Penyebab Merek AC Terbaik Indoor Keluar Bunga Es Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Indoor Keluar Bunga Es Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Indoor Merek AC Terbaik Keluar Bunga Es Dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Indoor AC merupakan perangkat yang berfungsi menjaga kestabilan suhu dan kelembaban dalam ruangan. Tetapi, kadang merek AC terbaik bisa keluar bunga es dari indoor yang bisa merusak perangkat dan membuat suhu dalam ruangan tidak dapat terjaga.

Indoor merek AC terbaik adalah perangkat pendingin yang dibuat untuk digunakan di dalam ruangan. Perangkat ini bekerja dengan menarik udara panas dari ruangan dan mendinginkan ruangan melalui pendingin udara yang terdapat di dalamnya.

Lalu, merek AC terbaik mengembalikan udara yang sudah didinginkan ke dalam ruangan. Adanya AC bisa membantu kamu dalam menjaga kelembaban udara di dalam ruangan supaya tetap seimbang.

Keluar bunga es pada bagian Indoor merek AC terbaik terjadi saat udara yang masuk ke dalam AC sangat dingin, sehingga air di udara akan membeku dan membentuk bunga es.

Lalu, bunga es yang terbentuk akan menempel pada saluran udara di dalam AC dan filter, dan akan menghalangi sirkulasi udara yang mengakibatkan AC tidak dapat bekerja secara efektif.

Berikut penyebab keluarnya bunga es pada indoor merek AC terbaik :

1. Kurangnya Perawatan AC

Filter AC yang kotor dan tersumbatnya saluran udara bisa mengakibatkan sirkulasi udara jadi terhambat, sehingga suhu di dalam AC jadi sangat rendah dan bisa membekukan air di udara.

BACA JUGA : Pahami Kelebihan dan Kekurangan Merek AC Terbaik Toshiba Sebelum Anda Membelinya

2. Overuse AC

Apabila AC digunakan terus-menerus tanpa adanya jeda atau istirahat, suhu di dalam AC bisa terlalu rendah dan menyebabkan air membeku di udara.

3. Kondisi Lingkungan yang Tidak Tepat

Salah satu contohnya yaitu kebocoran pipa refrigeran yang bisa menyebabkan penurunan tekanan di dalam sistem pendingin. Sehingga mengakibatkan suhu di dalam AC jadi sangat rendah dan membuat terjadinya pembekuan air di dalam sistem pendingin.

Kekurangan refrigeran atau penggunaan refrigeran yang tak sesuai juga bisa mengakibatkan penurunan tekanan dan menyebabkan keluarnya bunga es pada Indoor AC.

BACA JUGA : 10 Ciri-Ciri Freon Merek AC Terbaik Bocor Atau Habis, Simak Cara Mengatasinya

4. Tekanan Gas Refrigerant (Freon) Kurang

Pada merek AC terbaik jenis Split dengan jenis freon R-22, normalnya tekanan freon antara 65 sampai 80 PSI. Apabila tekanan freon kurang dari angka itu, maka kemungkinan akan terjadi pembentukan bunga es pada AC.

Biasanya, bunga es tersebut akan mulai terbentuk saat tekanan freon berada di kisaran 20-45 PSI. Pada awalnya, es akan terkumpul di sekitaran pipa instalasi, dan bila tidak segera ditangani, es tersebut bisa menyebar mencapai evaporator indoor.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan perawatan rutin pada AC dan pastikan tekanan freon tetap berada di rentang yang normal supaya tidak terjadi pembentukan bunga es yang akan mengganggu kinerja AC.

Berikut cara mengatasi AC yang keluar bunga es :

1. Matikan AC

Matikan AC, lalu biarkan perangkat hingga mencapai suhu kamar sebelum perangkat tersebut dihidupkan kembali.

BACA JUGA : Simak Merek AC Terbaik 2024, Kombinasi Desain Modern Performa Unggul

2. Bersihkan Filter dan Saluran Udara

Bersihkan filter dan saluran udara menggunakan air yang hangat dan sabun yang ringan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang berpotensi menghalangi sirkulasi udara.

3. Ganti Filter AC secara berkala

Ganti filter AC secara berkala agar sirkulasi udara tetap lancar dan terjaga, serta untuk mencegah debu dan kotoran yang bisa menghalangi sirkulasi udara.

4. Periksa Kondisi Kompresor

Cek kondisi kompresor AC dan pastikan tidak terdapat masalah atau kerusakan.

5. Periksa Tekanan Freon

Untuk mengetahui tekanan freon, gunakan alat yang bernama gauge manifold. Apabila sesudah diperiksa, jarum gauge manifold menunjukkan tekanan kurang dari 65-80 PSI untuk freon R-22, maka dapat menambahkan freon AC untuk menghilangkan bunga es.

Tetapi, hubungi ahli teknisi yang sudah berpengalaman untuk menambahkan freon pada AC supaya tidak terjadi kelebihan freon yang bisa merusak sistem pendingin.

6. Panggil Teknisi AC Profesional

Apabila masalah tersebut tidak bisa diatasi dengan cara yang sederhana, sebaiknya kamu panggil teknisi AC yang profesional untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Cassette Dengan Teknologi Canggih

Beberapa cara mencegah keluar bunga es pada indoor merek AC terbaik :

1. Bersihkan Filter AC dengan teratur

2. Pastikan Sirkulasi Udara Terjaga dengan baik

3. Kurangi Beban pada AC

4. Pilih Suhu yang Sesuai

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi indoor merek AC terbaik keluar bunga es. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: