5 Penyebab Motor Mendadak Mati, Nomor 4 Sih Keseringan Kalian Pakai

5 Penyebab Motor Mendadak Mati, Nomor 4 Sih Keseringan Kalian Pakai

Motor yang Sedang Di Service--

 

3. Busi Mati

 

Penyebab berikutnya adalah busi yang mati. Ada beberapa penyebab mengapa busi bisa mati yaitu bermasalahnya kabel busi, lifetime busi yang telah habis, busi kotor dan busi yang basah. Kabel busi bisa saja lepas atau putus sehingga busi tidak bisa memercikan bunga api.

 

Pasalnya motor bisa berjalan karena adanya percikan bunga api yang membuat ledakan dalam ruang bakar sehingga piston bergerak hingga disalurkan ke bagian roda motor.

 

Lifetime busi yang telah habis juga bisa terjadi. Pastikan Anda mengganti busi setiap 25.000 km, atau sesuai dengan buku panduan yang Anda miliki. Untuk busi yang kotor Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan ampas untuk menghilangkan kerak yang biasanya muncul pada bagian mata busi.

 

Sedangkan busi yang basa bisa terjadi karena kehujanan atau karena motor usai dicuci. Untuk mengatasinya Anda perlu membuka busi lalu mengeringkannya dan memasangnya kembali.

 

4. Mesin Overheat/Kepanasan

 

Mesin yang overheat dapat menyebabkan motor mati mendadak. Ada beberapa penyebab terjadinya mesin overheat yaitu sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik dan sistem pelumasan yang bocor atau mampet.

 

Kipas pendingin yang mati atau radiator bocor merupakan salah satu faktor sistem pendingin yang tidak bekerja maksimal. Untuk mengatasinya Anda perlu mengecek komponen motor mana yang bermasalah lalu memperbaikinya segera.

 

Sistem pelumasan yang bocor atau mampet juga membuat mesin kepanasan. Biasanya terdapat kebocoran pada bagian cylinder head, entah karena kendornya baut atau gasket yang telah rusak.

 

Jika begitu Anda pelu mengencangkannya dan mengganti gasket yang baru jika diperlukan.

 

5. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

 

Umumnya setiap mesin kendaraan bermotor memiliki spesfikasi penggunaan bahan bakar masing-masing. Biasanya bahan bakar yang digunakan minimal beroktan 90 atau 92.

 

Jika di bawah itu, kemungkinan besar dapat membuat timbal lepas dan menyebabkan klep tersumbat sehingga motor mati mendadak. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

 

Itulah beberapa penyebab umum motor mati mendadak saat berkendara. Ada berbagai jenis motor, mungkin penyebab dan cara mengatsinya berbeda-beda setiap jenisnya.

 

Pastikan Anda selalu memperhatikan motor Anda sebelum digunakan agar tidak kerepotan nantinya. Merawat dan menjaga motor tentunya akan membuat motor awet, tahan lama, dan siap digunakan kapanpun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bukalapak