Bukan Karna Uang! Ini 7 Alasan Mengapa Finlandia Menjadi Negara Terbahagia di Dunia

Bukan Karna Uang! Ini 7 Alasan Mengapa Finlandia Menjadi Negara Terbahagia di Dunia

Bendera Negara Finlandia-Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Salah satu pepatah mengatakan "kamu bisa menemukan kebahagiaan di manapun kamu berada, terutama ketika kamu hidup di Finlandia"

Dan, ya,  Finlandia terbukti menjadi negara terbahagia didunia setelah dinobatkan oleh World Happiness Report pada Maret 2023. Bahkan, ini kali ke 6, Finlandia menjadi negara terbahagia secara berturut-turut.

Sekilas tentang Finlandia

Finlandia, adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. 

BACA JUGA:Bukan Indonesia! Ini 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Nomor 1 Wajib dikunjungi!

Lantas apa yang membuat penduduk dari negara ini bahagia? Melansir dari berbagai sumber berikut alasannya.

1. Lalu lintas yang lancar

Seorang warga Finlandia mengatakan bahwa karena negaranya kecil maka lalu lintas lebih lancar. Perjalanan di Negara itu tidak pernaj memakan waktu lama. Sehingga bisa ditempuh dengan naik bis, bersepeda, ataupun sekedar dengan berjalan kaki. Meski ada juga yang memakai kendaraan pribadi. 

2. Tingkat kriminalitas yang rendah

Tingkat kriminalitas yang rendah membuat masyarakat Finlandia merasa aman dan bahagia. Anak-anak pergi sekolah dan berkegiatan sendiri, dan mereka sangat independen, orang tua tidak perlu merasa khawatir untuk mengantar dan menjemput mereka. Kemandirian adalah bagian paling besar dalam kebahagiaan warga Finlandia.

3. Santai dan menikmati hidup

Sebuah laman media lokal Finlandia yakni Helsinki Times menyebut bahwa salah satu faktor yang membuat penduduk negaranya bahagia karena gaya hidup mereka yang santai dan tenang.

Penduduk di negara tersebut dikenal ramah dan kooperatif, tak terlalu memedulikan kompetisi. Karena merasa aman dengan negaranya, mereka juga tidak merasa khawatir dengan situasi luar yang mana itu membuat mereka lebih tenang dalam menghadapi masalah.

4. Standar pendidikan dan kesehatan yang tinggi

Satu faktor yang menjadikan Finlandia sebagai negara terbahagia adalah karena pendidikan dan kesehatannya.

Helsinki Times menuliskan bahwa sistem pendidikan Finlandia merupakan yang paling adil di Eropa dan berprestasi, yang membuat generasi mudanya lebih siap. Sistem jaminan kesehatan disana pun sangat memadai dan nyaris gratis. Wah super nyaman sekali!

5. Kesetaraan dan kesederhanaan

Di negara seribu pulau ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama, tidak dinilai dari latar belakang mereka berasal.

Helsinki Times mengungkap bahwa Finlandia memiliki banyak warga ekonomi kelas menengah dan sangat sedikit mereka yang tidak mampu.

Orang kaya di sana juga tidak suka pamer dan memilih hidup sederhana. Mereka yang tidak mampu juga akan tetap mendapatkan tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan yang terjamin.

6. Kejujuran yang tinggi

Menurut hasil penelitian National Bureau of Economic Research, skala kebahagiaan suatu negara akan semakin tinggi bila tingkat kejujuran dan kepercayaan warganya tinggi.

Menurut laporan Reader's Digest, pada 2022 dilakukan sebuah uji coba 'dompet hilang' di sejumlah negara di dunia untuk menguji kejujuran masyarakat. Hasilnya, 11 dari 12 dompet yang dijatuhkan di Helsinki, Finlandia dikembalikan ke masing-masing pemiliknya. Patut diacungi jempol sifat warga Finlandia yang satu ini.

7. Sering menghabiskan waktu di alam

Berdasarkan hasil survei Sitra pada 2021, 87 persen masyarakat Finlandia menganggap bahwa alam memiliki peran penting terhadap kehidupan manusia karena memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi.

 

Bagaimana? Tertarik untuk tinggal di Finlandia? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: