Merasa Sulit Tidur? Yuk Amalkan 6 Sunah Rasulullah SAW Sebelum Tidur, Dijamin Tidur akan Nyaman.

Merasa Sulit Tidur? Yuk Amalkan 6 Sunah Rasulullah SAW Sebelum Tidur, Dijamin Tidur akan Nyaman.

ilustrasi lampu tidur - Pinterest--

DISWAY JOGJA - Pernahkah Anda merasa sulit tidur? Jika pernah mengalami, janganlah khawatir karena Islam telah datang untuk memberikan solusi-solusi untuk mengatasinya. Rasulullah SAW sebagai suri tauladan terbaik memperlihatkan banyak teladan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya terkait adab tidur.

Ketika hendak tidur, Rasulullah ﷺ akan mendekatkan kedua tangan kemudian membaca surat Al-Ikhlas, An-Naas dan Al-Falaq. Dalam sebuah hadits disebutkan,

"Apabila Rasulullah ﷺ hendak tidur, beliau meniupkan pada telapak tangan sambil membaca Qul Huwallahu Ahad (surah al-Ikhlas) dan mu'awidzatain (surah an-Naas dan al-Falaq), kemudian beliau mengusapkan pada wajah dan seluruh tubuh. Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku melakukan hal itu." (HR Bukhari).

Sebelum tidur dianjurkan untuk mengamalkan amalan sunah yang dikerjakan Rasulullah SAW, Hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari godaan setan, melindungi manusia dari bahaya jin dan menghapus dosa. 

Berikut ini 6 amalan yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum tidur :

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Mengutip dari buku yang berjudul Sunnah Rasulullah Sehari-hari karya Syaikh Abdullah bin Hamoud Al Furaih, berwudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang dicontohkan Rasul sebelum tidur. Hal ini didasarkan dari hadits Al Bara bin Azib, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu," (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

2. Mengibas Kasur Sebelum Tidur di Atasnya

Bagi orang yang hendak tidur, disunnahkan untuk mengibas kasur dengan bagian dalam sarungnya tiga kali dan membaca basmalah. Hal ini berdasarkan pada hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika salah seorang di antara kamu hendak mendatangi tempat tidurnya, hendaknya ia mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, kemudian mengucapkan: “Bismika rabbi wadha'tu janbii” yang artinya: "Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku," (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

3. Membaca Doa Sebelum Tidur

Keadaan Tidur merupakan keadaan antara sadar atau tidak sadar bagi kita. Untuk itu, Amalan sebelum tidur yang harus dilakukan yakni membaca doa sebelum tidur yang berbunyi: “Bismika allahumma amuutu wa ahya”.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Hudzaifah, ia berkata:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: