja!

Ini Dia 8 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kalian Coba saat Berkunjung Ke Jogja!--

DISWAY JOGJA – Daerah jogja rupanya tidak hanya terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan. Namun kota pelajar yang satu ini juga sangat populer dengan kuliner khasnya yang terkenal sejak dahulu hingga hari ini yang dapat memanjakan lidah kalian. Salah satunya adalah makanan tradisional jogja yang menjadi andalan setiap rumah di daerah setempat.

Jika kalian berkunjung ke jogja dan belum mengetahui apa apa saja jenis kuliner tradisional jogja yang terkenal enak dari dahulu hingga sekarang. Jangan lupa untuk mencoba makanan tradisional khas jogja. Berikut makanan tradisional khas jogja antara lain:

1. Menikmati Makanan Kombinasi Bernama Jadah Tempe

Makanan khas Jogja yang pertama terkenal sejak zaman dulu adalah jadah tempe. Jadah tempe memiliki kombinasi rasa yang cukup menggiurkan untuk kalian nikmati. Kuliner lezat ini terdiri dari 2 jenis makanan penyaji yang pertama yaitu jadah yang dalam bahasa daerah bermakna nasi dari beras ketan yang telah melalui proses tumbuk hingga menggepal. Sedangkan yang kedua ada tempe yang telah dibacem dengan bumbu yang cukup menggoda. Sehingga makanan tradisional ini memiliki kombinasi rasa yang unik dan cukup lezat untuk kalian coba.

2. Sensasi Pedas Dari Oseng Oseng Mercon

Makanan khas jogja selanjutnya ada oseng-oseng mercon yang memiliki cita rasa cukup unik dan menarik yang sayang jika kalian tinggalkan. Makanan dengan nama yang unik ini mempunyai cita rasa yang sangat berbeda dari kuliner khas Jogja lainnya. Kalian akan merasakan sensasi pedas yang membuat kalian merasa ingin meledak pada saat memakannya. Sehingga jajanan yang satu ini dapat kalian masukkan ke dalam list makanan paling ekstrim yang wajib kamu coba. Kalian akan merasakan seperti ada mercon cabai yang meledak di dalam mulut kalian.

3. Tiwul Manisnya yang Menggoyang Lidah

Makanan khas jogja selanjutnya ada di Kabupaten Gunung Kidul yaitu Tiwul yang merupakan salah satu makanan khas Jogja dan memiliki cara unik dalam menikmati makanan khas jogja yang satu ini. Tiwul terbuat dari olahan berbahan dasar singkong yang diolah selezat mungkin untuk memanjakan lidah kalian. Kuliner yang satu ini disuguhkan dalam lapisan daun pisang serta taburan kepala parut di atasnya dan tambahan gula pasir yang dapat memberikan sensasi manis hingga ke ujung lidah.

4. Nasi Goreng Bersejarah Beringharjo

Sebenarnya kalian dapat menemukan nasi goreng di seluruh penjuru tanah air. Namun kalian tidak akan menjumpai nasi goreng dengan rasa paling enak dan menggugah selera. Yaitu nasi goreng beringharjo yang hanya bisa kalian nikmati jika kalian menginjakkan kaki di tanah Jogja.

5. Bakpia Isi Kacang

Makanan tradisional khas Jogja selanjutnya yang wajib untuk kalian cicipi adalah bakpia. Kuliner khas jogja yang satu ini sangat banyak diincar oleh para wisatawan dan sering kali dijadikan buah tangan khas Jogja untuk keluarga di kampung halaman. Maka tidak heran jika kalian akan menjumpai banyak turis asing yang menenteng makanan ini saat akan pulang.

6. Cemilan Lezat Bernama Geplak

Mungkin kalian bukan salah satu orang yang menyukai daging kelapa? Maka kalian harus menyimpan pernyataan tersebut setelah mencoba makanan khas Jogja yang satu ini. Geplak adalah salah satu kudapan yang wajib kalian coba pada saat berada di Jogja. Cemilan yang terbuat dari daging kelapa dan campuran gula ini memiliki cita rasa yang sangat lezat untuk dinikmati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: