12 Cara Jitu Untuk Lebih Bahagia, No 5 Paling Penting!

12 Cara Jitu Untuk Lebih Bahagia, No 5 Paling Penting!

Ilustrasi bahagia -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Menjalani hidup bahagia sepertinya sudah menjadi impian semua orang. Tak hanya kekayaan, bahagia juga sering dijadikan sebagai standar pencapaian yang harus dimiliki setiap manusia.

Namun realitanya, untuk mencapai titik bahagia tidak semudah membalikan telapak tangan. Beberapa orang kesulitan untuk merasa bahagia karena beragam alasan.

BACA JUGA:Kamu Merasa Sulit Bahagia? 5 Alasan ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Wajar, manusia memang tidak selalu dituntut untuk bahagia. Manusia boleh merasa sedih, lelah, kesal, dan perasaan tidak mengenakan lainnya. Tapi ingat jangan sampai perasaan-perasaan buruk itu justru menenggelamkanmu dalam kesedihan.

Berikut 12 cara menjadi lebih bahagia melansir dari laman Tik tok Raihan.yosa. Simak sampai selasai!

1. Jangan terlalu terobsesi dengan pikiran sendiri

Cara bahagia yang pertama adalah jangan terobsesi dengan pikiran kita sendiri. Mengapa? Karena pikiran kita cenderung melebih-lebihkan sesuatu yang negatif main akhirnya membuat kita kehilangan kebahagiaan.

Pikiran yang seperti ini justru akan membuat kita dihantui oleh rasa takut, khawatir, was-was hingga tidak percaya dengan diri sendiri.

2. Syukurilah hal-hal kecil disekitar

Untuk menjadi bahagia, untuk mensyukuri hal-hal kecil. Baik itu tubuh kita keluarga kita atau barang-barang yang berguna dalam keseharian.

Merasa cukup dengan apa yang ada, ternyata merupakan salah satu kunci untuk bahagia. Sebaliknya bahagia akan sulit hadir bila terus-menerus menginginkan sesuatu yang di luar jangkauan kita.

BACA JUGA:Wajib Simak! Ini 7 Tips Ampuh Agar Kamu Gemar Membaca

3. Jangan mempermasalahkan hal-hal kecil yang tidak penting

Disadari atau tidak, mempermasalahkan hal kecil yang tidak penting justru akan menguras emosi dan tenaga. Prioritaskan ketenangan diri ketimbang ego dan emosi.

Ketahuilah, tidak semua hal harus dipikir pusing, berlebihan hinga dibikin ribet. Respon seperti itu sangat menguras tenaga dan waktumu sehingga bisa membuat mood hancur seharian.

4. Selesaikan satu hal penting dalam sehari

Tahukah kamu? Merasa produktif itu membahagiakan. Karenanya, tentukan satu tujuan dalam setiap harinya. Jadikan itu prioritas, rutinitas, lalu selesaikan.

Tidak melulu harus suatu hal besar. Kamu bisa mulai membiasakan membuat jurnal, menyapu rumah, atau kegiatan sederhana lainnya.

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

5. Kurangi waktu bersosial media

Kalau harimu dihabiskan dengan scroll sosial media, maka belajarlah Untuk menghentikan kebiasaan itu. Nikmati kehidupan nyata mu dengan aktifitas yang menghubungkan mu dengan lingkungan.

Sekedar lari pagi, membaca buku ditaman, atau ngopi dengan tetangga sebelah.

6. Fokus dengan kualitas hubungan dari pada kuantitas

Tidak apa-apa untuk memiliki teman yang sedikit, asal jadikan hubungan pertemanan itu berkualitas. Hubungan berkualitas adalah yang membuat bunyi aman dan aman ketika bersama mereka.

Hubungan yang seperti ini akan menjadikan dirimu apa adanya. Yang mendukungmu dalam kebaikan dan menjadi rumah saat kau butuh tempat pulang.

7. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Siapa di sini yang masih suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain? Dari pada seperti itu, lebih baik fokus untuk apa yang dilakukan saat ini guna perkembangan dirimu dikemudian hari.

8. Jangan begadang

Begadang memungkinkan kamu bangun kesiangan, menjadikan badan tidak enak, pegal-pegal, lemas, tidak produktif sehingga menurunkan kualitas harimu. Cobalah memenangkan hari dengan membiasakan bangun pagi.

9. Menabung

Tahukah kamu, menabung membuat kita merasa aman sehingga tidak khawatir dengan hal-hal tak terduga yang membutuhkan uang di kemudian hari. 

Jangan lupa untuk tidak boros dan menggunakan uang sesuai kebutuhan tanpa berlebih-lebihan.

BACA JUGA:Bukan Karna Uang! Ini 7 Alasan Mengapa Finlandia Menjadi Negara Terbahagia di Dunia

10. Belajar menikmati kesendirian

Untuk bahagia, kita perlu belajar untuk membiasakan diri dengan kesendirian. Ini karena sebagian waktu kita akan dihabiskan dengan diri sendiri.

Tidak nyaman dengan diri sendiri justru membuat kita sukar bahagia. Cobalah untuk tidak ketergantungan dengan orang lain, dan rasakanlah bila sendiri itu sangat menenangkan.

11. Belajar me 'ya udah i' banyak hal

Ketahuilah, bahwa tidak semua hal harus kamu ladeni. Terkadang ya udah itu lebih baik. Jangan buang energimu untuk sesuatu yang tidak ada gunanya.

BACA JUGA:Mengendalikan Emosi dengan Bijak: Metode Hidup Stoik yang Efektif

12. Belajar melihat sesuatu dari sisi positif

Cara untuk menjadi bahagia yang terakhir adalah belajarlah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif. Ini akan membuat lebih bijak dan kebijaksanaan akan memberi perasaan bahagia.

Berprasangka buruk atau melihat sesuatu dari segi negatif akan membuat kita dipenuhi perasaan yang tidak mengenakkan.

Belajarlah berdamai dengan apa yang terjadi, dan yakinilah selalu ada hikmah dibaliknya.

 

Demikian 12 cara untuk menjadi lebih bahagia. Memang, segala hal terjadi atas kehendak yang kuasa. Tetapi perihal bahagia masih bisa kita usahakan. Selamat bahagia dan semoga bermanfaat!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: laman tiktok raihanyosa