5 Penyebab Motor Mendadak Mati, Nomor 4 Sih Keseringan Kalian Pakai

5 Penyebab Motor Mendadak Mati, Nomor 4 Sih Keseringan Kalian Pakai

Motor yang Sedang Di Service--

 

DISWAY JOGJA - Ada berbagai macam kerusakan motor, salah satunya adalah motor tiba-tiba mati. Motor yang mati mendadak memang kerap dialami oleh beberapa pengendara sepeda motor.

 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa motor bisa mati mendadak. Penyebab yang sering terjadi adalah motor kehabisan bensin. Faktor lainnya bisa juga karena busi yang basah karena terkena air hujan.

 

Mungkin karena tidak melihat indikator bensin atau malah indikator bensin rusak sehingga pengendara bisa kehabisan bensin.

 

Lalu, jika Anda sedang menerobos hujan menggunakan sepeda motor lalu motor Anda mati mendadak, bisa dipastikan bahwa penyebab motor Anda mati adalah busi yang basah.

 

Jika busi basah, pengapian pada ruang bakar tidak bisa dilakukan karena busi tidak bisa menciptakan percikan bunga api.

 

Motor yang kepanasan atau overheat juga bisa menjadi penyebab dari matinya motor. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan motor yang terus menerus tanpa henti atau kondisi pendinginan yang rusak. Sehingga menyebabkan suhu naik dan membuat oli pelumas kering yang berakibat pada piston yang akan macet nantinya karena tidak ada pelumas.

 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab motor mati mendadak, Anda bisa melihat ulasan lengkap di bawah ini mengenai beberapa penyebab motor mati mendadak.

 

1. Motor Kehabisan Bensin Saat Dikendarai

 

Penyebab yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak orang adalah kehabisan bensin di jalan. Karena memang bensin merupakan bahan bakar utama untuk bisa mebuat mesin motor bisa menyala.

 

Jika bahan bakar tersebut habis, tentunya motor tidak bisa digunakan atau mati. Untuk mengatasinya Anda perlu mengisi motor Anda dengan bensin agar bisa hidup kembali.

 

Pastikan sebelum bepergian Anda memeriksa isi bensin di dalam tangki bahan bakar dengan cara melihat indikator bensin. Jika indikator menunjukan atau mendekati E, maka Anda perlu mengisi bahan bakar pada motor tersebut.

 

2. Saluran Bensin Mampet

 

Penyebab kedua motor mati mendadak adalah saluran bensin yang mampet atau tersumbat. Biasanya saluran bensin mampet karena adanya kotoran pada filter bahan bakar sehingga bahan bakar tidak dapat disalurkan menuju ruang bakar.

 

Anda perlu memeriksa filter bensin yang terdapat di dalam tangki bahan bakar. Jika memang telah kotor Anda perlu membersihkannya atau bahkan menggantinya dengan filter yang baru agar lebih awet nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bukalapak