Ini Dia 10 Masjid Tertua di Indonesia, Destinasi Religi yang Wajib Anda Kunjungi! Ternyata Ada Masjid Tionghoa

Ini Dia 10 Masjid Tertua di Indonesia, Destinasi Religi yang Wajib Anda Kunjungi! Ternyata Ada Masjid Tionghoa

Masjid Agung Demak Menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia --

DISWAY JOGJA - Masjid tertua di Indonesia mempunyai sejarah yang panjang karena terletak di negara Islam yang beragama dan berbudaya. Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk Islam terbanyak di Dunia memiliki masjid-masjid yang indah dan bersejarah. 

Masjid-masjid ini tentunya dibangun untuk beribadah dan dibangun oleh pemuka agama termuka saat itu. Namun, seiring berjalannya waktu, masjid-masjid ini juga dijadikan wisata religi yang banyak  dikunjungi  masyarakat.

Berikut ini 10 masjid tertua di Indonesia dan  sejarah singkatnya yang menarik:

1. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan pusat keagamaan dan politik kesultanan Banten pada masa Sultan Maulana Hasanuddin. Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-16. M. Masjid Agung Banten masih menjadi situs bersejarah yang penting di Banten. Yaa

2. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa pada masa itu. Masjid ini dibangun oleh Raden Fatah, Pendiri Kesultanan Demak. Bangunan ini menjadi Masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada 1477 M dan menjadi salah satu situs bersejarah yang penting.

3. Masjid Sultan Baabullah

Masjid Sultan Baabullah menjadi pusat kegiatan agama Islam di Ternate. Masjid ini berdiri pada abad ke-17 M yang terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dengan arsitektur tradisional Ternate yang Indah.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto yang Enak dan Lezat, Bisa Bikin di Rumah!

4.  Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho juga dikenal dengan nama lain sebagai Masjid Sam Poo Kong. Masjid ini didirikan oleh seorang Tionghoa Muslim bernama Admiral Cheng Ho pada awal abad ke-15. Masjid Cheng Ho menjadi situs yang unik dan menarik karena menggabungkan arsitektur Islam dan Tionghoa.

5. Masjid Ampel

Masjid Ampel didirikan oleh seorang ulama Arab bernama Syekh Maulana Malik Ibrahim. Masjid ini berdiri pada abad ke-15 di Surabaya, Jawa Timur. Masjid Ampel merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan menjadi tempat ziarah yang populer di kalangan umat Islam.

6.  Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan memiliki arsitektur yang indah dengan perpaduan corak budaya Arab,  Melayu dan India. Masjid ini berdiri pada abad ke-20 M. Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dan menjadi situs bersejarah yang penting di Kota Medan.

7. Masjid Ganting

Masjid Ganting merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, Masjid ini berdiri pada abad ke-14 M, yang berlokasi di Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Bangunan ini menjadi bagian dari Warisan Dunia UNESCO karena menampilkan arsitektur tradisional Aceh yang Indah dan Menawan.

8. Masjid Agung Makassar

Masjid Agung Makassar berdiri pada abad ke-17 yang terletak di Kota Makassar. Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Raya Makassar yang memiliki arsitektur megah bercorak budaya Tionghoa dan Arab. Masjid Agung Makassar menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dan menjadi situs bersejarah yang penting di Makassar.

BACA JUGA:Kacang Bogares, Camilan Kacang Nomor 1 di Tegal yang Terkenal Enak dan Renyah

9. Masjid Jami' Kota Tua

Masjid Jami' Kota Tua merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Jakarta. Masjid ini unik karena arsitektur masjid memakai arsitektur tradisional Betawi yang kokoh. Masjid ini didirikan oleh Fatahillah pada abad ke-17 M.

10.  Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin l pada abad ke-18 M. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang memiliki arsitektur megah dengan perpaduan corak budaya Tionghoa dan Melayu.

Nah, itulah Masjid-masjid tertua yang ada di Indonesia. Selain untuk tempat beribadah, masjid bersejarah ini juga merupakan warisan budaya dan sejarah yang memiliki arsitektur yang indah dan megah. Makna Historis yang terkandung di dalam masjid menjadi tujuan wisatawan lokal maupun internasional untuk mengunjungi masjid-masjid yang kaya akan budaya Indonesia. Gimana nih tertarik untuk berwisata religi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: