Program Pipanisasi Kasad di Bantarkawung Capai 77 Persen, Aliri Lahan Sawah Seluas 52 Hektare

Program Pipanisasi Kasad di Bantarkawung Capai 77 Persen, Aliri Lahan Sawah Seluas 52 Hektare

MEMBANGUN - Jajaran TNI Kodim Brebes bersama warga membangun jaringan perpipaan Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. -DOK-

BANTARKAWUNG, DISWAYJOGJA - Program Pipanisasi Kepala Staf Angkatan Darat yang diberikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, di wilayah Kodim 0713 Brebes dalam pembuatan bak penampungan air dari Bendungan Petahunan terus dikerjakan. Air tersebut nantinya mengairi lahan sawah Dukuh Sukajaya Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes dengan luas 52,29 hektare.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto mengatakan, pembuatan bak penampungan dibuat tiga buah dengan ukuran dan pemasangan pipa bak utama ukuran 3x4 meter, bak pembagi ukuran 2x2 meter, dan bak dari sumber air Bendungan Petahunan 1x1,5 meter.

BACA JUGA:Proyek Drainase Rusak Pipa Utama PDAM, Warga 6 Desa di Brebes Menjerit Kesulitan Air Bersih

"Hasil yang dicapai hingga saat ini yang memasuki hari ketiga, bak induk/utama 49 %, Bak pembagi 78 % dan bak sumber air Bendungan Petahunan 75 % serta sudah melaksanakan pemasangan pipa yang sudah mencapai 77 %, harapannya 3 hari ke depan sudah bisa mengairi sawah," kata Dandim, Minggu, 28 Juli 2024.

Kepala BPP Kecamatan Bantarkawung Amirudin, mengungkapkan rasa senang dengan adanya program pipanisasi dari Kasad di wilayah binaannya, sebab para petani disini hanya bisa menikmati tanam 2 kali dalam setahun, harapannya setelah adanya pipanisasi bisa tanam padi hingga 3 kali dalam setahun.

BACA JUGA:TNI-Polri dan ASN di Kota Tegal Gelar Pertandingan Mini Soccer

Sebelum ada pipanisasi Program Kasad, para petani hanya bisa tanam 2 kali dalam setahun. Itupun bila debit air di Bendungan Petahunan mencukupi, sebab selama ini debit airnya menyusut yang disebabkan jalur irigasi banyak yang rusak, sehingga air tidak sampai ke sawah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: