Inilah 15 Peristiwa Penting di Bulan Muharram, Bikin Hati Tersentuh dan Takjud akan Karunia Allah SWT

Inilah 15 Peristiwa Penting di Bulan Muharram, Bikin Hati Tersentuh dan Takjud akan Karunia Allah SWT

Foto: Pinterest --

DISWAY JOGJA - Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah. Bulan Muharram memiliki banyak kemuliaan dan peristiwa penting yang menakjubkan. Pada bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak  ibadah dan menghindari kemaksiatan. 

Bulan Muharram merupakan bulan mulia. Pada bulan ini banyak peristiwa islami yang bisa dijadikan pembelajaran. Allah SWT menjadikan bulan muharram sebagai salah satu bulan haram (suci) yang diagungkan. Perkembangan Islam di bumi mengalami peristiwa-peristiwa penting pada bulan muharram.

Melansir dari laman resmi NU, Berikut ini Peristiwa-peristiwa penting di bulan Muharam.

Peristiwa Penting di Bulan Muharram sebelum Zaman Nabi Muhammad SAW

1. Diciptakannya Nabi Adam as dan Hawa

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah diciptakannya Nabi Adam AS dan Hawa. Dijelaskan di dalam Q.s Al-Baqarah ayat 30 bahwa Allah menciptakan manusia sebagai pemimpin atau khalifah di bumi. Nabi Adam as diciptakan untuk menjadi khalifah pertama di bumi dan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam as sebagai pendampingnya.

2. Allah Mengampuni Dosa Nabi Adam as

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah diampuni dosa-dosa Nabi Adam AS. Allah SWT mengusir dan murka kepada Nabi Adam as dan Hawa setelah mereka memakan buah terlarang di surga. Namun, atas kesungguhan Nadi Adam dan Hawa memohon Ampunan kepada Allah, akhirnya Allah mengampuni dosa keduanya. Bahkan, Bacaan doa Nabi Adam as diabadikan dalam Q.S Al-A’araf ayat 23.

3. Allah SWT Mengangkat Derajat Nabi Idris as

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Allah SWT mengangkat derajat Nabi Idris AS. Allah SWT memberikan kemampuan kepada Nabi Idris as berupa kemampuan membaca dan menulis. Setelah merasakan sakaratul maut, Allah SWT memperlihatkan kepada Nabi Idris AS surga dan neraka. Peristiwa Ini terjadi pada bulan Muharram dan mengangkat derajat Nabi Idris as menjadi lebih tinggi, sebagaimana tercantum dalam Q.S Maryam ayat 56-57.

4. Selamatnya Nabi Nuh AS dari Bencana Banjir

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah diselamatkannya Nabi Nuh AS dari bencana banjir. Nabi Nuh AS hanya memiliki sedikit pengikut saat berdakwah, dan Allah memberikan musibah banjir kepada kaum yang ingkar pada masa itu. Hanya Nabi Nuh AS dan pengikutnya yang selamat di dalam kapal yang dibuat olehnya. Peristiwa ini juga terjadi di bulan Muharram, seperti yang dijelaskan di dalam Q.S Nuh ayat 26.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah dan 4 Fakta Unik Masjid Istiqlal Jakarta yang Jarang Diketahui Banyak Orang

5. Nabi Ibrahim as Selamat dari Api

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari api. Nabi Ibrahim as mencoba menghancurkan patung-patung yang disembah oleh umat Raja Namrud, dan raja tersebut menginginkan Nabi Ibrahim AS dibunuh dengan cara membakarnya. Namun, Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim as dengan cara membuat api menjadi dingin ketika menyentuh tubuh sang nabi.

6. Nabi Yusuf as dibebaskan dari Penjara

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah dibebaskannya Nabi Yusuf as dari penjara. Nabi Yusuf as dipenjara setelah difitnah karena ketampanannya. Di dalam penjara, Nabi Yusuf as berdakwah dan memiliki kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Pada bulan Muharram, Raja Mesir mencari orang yang bisa menafsirkan mimpinya, dan Nabi Yusuf as diperintahkan menafsirkan mimpi tersebut, ternyata tafsiran Nabi Yusuf menjadi kenyataan, dan ia dibebaskan dari penjara.

7. Nabi Yaqub as Bisa Melihat Kembali

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Nabi Yaqub as bisa melihat Kembali. Nabi Yaqub as kehilangan kemampuan melihat setelah Nabi Yusuf menghilang. Namun, ketika diberi kabar bahwa Nabi Yusuf masih hidup, Nabi Yaqub as mengusapkan pakaian Nabi Yusuf as ke matanya, dan penglihatannya kembali normal. Kejadian ini terjadi di bulan Muharram, sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Yusuf ayat 76.

8. Nabi Ayyub as Sembuh dari Penyakitnya

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Nabi Ayub as disembuhkan dari penyakitnya. Nabi Ayyub AS mengalami penyakit yang cukup parah di seluruh tubuhnya, tetapi dengan keimanannya, ia terus beribadah kepada Allah dan memohon kesembuhan. Allah mengabulkan doa Nabi Ayub as dan menyembuhkan penyakitnya.

9. Selamatnya Nabi Musa as dari Kejaran Firaun

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah selamatnya Nabi Musa as dan kaumnya dari kejaran pasukan Raja Firaun. Pada tanggal 10 Muharram, Nabi Musa as dan kaumnya dikejar oleh Firaun. Ketika mereka berada di Laut Merah, Allah membelah laut tersebut sehingga mereka bisa melintasi laut dengan selamat. Setelah itu, Allah menutup kembali laut tersebut, dan Firaun beserta pasukannya hanyut di dalam laut. 

10. Kitab Taurat untuk Nabi Musa as

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah turunnya Kitab Taurat kepada Nabi Musa as. Pada tanggal 10 Muharram, Allah menurunkan kitab Taurat sebagai pedoman bagi Nabi Musa as dalam berdakwah.

11. Nabi Isa as Diangkat ke Surga

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Allah SWT mengangkat Nabi Isa as ke surga. Hal ini tercantum dalam Q.S An-Nisa ayat 157-159.

 

Peristiwa Penting di Bulan Muharram di Zaman Nabi Muhammad hingga Khalifah

Pada zaman Rasulullah SAW dan masa kekhalifahannya, beberapa peristiwa penting terjadi di bulan Muharram, antara lain:

12. Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Pada tahun 1 Hijriah, umat Islam berhijrah dari Mekah ke Madinah. Hijrah tersebut terjadi setelah Baiat Aqabah II yang sebelumnya terjadi di Bulan Dzulhijjah.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Masjid Tertua di Indonesia, Destinasi Religi yang Wajib Anda Kunjungi! Ternyata Ada Masjid Tionghoa

13. Kemenangan Umat Islam dalam Perang Khaibar

Salah satu peristiwa penting di bulan Muharram adalah ketika umat Islam memenangkan peperangan  khaibar pada tahun 7 hijriah di bulan muharram. Ini menjadi bukti umat Islam mampu melawan musuh ketika kekuatan bersatu.

14. Umar bin Khattab Dimakamkan

Pada tanggal 1 Muharram tahun 24 Hijriah, pemakaman Khalifah Umar bin Khattab dilakukan. Beliau meninggal syahid akibat diserang oleh Abu Lu'lu'ah, seorang majusi. Umar bin Khattab diserang saat beliau sedang menjadi imam Shalat Subuh. Kejadian tersebut menyebabkan khalifah Umar meninggal dunia.

15. Cucu Nabi Muhammad SAW Dibunuh

Pada tanggal 10 Muharram tahun 61 Hijriah, peristiwa yang menyedihkan terjadi, dimana Husain bin Ali, cucu Rasulullah SAW dan putra dari Ali bin Abi Thalib dan Siti Fatimah dibunuh di Karbala. Peristiwa ini mempunyai makna dan arti penting dalam sejarah Islam.

Nah, itulah peristiwa-peristiwa penting di bulan muharram, kita bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa tersebut dan berusaha memperbiki diri agar lebih giat dalam beribadah kepada Allah dan menghindarkan diri dari kemaksiatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: