8 Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Solusi Mengatasinya

 8 Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Apabila kamu mempunyai merek AC terbaik di rumah atau kantor kamu, mungkin kamu pernah mengalami masalah pada AC mengeluarkan suara yang bising.

Kebisingan dari merek AC terbaik bisa sangat mengganggu kenyamanan kamu dan menjadi sesuatu hal yang sangat enjengkelkan, terutama saat kamu mencoba untuk tidur ataupun sedang bekerja.

Penyebab merek AC terbaik berisik bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, berikut beberapa dari penyebab yang paling umum terjadi :

1. Kipas Dalam Unit AC

Salah satu penyebab yang utama merek AC terbaik menimbulkan suara berisik yaitu kipas yang berada di dalam unit. Kipas tersebut bertanggung jawab mengalirkan udara melalui sistem pendingin, dan bila kipas tidak dapat berfungsi dengan baik atau kipas terganggu, maka suara bising bisa muncul.

Beberapa masalah pada kipas yang paling umum terjadi termasuk baling-baling patah atau kehilangan keseimbangan, ataupun ada masalah pada bearing kipas.

2. Sistem Pendingin yang Kotor atau Aus

AC kamu mungkin juga menghasilkan suara berisik karena sistem pendingin yang sudah kotor atau aus. Kondensor dan evaporator yang kotor bisa mengakibatkan timbulnya suara bising, hal tersebut bisa diatasi dengan cara membersihkan sistem dengan teratur.

Sistem pendingin yang aus juga bisa menyebabkan AC berisik, terutama bila kompresor sudah berjalan beberapa waktu.

3. Kotoran Pada Filter AC

Kotoran yang ada pada filter AC bisa menjadi penyebab AC kamu berisik karena udara yang keluar dari AC akan terhambat dan menimbulkan suara yang brisik. Untuk mengatasi hal tersebut, filter AC perlu kamu bersihkan dengan teratur.

4. Pemasangan AC Tidak Tepat Pemasangan AC yang tidak tepat atau tidak sesuai bisa jadi penyebab AC mengeluarkan suara bising. Apabila AC tidak terpasang dengan baik dan benar, suara brisik bisa terjadi karena getaran atau gesekan dengan benda lain. Pastikan agar AC kamu terpasang dengan benar oleh tenaga ahli.

5. Sirkulasi Udara yang Buruk

Sirkulasi udara yang buruk juga bisa jadi penyebab AC berisik. Pastikan supaya sirkulasi udara di dalam ruangan kamu dalam konsisi yang baik dengan cara pastikan pintu dan jendela rumah kamu tertutup dengan rapat.

BACA JUGA : 10 Ciri-Ciri Freon Merek AC Terbaik Bocor Atau Habis, Simak Cara Mengatasinya

6. Pipa AC yang Longgar atau Bocor

Pipa AC yang sudah longgar atau bocor dapat menjadi penyebab AC menimbulkan berisik. Saat pipa-pipa tersebut bergesekan satu sama lain atau bergesekan dengan permukaan lain, suara berisik bisa muncul. Selain itu, pipa yang bocor juga bisa mengakibatkan desis atau suara berisik lainnya.

7. Kompresor AC yang Rusak

Kompresor unit AC mempunyai tanggung jawab untuk memompa refrigeran melalui sistem pendingin. Apabila kompresor tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan semestinya, maka suara berisik akan muncul.

Kompresor yang sudah rusak bisa terdengar seperti suara berdenting atau bergesekan, tergantung di masalahnya jadi penyebab AC yang berisik.

8. Sistem AC yang Terlalu Kecil

Merek AC terbaik yang terlalu kecil digunakan untuk ruangan yang ingin dikondisikan bisa menyebabkan munculnya suara bising.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa unit AC harus bekerja dengan lebih keras dalam menyejukkan ruangan yang ukurannya terlalu besar, yang bisa membuat AC berisik.

Pastikan kamu pilih unit AC yang tepat sesuai ukuran ruangan kamu yang akan dipasangi AC.

Apabila AC di dalam rumah kamu berisik, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut caranya :

  1. Bersihkan Filter AC
  2. Periksa dan Ganti Kipas atau Baling-baling
  3. Bersihkan Kondensor
  4. Periksa Instalasi AC
  5. Pastikan Sirkulasi Udara dalam kondisi Baik
  6. Panggil Teknisi AC

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek AC terbaik yang mengeluarkan suara berisik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: