9 Penyebab Swing Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi, Berikut Solusinya

9 Penyebab Swing Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi, Berikut Solusinya

Penyebab Swing Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Apabila kamu mengalami masalah dengan merek AC Terbaik kamu di mana fungsi swing-nya tidak dapat berfungsi dengan semestinya, kamu tidak perlu khawatir.

Swing merupakan fitur pada merek AC terbaik yang memungkinkan aliran udara akan terdistribusi secara merata ke seluruh ruangan kamu.

Saat swing merek AC terbaik diaktifkan, maka kisi-kisi di dalam unit AC akan bergerak secara horizontal atau secara vertikal, untuk menjaga udara yang mengalir ke seluruh sudut ruangan.

Berikut 9 penyebab umum swing merek AC terbaik tidak berfungsi :

1. Keausan Motor atau Kerusakan Sistem Pengerak

Apabila motor tidak bisa berfungsi dengan baik atau terdapat komponen yang mengalami kerusakan pada sistem pengerak, maka swing AC tidak akan bisa bergerak.

2. Sensor Mengalami Kerusakan atau Tidak Bekerja dengan Baik

Sensor yang ada pada unit AC memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi suhu dan mengirimkan sinyal ke sistem untuk mengatur fungsi swing. Apabila sensor rusak atau tidak bisa bekerja dengan baik, maka swing AC tidak akan berfungsi.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik Standing, Cocok Untuk Anak Kos

3. Pengaturan Remote Salah

Swing AC kadang tidak berfungsi akibat pengaturan pada remote yang salah. Pastikan kamu mengaktifkan fungsi swing secara benar melalui pengaturan pada remote AC kamu.

4. Gangguan Listrik

Gangguan listrik seperti lonjakan atau pemadaman bisa mempengaruhi fungsi swing AC yang membuatnya jadi tidak berfungsi. Apabila terdapat gangguan listrik, maka swing AC mungkin tidak akan bisa berfungsi hingga pasokan listrik pulih.

5. Motor swing rusak

Motor swing terdiri dari dinamo yang mempunyai lilitan tembaga dan roda gigi. Komponen ini memiliki peran dalam menggerakkan daun swing untuk membuka dan menutup. Apabila motor ini rusak, daun swing tidak akan bisa bergerak ketika AC dinyalakan ataupun dimatikan.

Kerusakan yang terjadi pada motor swing umumnya disebabkan karena ausnya roda gigi dan lilitan tembaga yang putus. Biasanya, motor swing yang mengalami kerusakan tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu diganti dengan yang baru dan yang asli supaya fungsi swing AC bisa pulih.

BACA JUGA : Penyebab dan Solusi Mengatasi Merek AC Terbaik Tidak Dingin Setelah Diservice

6. Pengait daun swing patah atau aus

Motor swing memakai pengait yang khusus untuk menghubungkan daun swing dengan motornya. Kalau pengait tersebut patah, maka daun swing tidak dapat terhubung dengan motor swing.

Hal tersebut akan mengakibatkan swing AC tidak berfungsi atau bahkan tidak bisa membuka dan menutup saat AC dinyalakan atau dimatikan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu mengevaluasi kerusakan tersebut. Apabila hanya mengalami keretakan, kita dapat merekatkannya atau menyambungannya kembali dengan menggunakan lem power glue.

Tetapi apabila kerusakan tersebut sudah parah, kamu perlu mengganti daun swing secara keseluruhan yang sesuai dengan merek dan tipe AC yang kamu gunakan.

7. Daun swing terganjal benda asing

Benda asing berupa kotoran atau objek yang membuat daun swing terhalang, sehingga tidak bisa membuka dan menutup. Apabila hal ini membuat swing merek AC terbaik tidak berfungsi, solusinya kamu perlu menghilangkan benda yang mengganjal tersebut.

8. Terdapat kabel putus

Motor swing bisa bergerak berkat adanya arus listrik yang diberikan oleh modul lewat kabel. Apabila salah satu kabelnya putus, maka motor swing tidak akan berputar dan daun swing tidak bisa membuka ataupun menutup.

BACA JUGA : 7 Tips Jitu Membersihkan Merek AC Terbaik Portabel, Lebih Awet Sejuk Maksimal

Kerusakan tersebut terjadi biasanya karena usia penggunaan AC sudah terlalu lama. Kabel juga bisa terputus sebab gigitan hewan seperti hewan tikus.

Untuk memperbaikinya, kamu hanya perlu menyambung kabel yang terputus tersebut, atau bila diperlukan kamu bisa menggantinya dengan kabel yang baru.

9. Terdapat socket kendor

Motor swing juga terhubung dengan modul menggunakan socket. Apabila socket tersebut kotor atau kendor, hal itu membuat hubungan arus listrik jadi tidak sempurna.

Hal ini akan mengakibatkan motor swing tidak berfungsi, akhirnya akan menghambat daun swing untuk membuka dan menutup.

Cara mengatasinya, yaitu dengan cara melepas socket tersebut, membersihkan pada bagian dalamnya, dan pasang kembali dengan rapat.

Tetapi apabila socket masih tetap kendor, kamu perlu menggantinya dengan socket yang masih dalam keadaan yang baik.

Selain masalah yang sudah dijelaskan di atas, swing merek AC terbaik tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh penggantian modul AC dengan modul universal. Biasanya ada perbedaan pada jalur kabel antara motor swing dan modul universal tersebut.

Untuk mengatasi  hal tersebut dan supaya motor swing dapat beroperasi dengan baik, kamu perlu melakukan modifikasi di jalur kabel.

BACA JUGA : 8 Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Solusi Mengatasinya

Apabila kamu mengalami masalah pada swing merek AC terbaik yang tidak berfungsi, berikut eberapa solusinya :

1. Periksa Kondisi Motor dan Sistem Pengerak

2. Perbaiki atau Ganti Sensor yang Rusak

3. Periksa Pengaturan Remote

4. Periksa Pasokan Listrik

5. Hubungi Teknisi AC yang Profesional

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi swing pada merek AC terbaik kamu yang tidak bisa berfungsi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: