6 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Mati Terus, Berikut Cara Mengatasinya

6 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Mati Terus, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Mati Terus-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik jenis portabel nyaman digunakan karena bisa mendinginkan ruangan secara memadai tanpa membutuhkan pemasangan pada dinding, jendela, ataupun konstruksi lainnya di dalam rumah.

Merek AC terbaik jenis portable merupakan model ideal untuk mendinginkan apartemen kecil dan unit AC juga relatif murah sertasehingga bisa menghemat ruang.

Tetapi, masalah pada merek AC terbaik jenis portabel sulit untuk didiagnosis dan cukup sulit untuk diperbaiki, oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa masalah yang terjadi sejak dini.

Berikut 6 penyebab merek AC terbaik jenis portabel mati terus :

1. Unit Kompresor AC Portabel

Kompresor pada merek AC terbaik jenis portabel kamu mungkin mengalami kerusakan yng menyebabkan unit mati sebentar-sebentar. Saat kompresor gagal dalam mengalirkan zat pendingin ke sekitar unit, akan mengakibatkan AC tidak berfungsi dengan semestinya.

Unit kompresor yang mengalami kerusakan tidak akan lagi bisa mengalirkan zat pendingin melalui sistem pendingin, hal ini menyebabkan unit AC akan menghentikan siklus pendinginan dan menyebabkan AC berhenti bekerja.

Teknisi yang sudah berpengalaman akan memeriksa kompresor AC portabel kamu untuk mengetahui masalah dari komponen ini.

2. Filter dan Koil Evaporator Kotor

AC portabel perlu sesekali dibersihkan dan harus membersihkan filter dan koil termasuk juga koil kondensor, seperti yang lakukan pada unit yang dipasang pada dinding ataupun jendela.

Caranya bongkar filter AC portabel, lalu cuci menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotorannya. Untuk menghilangkan debu dari kumparan gunakan penyedot debu, dan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di dalam siapkan sekaleng udara bertekanan.

Biarkan beberapa saat kumparan evaporator yang beku agar mencair, bila perlu sebelumnya seka menggunakan kain bersih.

3. Laju Aliran Udara Rendah/Buruk

Ketika AC kesulitan dengan aliran udara yang terbatas, AC akan bekerja terlalu keras dan menyebabkan AC jadi terlalu panas, lalu mati secara berkala. Ventilasi AC kamu mungkin terlalu dekat dinding, atau terdapat sesuatu yang menghalanginya. Aliran udara yang tidak baik bisa disebabkan karena filter udara yang sudah kotor.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Portable

4. Kumparan Kondensor Tersumbat

Jika kumparan kondensor tersumbat maka akan membatasi aliran udara dan membuat kompresor jadi terlalu panas. Apabila hal ini terjadi, AC portabel akan mati berulang kali dan akan menyebabkan kerusakan kondensor.

5. Kebocoran Refrigeran

Saat tingkat zat pendingin rendah, maka cairan pendingin yang mengalir pada sistem tidak mencukupi dalam mendinginkan udara. Dengan begitu, kapasitas pendinginan AC terbatas dan menyebabkan sistem AC mati terus-menerus karena tidak bisa mendinginkan ruangan dengan baik.

Refrigerant yang bocor bisa menyebabkan masalah seperti AC beku, air AC bocor, dan komponen tidak berfungsi dengan semestinya.

6. Pengaturan atau Ukuran AC Salah

Apabila AC kamu mempunyai pengaturan suhu yang tidak memadai atau terlalu lemah untuk ukuran ruangan kamu, AC mungkin sewaktu-waktu akan mati ketika mencoba melanjutkan pengoperasian dengan normal saat pengaturan tidak tepat.

Kamu perlu mengecek suhu unit dan pertahankan di tingkat yang nyaman, hal ini untuk mencegah unit kamu tidak bisa berfungsi.

AC portabel mempunyai kapasitas yangterbatas dan hanya mampu mendinginkan ruangan dengan ukuran kecil. AC portabel yang digunakan di dalam ruangan yang besar akan bekerja terlalu keras dalam mencapai suhu yang disetel, lalu akan mati bila terlalu panas.

Kamu bisa mengganti AC dengan unit yang lebih bertenaga, atau gunakan hanya beberapa unit di dalam satu ruangan saja.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Error EC Pada Merek AC Terbaik

Cara mengatasi masalah pada merek AC terbaik jenis portabel yang mati terus :

1. Jadwalkan Perawatan dan Pembersihan

2. Pilih Beberapa Sistem AC

3. Tetap Atur Suhu Sedang

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik jenis portable mati terus. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: